Sukses


Zaenal Arif Berharap Timnas Indonesia Buat Kejutan di Piala AFF

Bola.com, Bandung - Mantan striker Timnas Indonesia, Zaenal Arief menilai tim asuhan Alfred Riedl sudah mengalami kemajuan dan cukup menjanjikan di masa depan. Hal ini tidak lepas dari keputusan Riedl untuk melakukan regenerasi pemain dalam perekrutan pemain menghadapi Piala AFF 2016.

"Kemajuannya sangat luar biasa tapi bisa jadi tidak instan tahun ini. Kekuatan timnas sekarang untuk dua tahun ke depan," ujar Zaenal Arief saat ditemui Bola.com di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Kamis (17/11/2016).

Maka itu, lanjut Abo sapaan akrab Zaenal Arief, timnas saat ini jangan terlalu muluk-muluk ingin juara di Piala AFF 2016.. "Apalagi melawan Thailand. Mereka dinamis dan saya pikir tim Thailand itu Barcelona-nya Asia," kata eks striker Persib ini.

Meski demikian, Abo berharap timnas bisa membuat kejutan dengan menjadi runner-up di Piala AFF 2016. "Kalau untuk juara masih butuh proses. Lebih baik membidik Piala AFF selanjutnya saja," katanya.

Ia juga mengungkapkan Timnas Indonesia tidak perlu khawatir walau tidak akan diperkuat Irfan Bachdim yang cedera tulang fibula pada Piala AFF 2016. Hal ini dikarenakan pemain-pemain lainnya masih bisa diandalkan untuk menggantikan peran Bachdim.

"Untuk pelatih sekelas Riedl saya pikir bukan masalah ketika satu pemainnya tidak bisa main. Dia sudah tahu betul siapa kira-kira yang pas untuk menggantikan peran Irfan Bachdim yang cedera," ia menuturkan.

Disinggung lawan yang paling berat, Abo melihat Thailand menjadi lawan yang bakal sulit ditaklukkan Tim Merah Putih. Selain itu, Filipina juga tidak bisa dipandang remeh.

"Sebagai tuan rumah, Filipina tidak bisa dipandang sebelah mata. Waktu era saya (2002), memang tidak ada apa-apanya, saat itu kami menang 13-1 atas Filipina, saya cetak empat gol," ia menuturkan.

Namun, saat ini, lanjut Zaenal timnas Filipina sudah memiliki kemajuan yang cukup pesat dan bisa mengimbangi lawan-lawannya. "Mereka memang memiliki pemain naturalisasi yang bagus-bagus. Berbeda dengan Timnas Indonesia yang ada malah bikin keributan," ia menuturkan

Video Populer

Foto Populer