Sukses


Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan, Dilengkapi Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan.

Adapun definisi lain teks eksposisi yaitu paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

Dipaparkan secara singkat teks eksposisi merupakan paragraf atau karangan yang digunakan untuk menyampaikan pendapat atau gagasan secara terperinci.

Teks eksposisi biasanya berisi masalah serta rangkaian argumen dari penulis yang mendukung isu atau topik yang sedang dibahas.

Untuk membuat teks eksposisi tidak harus terfokus pada satu tema. Kamu juga bisa membuat teks eksposisi bertemakan kesehatan.

Agar lebih paham, kamu bisa menyimak beberapa contoh teks eksposisi bertemakan kesehatan pada artikel ini.

Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi tentang kesehatan, dilengkapi dengan strukturnya, dikutip dari laman Milenialjoss dan Deckarenas, Jumat (23/9/2022).

2 dari 5 halaman

Berbagai Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh

- Tesis

Bukan tanpa alasan, sarapan pagi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menurut beberapa penelitian, sarapan bisa memberi energi untuk kamu memulai hari, mengendalikan berat badan, serta meningkatkan kinerja dan konsentrasi. Keterampilan kognitif otak yang bisa meningkatkan memori untuk menghasilkan konsentrasi tinggi adalah manfaat dari sarapan.

- Argumentasi

Lantaran begitu banyaknya manfaat yang bisa didapat dari asupan pada saat sarapan maka jangan lewatkan sarapan setiap harinya. Percayalah, dengan kamu membiasakan diri untuk sarapan yang sehat setiap harinya, hari-hari kamu akan berjalan lebih baik.

- Penegasan Ulang

Saat tubuh tidur, kamu akan kehilangan asupan dalam tubuh selama beberapa jam. Untuk itulah, tubuh butuh diisi kembali dengan makanan yang bergizi dan sehat. Bisa kamu bayangkan jika kamu melewatkan sarapan pagi. Perut akan kosong lebih lama yang bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Putih dalam Menghilangkan Racun di Tubuh

- Tesis

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan manfaat dari air putih, satu di antaranya adalah menghilangkan racun dalam tubuh. Ketika kamu sudah minum air putih yang cukup, tubuh mengeluarkan racun melalui keringat dan melalui urine. Air putih juga dapat membersihkan usus kamu dalam keadaan perut yang kosong.

- Argumentasi

Dalam mengonsumsi air putih, disarankan pada orang dewasa untuk mengonsumsinya sebanyak dua liter atau kira-kira delapan gelas yang berukuran 230 ml per hari. Hal ini membuat air secara alami akan menghilangkan bakteri dan produk limbah di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit atau infeksi.

- Penegasan Ulang

Minum air putih secara teratur akan membantu menjaga keseimbangan mineral pada tubuh kamu. Jadi, awali hari dengan minum air putih saat bangun tidur. Meski sebagai kebiasaan sederhana yang mudah untuk dilakukan, manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah

- Tesis

Satu di antara jenis tumbuhan rumahan yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional adalah sirih merah. Pembudidayaan tanaman ini bisa dilakukan sendiri di rumah untuk dijadikan persediaan obat-obatan tradisional. Hal ini didasari oleh beberapa penelitian yang dilakukan bahwa sirih merah bisa dijadikan obat sakit maag, kanker, diabetes, dan juga obat masalah ketombe.

- Argumentasi

Pada umumnya, masyarakat menggunakan sirih merah dengan memanfaatkan daunnya yang biasanya diolah melalui proses perebusan. Terdapat senyawa aktif yang ada di dalamnya, sehingga sirih merah sangat ampuh dijadikan tumbuhan obat tradisional. Senyawa aktif tersebut di antaranya seperti minyak atsiri, eugenol, polifenol, dan sebagainya.

- Penegasan Ulang

Daun sirih merah mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, perlu diingat juga, jika ingin menggunakannya sebagai ramuan pengobatan penyakit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

5 dari 5 halaman

Pisang yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

- Tesis

Buah-buahan seperti pisang, tentu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menggantikan kandungan elektrolit yang hilang dalam tubuh, kalium pada pisang juga bisa menurunkan tekanan darah. Sebab, kalium bisa menurunkan kadar natrium dalam tubuh yang menjadi satu di antara penyebab tekanan darah tinggi.

- Argumentasi

Untuk lebih ampuhnya, kamu juga harus mengimbangi dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan lemak. Sebaiknya kamu juga mengonsumsi buah ini dua kali sehari, yaitu jadi pengganti menu sarapan dan saat makan malam. Kamu bisa mengonsumsi pisang secara utuh atau mencampurnya ke dalam sereal favorit.  

- Penegasan Ulang

Mengonsumsi satu buah pisang bisa membuat tekanan darah kamu lebih stabil. Diet kalium yang tinggi, bisa memengaruhi ginjal agar mengeluarkan lebih banyak garam dan air yang akan meningkatkan ekskresi kalium. Dalam urusan memilih pisang, pilihlah pisang yang belum terlalu matang atau masih yang berwarna hijau. Sebab, kandungan gula yang terkandung di dalamnya lebih rendah serta serat yang dihasilkan lebih tinggi.

 

 

Sumber: Milenialjoss, Deckarenas

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer