Sukses


Maverick Vinales Sudah Ditakdirkan Jadi Raja MotoGP

Bola.com, Milan - Jurnalis balap motor kenamaan Italia Paolo Beltramo menyebut pebalap Movistar Yamaha Maverick Vinales sebagai favorit peraih titel MotoGP 2017. Beltramo tak asal membuat prediksi, tapi juga memberikan analisis mengapa Vinales menjadi kandidat terkuat juara dunia tahun ini.

Beltramo menjagokan Vinales karena telah mengamati kiprah pebalap asal Spanyol itu di kejuaraan dunia balap motor grand prix sejak debut di kelas 125cc pada 2011. Dia semakin yakin Vinales memang ditakdirkan menjadi raja MotoGP setelah pebalap berjuluk Top Gun itu mendominasi tes resmi di Valencia, Sepang, dan Phillip Island.

Menurut Beltramo, Vinales punya tiga modal untuk mengalahkan rival-rivalnya dalam perburuan titel MotoGP 2017. Bekal utama Vinales di mata Beltramo adalah memiliki otak yang brilian.

"Kans Vinales berduel dengan Marc (Marquez) dalam perebutan gelar MotoGP 2017 sangat besar. Namun, jangan pernah melupakan (Valentino) Rossi serta rider Ducati dan Suzuki yang berpotensi menjadi kuda hitam," kata Beltramo dalam kolom di situs Sky Sport Italia, Jumat (24/2/2017).

"Sejauh ini Maverick Vinales sama sekali tak terlihat tertekan meski memiliki rekan setim yang punya nama besar, yaitu Rossi. Dia pun berusaha menjaga hubungan baik dengan The Doctor. Vinales menyadari tak ada gunanya bermusuhan dengan Rossi karena hanya akan merugikan dirinya. Toh, dia yakin bisa mengalahkan Rossi di trek. Jadi, bisa dikatakan bahwa Vinales adalah pebalap yang pintar," ujar Beltramo.

Modal kedua Vinales di mata Beltramo adalah tim yang andal. Orang-orang di belakang Vinales mayoritas merupakan peninggalan Jorge Lorenzo yang sukses mempersembahkan tiga titel buat Yamaha.

"Vinales bergabung dengan tim juara. Apalagi dia didukung orang-orang yang sangat ahli serta memahami motor dan etos kerja serta filosofi Yamaha seperti Ramon Forcada (kepala kru), Wilco Zeelenberg (analis performa pebalap), dan Davide Marelli (teknisi data telemetri). Mereka akan membantu Vinales untuk menjadi juara," kata Beltramo.

Modal terakhir Vinales yang tak kalah penting menurut Beltramo adalah skill yang ditunjang kepribadian seorang juara. Beltramo pun secara terperinci mendefinisikan sosok Vinales.

"Karakter Maverick Vinales berbeda dengan Rossi dan Marquez. Dia masih muda tapi sudah berpengalaman. Dedikasinya juga luar biasa. Sikapnya sehari-sehari simpel, tak arogan atau rendah diri, ramah, dan pandai mengendalikan diri. Gaya membalapnya juga berbeda, agak ekstrem tapi efisien. Tak ada pebalap yang menggunakan anggota tubuh seperti dirinya, bahkan Marquez sekalipun," ujar Beltramo.

Video Populer

Foto Populer