Sukses


Rossi: Motor Yamaha Berbahaya di Trek Basah

Bola.com, Sepang - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengatakan motor YZR-M1 sangat berbahaya saat dikendarai di trek basah pada balapan MotoGP Malaysia, Minggu (29/10/2017). The Doctor mengaku merasa tak aman sepanjang lomba karena khawatir akan terjatuh.

Rossi dan rekan setimnya Maverick Vinales mengalami masalah grip ban belakang pada motor Yamaha YZR-M1 versi 2017 terutama dalam kondisi hujan sepanjang musim ini. Problem itu pernah membuat Rossi terjatuh pada MotoGP Jepang dua pekan silam.

"Kami tak punya grip, jadi sangat sulit mengendarai motor dan juga sangat berbahaya. Saya merasa jika menggeber motor lebih kencang lagi, saya akan terjatuh seperti di Motegi," kata Rossi seperti dikutip dari Motorsport, Senin (30/10/2017).

Rossi menempati posisi keempat pada sesi kualifikasi MotoGP Malaysia yang berlangsung di trek kering, Sabtu (28/10/2017). Dia merasa optimistis bakal tampil bagus seperti saat finis kedua pada balapan sebelumnya di Phillip Island, Australia, jika hujan tak turun saat lomba.

Namun, balapan di Sepang ternyata berlangsung di trek basah. Akibatnya, Rossi tak kompetitif. Memulai lomba dari posisi keempat, Rossi sempat turun ke posisi 11 selepas start.

Rossi harus bertarung dengan duo KTM, Pol Espargaro dan Bradley Smith, pada fase awal lomba. Setelah berjuang keras selama 20 lap, Rossi akhirnya finis ketujuh berselisih 30 detik dengan sang pemenang Andrea Dovizioso (Ducati).

"Saya khawatir tapi tak putus asa karena pada sesi latihan Jumat di trek basah saya mampu mengakhiri sesi di posisi keenam meski masalah kronis kami pada musim ini masih ada. Kami lalu melakukan modifikasi besar-besaran pada motor dan optimistis problem itu akan hilang. Namun, sayangnya saat lomba masalah pada Jumat muncul lagi. Mustahil mengendarai motor ini di trek basah. Sangat berisiko," kata Rossi.

"Setelah meraih hasil bagus di Phillip Island, saya merasa bisa tampil kompetitif lagi di Sepang. Saya bisa cepat sepanjang akhir pekan dan yakin bisa meraih hasil bagus saat lomba. Namun, sayangnya hujan turun. Saya berharap kami bisa tampil lebih baik daripada balapan di Motegi, tapi pada kenyataannya tidak. Motor ini masih sangat sulit dikendarai di trek basah," ujar Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer