Sukses


BRI Liga 1: Fernando Valente Bawa 2 Asisten Asing di Arema, Pelatih Kiper Tetap Lokal

Bola.com, Malang - Wajah tim kepelatihan Arema FC segera berubah. Sebelumnya pelatih kepala Fernando Valente didampingi staf kepelatihan lokal.

Sejak awal pekan depan, ada dua asisten pelatih asing yang membantunya dalam latihan, yakni Nelson Letao dan Daniel Chaves. Keduanya berasal dari Portugal.

Nelson dan Daniel akan menjabat sebagai asisten pelatih. Jadi, pelatih kiper masih tetap dipercayakan kepada Galih Firmansyah. Sebelumnya beradar kabar jika Fernando akan membawa satu asisten pelatih dan satu pelatih kiper.

“Untuk saat ini, kami lebih membutuhkan dua assisten pelatih ini karena mereka juga nantinya bisa membantu kerja pelatih kiper. Kami bisa meningkatkan kerja Galih juga,” terang Fernando.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

2 Asisten Tiba

Dua assisten pelatih ini tiba pada Sabtu (9/9/2023). Mereka mulai bekerja awal pekan depan di Malang. Setelah itu, Rabu (13/9/2023) skuat Arema baru ke Bali menjalani pemusatan latihan.

Fernando menjelaskan tujuan membawa dua assisten pelatih asal negaranya. Salah satu diantaranya, pernah jadi asistennya ketika melatih klub China, Shandong Taishan.

“Satu pernah bekerja dengan saya di Cina. Sedangkan satunya belum pernah. Tapi dia punya lisensi UEFA A dan fokus pada sport science. Bisa membantu Gustavo Almeida, Charles Lokolingoy dan lainnya yang mengalami masalah cedera,” terangnya.

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Kedisiplinan

Fernando menjelaskan tujuan lain membawa dua assisten pelatih asing. Terutama meningkatkan kedisiplinan dan konsentrasi pemain.

“Selama beberapa hari di Malang, mereka akan bekerja melihat situasi di klub. Apa yang harus mereka kerjakan. Setelah itu, dia akan membantu tim ini lebih disiplin dan meningkatkan performa tim,” terangnya.

 

4 dari 4 halaman

Analis

Intinya, dua assiten pelatih itu paham apa yang diinginkan Fernando dan paham apa yang harus dilakukan. Saat ini, Arema punya dua asisten pelatih. Kuncoro dan Siswantoro.

Jika tetap menggunakan keduanya, Fernando butuh membuat asisten lokal memahami apa yang diinginkannya. Justru saat ini FX Yanuar, yang menjabat video analis Arema lebih dekat dengan Fernando karena dia bertugas sebagai penerjamah.

Video Populer

Foto Populer