Sukses

6 Laga Testimonial Legenda Manchester United

Bola.com - Manchester United memiliki tradisi unik untuk memberikan penghormatan kepada para pemain yang telah bertahan di klub tersebut selama lebih dari 10 musim. Pihak klub akan memberi kesempatan kepada sang pemain untuk menjadi bintang utama dalam sebuah laga testimonial yang mereka selenggarakan sendiri. 

Pada awalnya, tradisi menyelenggarkan laga testimonial digunakan untuk membekali para pemain yang akan pensiun. Seluruh uang yang didapat dari laga tersebut akan menjadi milik para pemain untuk melanjutkan hidupnya setelah pensiun dari lapangan hijau.

Namun di era sepak bola modern, para pemain sebenarnya tidak laga membutuhkan laga testimonial karena mereka sudah mendapat bayaran yang besar semasa bermain. Laga tersebut pun akhirnya dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan atas loyalitas yang telah diberikan sang pemain dan juga sebagai kegiatan amal untuk mengumpulkan dana bagi yang memerlukan.

Manchester United tercatat sudah beberapa kali mengadakan laga testimonial untuk menghormati para pemainnya, sebut saja Ryan Giggs, Roy Keane, Gary Neville, Rio Ferdinand dan Wayne Rooney. Saat ini, satu pemain lainnya yang akan mendapatkan laga testimonial adalah Michael Carrick.

Michael Carrick telah berada di Manchester United selama 11 tahun dan menjalani musim kesepuluhnya pada musim 2016-17. Gelandang tersebut bergabung ke Manchester United pada 2006 dan diposisikan sebagai pengganti Roy Keane.

Pada Juni 2017 nanti, Carrick akan mendapat laga testimonialnya sebagai bentuk penghormatan dari klub. Rencananya, laga tersebut akan mempertandingkan tim Manchester United 2008 dengan para pemain pilihan Carrick yang disebut dengan Michael Carrick All-Stars. Pertandingan in akan dipertandingkan pada 4 Juni mendatang di Stadion Old Trafford.

Selain mengundang Sir Alex Ferguson untuk kembali menangani Manchester United, Michael Carrick juga meminta Steven Gerrard, Frank Lampard dan Michael Owen untuk tampil bersama tim All-Stars.

Berikut ini adalah catatan pada laga testimonial yang pernah dilangsungkan untuk para bintang Manchester United:

1 dari 7 halaman

Ryan Giggs (2 Agustus 2001)

Ryan Giggs membela Manchester United selama 23 tahun. Ia menembus skuat senior Manchester United pada tahun 1990 dan berhak memainkan laga testimonial pada tahun 2001.

Ryan Giggs memilih klub asal Skotlandia, Celtic FC, sebagai lawan Manchester United pada laga testimonialnya. Namun laga tersebut tidak berlangsung seperti laga persahabatan karena perselisihan antarpemain benar-benar terjadi. David Beckham menjadi sasaran utama para pemain Celtic setelah ia bersinggungan dengan Chris Sutton dan Paul Lambert, sedangkan Paul Scholes beradu argumen dengan Neil Lennon.

Catatan Pertandingan
Manchester United 3-4 Celtic FC

Manchester United: Fabien Barthez; Denis Irwin, Jaap Stam, Gary Neville, Phil Neville; Roy Keane, David Beckham, Juan Veron, Ryan Giggs, Paul Scholes; Ruud van Nistelrooy

Celtic FC: Dmitri Kharin; Jackie McNamara, Johan Mjallby, Olivier Tebily, Thomas Boyd; Didier Agathe, Neil Lennon, Paul Lambert, Bobby Petta; Henrik Larsson, Chris Sutton

Pencetak Gol: Ruud van Nistelrooy (x2), Juan Veron - Chris Sutton, Neil Lennon, Paul Lambert, Lubamir Moravcik

 

2 dari 7 halaman

Roy Keane (9 Mei 2006)

Roy Keane bergabung ke Manchester United pada tahun 1993 dan menjabat sebagai kapten tim sejak 1997. Namun cerita akhir perjalanan Keane bersama Manchester United tidak begitu indah untuk dikenang.

Keane meninggalkan Manchester United secara prematur pada November 2005 setelah melempar kritik tajam kepada rekan-rekannya. Hal tersebut membuat Sir Alex Ferguson berang dan menyingkirkan Keane dari skuat utama The Red Devils.

Manajemen klub memutuskan untuk tetap melanjutkan tradisi klub dengan mengadakan laga testimonial untuk Roy Keane. Pada Mei 2006, Keane memilih pertandingan Manchester United melawan Celtic FC. Pada babak pertama, Keane bermain untuk Celtic FC lalu berganti kostum pada babak berikutnya. Laga tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Manchester United.

Catatan Pertandingan
Manchester United 1-0 Celtic FC

Manchester United: Tim Howard; Wes Brown, Nemanja Vidic, Gerard Pique, Patrice Evra; Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Rio Ferdinand (Roy Keane 46'), Kieran Richardson, Louis Saha, Giuseppe Rossi

Celtic FC: Artur Boruc; Paul Telfer, Stephen McManus, Stanislav Varga, Mark Wilson, Stilian Petrov, Roy Keane, Neil Lennon, Shaun Maloney, Maciej Zurawski, John Hartson

Pencetak Gol: Cristiano Ronaldo

 

3 dari 7 halaman

Gary Neville (24 Mei 2011)

Gary Neville mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola pada Februari 2011. Pengambilan keputusan tersebut tidak lazim karena musim kompetisi masih berjalan. Setelah hampir 20 tahun membela Manchester United, ia pun berhak mendapat laga testimonial.

Gary Neville memilih Juventus sebagai lawan Manchester United pada laga testimonialnya. Laga yang berlangsung pada 24 Mei 2011 tersebut dimenangi Juventus dengan skor 2-1.

Catatan Pertandingan
Manchester United 1-2 Juventus

Manchester United: Tomasz Kuszczak; Wes Brown, John O'Shea, Phil Neville, Gary Neville; David Beckham, Nicky Butt, Paul Scholes, Ryan Giggs; Wayne Rooney, Michael Owen

Juventus: Marco Storari; Marco Motta, Giorgio Chiellini, Felipe Melo; Paolo De Ceglie, Simone Pepe, Milos Krasic, Alberto Aquilani; Andrea Barzagli, Luca Toni, Alessandro Del Piero

Pencetak Gol: Wayne Rooney - Simone Pepe, Manuel Giandonato

 

4 dari 7 halaman

Paul Scholes (5 Agustus 2011)

Pada tahun 2011, Manchester United menggelar dua laga testimonial. Setelah Gary Neville, giliran Paul Scholes yang mendapatkan penghormatan serupa pada Agustus 2011.

Scholes memutuskan pensiun setelah 18 tahun berkarier bersama skuat utama Manchester United. Ia memilih New York Cosmos sebagai lawan Manchester United pada laga testimonialnya.

New York Cosmos merupakan klub asal Amerika Serikat yang pernah diperkuat legenda Brasil, Pele. Klub tersebut sempat bubar pada 1985, namun kembali beraktivitas pada 2010 dengan menunjuk Pele sebagai presiden kehormatan klub.

Catatan Pertandingan
Manchester United 6-0 New York Cosmos

Manchester United: David De Gea; Rafael da Silva, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Patrice Evra; Luis Nani, Paul Scholes, Ryan Giggs, Ashley Young; Dimitar Berbatov, Wayne Rooney

New York Cosmos: Brad Friedel; Michel Salgado, Yannick Reyering, Fabio Cannavaro, Wayne Bridge; Marvin Iraheta, Nicky Butt, Dane Murphy; Robbie Keane, Dwight Yorke, Stefan Dimitrov

Pencetak Gol: Paul Scholes, Wayne Rooney (pen), Anderson, Danny Welbeck, Mame Biram Diouf (x2)

 

5 dari 7 halaman

Rio Ferdinand (9 Agustus 2013)

Rio Ferdinand bergabung dengan Manchester United pada 2002 dan ia meninggalkan klub tersebut pada 2014. Waktu 12 tahun yang ia habiskan bersama Manchester United membuat Ferdinand berhak mendapat laga testimonial.

Ferdinand memilih Sevilla sebagai lawan Manchester United pada laga testimonialnya.

Catatan Pertandingan
Manchester United 1-3 Sevilla

Manchester United: David De Gea; Fabio da Silva, Rio Ferdinand, Chris Smalling, Alexander Buttner; Anderson, Tom Cleverley, Antonio Valencia, Adnan Januzaj, Shinji Kagawa; Angelo Henriquez

Sevilla: Beto; Diogo Figueiras, Federico Fazio, Nicolas Pareja, Alberto Moreno; Geoffrey Kondogbia; Marko Marin, Gary Medel, Diego Perotti, Vitolo; Carlos Bacca

Pencetak Gol: Antonio Valencia - Vitolo, Marko Marin, Bryan Rabello

 

6 dari 7 halaman

Wayne Rooney (3 Agustus 2016)

Wayne Rooney menggelar laga testimonialnya bersama Manchester United pada Agustus 2016. Pada laga tersebut, ia memilih Everton sebagai lawan Manchester United. Everton adalah klub pertama sang pemain ketika menembus karier profesional.

Laga tersebut berakhir tanpa pemenang setelah kedudukan 0-0 bertahan hingga usai. Laga ini merupakan penanda era baru Manchester United bersama Jose Mourinho sebagai manajer baru klub.

Catatan Pertandingan
Manchester United 0-0 Everton

Manchester United: David De Gea (Sergio Romero 66'); Antonio Valencia (Matteo Darmian 66'), Eric Bailly (Phil Jones 46'), Daley Blind (Juan Mata 66'), Luke Shaw (Marcos Rojo 46'); Michael Carrick (Morgan Schneiderlin 46'), Ander Herrera (Marouane Fellaini 46'); Jesse Lingard (Henrikh Mkhitaryan 46'), Wayne Rooney (Marcus Rashford 53'), Anthony Martial (Ashley Young 46'); Zlatan Ibrahimovic (Memphis Depay 66')

Everton: Maarten Stekelenburg (Joel Robles 46'); Ramiro Funes Mori, John Stones, Mason Holgate (Muhamed Besic 66', Tom Davies 77'); Seamus Coleman, James McCarthy (Arouna Kone 66'), Gareth Barry (Tom Cleverley 66'), Ross Barkley (Bryan Oviedo 66), Leighton Baines (Lennon 66'); Gerard Deulofeu (Kevin Mirallas 47'); Romelu Lukaku (Darron Gibson 66')

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer