Sukses


11 Fakta Menarik Jelang Duel Wales Vs Belgia

Bola.com, Lille - Wales dan Belgia akan bentrok di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Sabtu (2/7/2016) dini hari WIB, pada perempat final Piala Eropa 2016. Meski berstatus bukan tim unggulan, duel Wales kontra Belgia ini diyakini berjalan menarik sejak menit awal.

Wales yang merupakan negara debutan tampil meyakinkan dengan lolos ke 16 besar sebagai juara Grup B, mengungguli Inggris yang berada di urutan kedua. Pada perdelapan final Piala Eropa 2016, Wales berhasil menyingkirkan Irlandia Utara dengan skor 1-0.

Sementara itu, Belgia sukses melaju ke 16 besar dengan menempati peringkat kedua Grup E. Mereka hanya kalah selisih gol dari Italia yang berada di atasnya. De Rode Duivels sukses melenggang ke perempat final usai melumat Hungaria empat gol tanpa balas.

Sejauh ini , kedua negara sudah bertemu sebanyak 12 kali. Belgia mencatatkan lima kemenangan, Wales meraih empat kemenangan, dan tiga pertandingan sisa berakhir dengan sama kuat.

Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi pada fase kualifikasi Piala Eropa 2016. Dalam pertandingan di Brussels, Belgia ditahan imbang tanpa gol Wales. Saat bermain di Cardiff, Wales sukses menang tipis dengan skor 1-0 atas Belgia berkat gol tunggal Gareth Bale.

Berikut ini 11 fakta menarik jelang laga Wales kontra Belgia:

1. Wales sebelumnya belum pernah tampil di putaran final Piala Eropa.

2. Wales menyamai prestasi terbaiknya di turnamen kompetitif dengan mencapai delapan besar. Sebelumnya mereka juga pernah lolos hingga perempat final pada Piala Dunia 1958.

3. Gareth Bale telah mencetak tiga gol dan satu assist sejauh ini. Pemain Real Madrid ini berperan dalam 57 persen serangan yang dilakukan oleh Wales.

4. Pertandingan perempat final nanti adalah kali pertama Wales bermain di Stade Pierre Mauroy, Lille.

5. Piala Eropa 2016 adalah Piala Eropa kelima yang diikuti oleh Belgia. Sejak menjadi tuan rumah pada Piala Eropa 2000, ini adalah kali pertama Belgia tampil di putaran final.

6. Pencapaian terbaik Belgia pada Piala Eropa adalah ketika menjadi runner-up edisi 1980. Belgia takluk dari Jerman Barat dengan skor 1-2 pada partai final.

7. Kemenangan Belgia atas Hungaria dengan skor 4-0 menjadi rekor kemenangan terbesar mereka di turnamen kompetitif yang pernah diikuti.

8. Belgia sudah dua kali tampil di Stade Pierre Mauroy. Pada laga pertama, Belgia takluk dari Prancis dalam pertandingan persahabatan, sedangkan pada laga berikutnya menumbangkan Luksemburg pada 1989 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia.

9. Joe Allen & Danny Ward (Wales) akan bertemu dengan Christian Benteke & Simon Mignolet (Belgia). Keempat pemain tersebut bermain di klub yang sama, yaitu Liverpool.

10. Toby Alderweireld, Mousa Dembele, dan Jan Vertonghen (Belgia) akan bertemu dengan Ben Davies (Wales), yang merupakan rekan satu klub di Tottenham Hotspur.

11. Wales dan Belgia sama-sama menempati Grup B kualifikasi Piala Eropa 2016.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer