Sukses


Shin Tae-yong Dinilai Sukses Membangun Karakter dan Mentalitas Pemenang Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong terus mengukir rekor bersama Timnas Indonesia. Teranyar, pelatih asal Korea Selatan itu sukses membawa Garuda Muda lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 untuk kali pertama.

Pencapaian itu terbilang istimewa. Sebab, Garuda Muda berstatus debutan pada turnamen itu. Sejak diperkenalkan pada 2013, Tim Merah-Putih tidak pernah lolos ke putaran final dan selalu kandas di babak kualifikasi.

Sepanjang fase Grup A, Timnas Indonesia U-23 memetik dua kali menang dan sekali kalah. Garuda Muda menumbangkan Australia U-23 (1-0) dan Yordania U-23 (4-1) serta takluk 0-2 dari tuan rumah, Qatar U-23 pada partai pembuka.

Kesuksesan melaju ke babak delapan besar didapat setelah mereka mengukuhkan diri finish di peringkat kedua klasemen akhir Grup A dengan enam poin.

Timnas Indonesia U-23 hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Qatar U-23 yang lebih dulu melenggang ke fase knockout.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berkarakter dan Mentalitas Pemenang

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan komentarnya mengenai prestasi Timnas Indonesia saat ini.

Secara khusus, pria berusia 47 tahun itu mengapresiasi kinerja Shin Tae-yong selama lebih dari empat tahun menangani Tim Garuda.

Menurutnya, Shin Tae-yong membawa banyak perubahan positif bagi skuad Garuda. Salah satu di antaranya yaitu berhasil mendongkrak posisi Tim Merah-Putih dalam ranking FIFA.

"Apresiasi tinggi kepada Shin Tae-yong dimana untuk sekian kalinya menunjukkan bagaimana pendekatan gaya bermain dan tentu saja pilihan strategi dan komposisi pemain yang tepat," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Selasa (23/4/2024).

"Shin Tae-yong membangun Timnas Indonesia benar-benar mempunyai karakter mentalitas pemenang," sambung mantan pelatih PSIM Yogyakarta tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Wajib Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Pria asal Magelang, Jawa Tengah itu mengatakan, Shin Tae-yong layak mendapatkan perpanjangan kontrak.

Apalagi, target lolos perempat final Piala Asia U-23 2024 merupakan salah satu syarat yang dibebankan PSSI kepada arsitek berusia 53 tahun itu.

"Federasi wajib memperpanjang kontrak Shin Tae-yong karena DNA Timnas Indonesia sudah dibangun dengan karakter sepak bola modern," katanya.

"Selamat untuk Timnas Indonesia U-23 yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024, kami semakin bangga dan yakin bahwa Garuda akan terbang tinggi," lanjut Erwan Hendarwanto.

 

4 dari 4 halaman

Jumpa Korea Selatan U-23

Pada perempat final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 akan berjumpa Timnas Korea Selatan U-23.

Menurut jadwal, duel kedua tim berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Korea Selatan U-23 memastikan diri keluar sebagai juara Grup B, seusai membekuk 1-0 Jepang U-23 di matchday terakhir penyisihan grup (22/4/2024).

Tambahan tiga poin membikin Skuad Muda Taegeuk Warriors mengemas sembilan poin. Sedangkan Jepang finish sebagai runner-up dengan torehan enam angka.

Video Populer

Foto Populer