Sukses


Daftar Hukuman Jose Mourinho Akibat Komentari Wasit

Bola.com - Jose Mourinho dikenal sebagai salah satu pelatih yang sering melontarkan komentar pedas kepada wasit di Inggris. Akibatnya, manajer Manchester United itu kerap dijatuhi hukuman.

Teranyar, Mourinho mengomentari mengenai Anthony Taylor yang akan menjadi pengadil pada pertandingan Liverpool kontra MU di Stadion Anfield, Selasa (18/10/2016) dini hari WIB.

Mourinho menyebut Taylor bakal berada di bawah tekanan saat memimpin duel bertajuk North-West Derby tersebut. Apalagi, pendukung The Reds menolak keputusan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang menunjuk Anthony Taylor sebagai wasit.

Alhasil, pria asal Portugal tersebut terancam mendapat hukuman dari FA. Pasalnya, FA telah melarang manajer, pemain, hingga ofisial klub di Inggris untuk mengomentari wasit sebelum pertandingan sejak 2009.

Jika nantinya dijatuhi hukuman, Jose Mourinho bakal menambah panjang daftar sanksi yang diterimanya dari FA. Sebelumnya dia juga pernah mendapat sanksi denda hingga larangan memimpin tim akibat mengomentari wasit.

Berikut ini adalah beberapa hukuman yang diterima Mourinho karena melontarkan kritikan pedas kepada wasit di Inggris.

Januari 2005 - Denda 5 Ribu Poundsterling

Jose Mourinho mengkritik wasit Neale Barry yang memimpin laga Chelsea kontra Manchester United pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris. Dalam pertandingan yang berakhir imbang 0-0, Mourinho menyebut Barry telah dipangaruhi manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, ketika berjalan ke ruang ganti pada paruh pertama.

Oktober 2013 - Denda 8 Ribu Poundsterling

Jose Mourinho kembali melontarkan komentar pedas, kali ini ditujukan kepada wasit Anthony Taylor. Ketika Chelsea menang 4-1 atas Cardiff City dalam laga lanjutan Premier League 2013-2014 di Stamford Bridge, Mourinho mengeluhkan kepemimpinan Taylor. Alhasil, dia diusir ke tribun penonton sebelum akhirnya dijatuhi denda 8 ribu poundsterling oleh FA.

2 dari 3 halaman

2

Maret 2014 - Denda 8 Ribu Poundsterling

Mantan pelatih Real Madrid itu melakukan protes berlebihan kepada wasit Chris Foy saat Chelsea menelan kekalahan 0-1 dari Aston Villa di Villa Park, pada pekan ke-30 Premier League 2013-2014. Akibat kelakuannya itu, Mourinho lagi-lagi dijatuhi denda 8 ribu poundsterling oleh FA.

April 2014 - Denda 10 Ribu Poundsterling

Musim 2013-2014 merupakan musim di mana Mourinho paling sering menerima sanksi. Setelah laga kontra Cardiff dan Aston Villa, Mourinho melontarkan kata-kata sarkasme kepada wasit ketika Chelsea takluk 1-2 dari Sunderland di Stamford Bridge, 19 April 2014. Manajer 53 tahun itu menyebut kepemimpinan wasit Mike Dean 'fantastis' dan 'luar biasa'.

Desember 2014 - Denda 25 Ribu Poundsterling

Setelah Chelsea ditahan imbang 1-1 Southampton pada laga pekan ke-19 Premier League 2014-2015 di St Mary's Stadium, Mourinho menyebut wasit di Inggris telah dipengaruhi agar timnya sulit meraih kemenangan. Akibat komentarnya itu, FA langsung melakukan investigasi, dan hasilnya Mourinho terbukti bersalah serta dijatuhi hukuman denda 25 ribu poundsterling.

3 dari 3 halaman

3

Oktober 2015 - Denda 50 Ribu Poundsterling Plus Sanksi Satu Laga

Memasuki musim 2015-2016, Jose Mourinho mengalami masa-masa sulit bersama Chelsea. Takluk 1-3 dari Southampton pada 3 Oktober 2015 membuat The Blues menelan empat kekalahan dalam delapan laga pembuka Premier League.

Selain itu, Mourinho juga dijatuhi denda 50 ribu poundsterling dan sanksi satu pertandingan karena mengkritik wasit Robert Madley yang memimpin laga Chelsea kontra Southampton. Mourinho menyebut Madley takut memberikan The Blues penalti serta bersikap jujur.

Oktober 2015 - Denda 40 Ribu Poundsterling

Hanya berselang 21 hari dari komentar pedasnya kepada Robert Madley, Jose Mourinho kembali berkonfrontasi dengan wasit di Premier League, kali ini sasarannya adalah Jonathan Moss. Mourinho melontarkan kata-kata kasar kepada Moss saat jeda babak pertama laga Chelsea melawan West Ham United di Boleyn Ground, 24 Oktober 2015.

Akibat ucapannya itu, Jose Mourinho tidak boleh menemani Chelsea pada paruh kedua. The Blues pun takluk 1-2 dari The Hammers, dan Mourinho dijatuhi denda 40 ribu poundsterling oleh FA.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer