Sukses


Arti Morfologi beserta Proses dan Macamnya

Bola.com, Jakarta - Morfologi adalah satu di antara cabang linguistik atau ilmu bahasa yang menyelidiki seluk-beluk struktur internal kata dan pengaruh perubahan struktur tersebut terhadap arti dan golongan kata.

Struktur internal kata terdiri dari satuan-satuan gramatik terkecil yang disebut morfem. Maka itu, objek kajian terbesar dalam morfologi ialah kata, sedangkan objek kajian terkecilnya adalah morfem.

Secara etimologi, kata morfologi berasal dari kata "morf", yang berarti bentuk dan kata "logi", yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah, kata morfologi berarti ilmu mengenai bentuk.

Manusia adalah satu-satunya spesies yang memiliki bahasa. Hal ini membawa kita pada linguistik, atau studi tentang bahasa dan strukturnya.

Morfologi merupakan pengatur dan penghubung dari unit-unit bermakna terkecil dalam suatu bahasa. Setiap bahasa manusia bergantung pada suara. Ketika suara tertentu digabungkan dengan cara tertentu, kata, frasa, dan akhirnya kalimat dapat dibuat. Seperti itulah cara pesan dikirim dan diterima.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman terkait morfologi, disadur dari Merdeka, Selasa (4/10/2022).

2 dari 3 halaman

Proses Morfologi

Proses morfologi adalah proses pembentukan kata-kata dari satuan lain yang merupakan bentuk dasarnya.

Dalam bahasa Indonesia, ada tiga proses morfologik, yaitu proses pembubuhan afiks (afiksasi), proses pengulangan (reduplikasi), dan proses pemajemukan (pemajemukan).

Di samping tiga proses morfologik tersebut, dalam bahasa Indonesia sebenarnya masih ada satu proses lagi yang disebut zero.

Proses ini hanya meliputi sejumlah kata tertentu, yakni kata-kata; makan, minum, minta, dan mohon, yang semuanya termasuk golongan kata verbal yang transitif.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Proses Morfologi

1. Proses Pembubuhan Afiks (afiksasi)

Afiksasi merupakan nama lain dari morfem terikat. Morfem terikat merupakan kata yang tidak dapat berdiri sendiri, sedangkan kata yang dapat berdiri sendiri disebut sebagai morfem bebas.

Morfem bebas merupakan kata dasar yang dapat berdiri sendiri. Kata dasar dapat berupa kata benda, kata sifat, kata kerja, dan lain-lain. Penggabungan morfem bebas dan morfem terikat akan membentuk kata jadian.

Afiksasi terdiri atas:

  1. prefiks (ber-, me-, pe-, per-, di-, ter-, ke-, se-)
  2. sufiks (–kan, –an, –i), 
  3. infiks (–el-, -em-, -er-)
  4. konfiks (ber-kan, ber-an, per-kan, per-an, per-i, pe-an, di-kan, di-i, me-kan, me-i, ter-kan, ter-i, ke-an)
  5. simulfiks (memper-kan, memper-i, diper-kan, diper-i)

2. Komposisi atau Pemajemukan dalam Bahasa Indonesia

Komposisi adalah proses kata pemajemukan. Kata majemuk ialah gabungan kata dasar yang telah bersenyawa atau yang sudah membentuk satu kesatuan dan menimbulkan arti baru.

Contoh:

  • Keras+kepala = keras kepala
  • Kamar+mandi = kamar mandi
  • Mata+pelajaran = mata pelajaran
  • Kumis+kucing = kumis kucing

Kumis kucing dalam arti 'sejenis tanaman' adalah kata majemuk, tetapi kumis kucing dalam arti 'kumis dari seekor kucing' bukanlah kata majemuk. Pokok kata (tidak bisa diartikan jika sendiri), tetapi setelah bergabung kemudian mempunyai arti sendiri disebut pemajemukan.

3. Pengulangan (Reduplikasi)

Pengulangan atau redupliksi adalah pengulangan satuan gramatik, baik seluruh, maupun sebagian, baik variasi fonem maupun tidak, hasil pengulangan itu merupakan kata ulang, sedangkan satuan yang diulang merupakan bentuk dasar.

Misalnya, rumah-rumah dari bentuk dasar rumah. Setiap kata ulang sudah pasti memilki bentuk dasar. Kata-kata seperti sia-sia, mondar-mandir, dan lainnya dalam tinjauan deskriftif tidak dapat digolongkan kata ulang karena sebenarnya tidak ada satuan yang diulang.

Dari deretan morfologik dapat ditentukan bahwa sesungguhnya tidak ada satuan yang lebih kecil dari kata-kata tersebut. Secara historik atau komparatif, mungkin kata-kata itu dapat dimasukan golongan kata ulang.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana/Published: 30/4/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer