Sukses


Status Jawara Seri Reguler, Jadi Tantangan Borneo FC di Championship Series BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Borneo FC bersiap menghadapi Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Klub berjulukan Pesut Etam itu bakal bersua Madura United dalam laga yang berlangsung dalam format dua leg.

Borneo FC akan menjalani partai tandang ke markas Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (15/4/2024). Empat hari berselang, giliran Pesut Etam yang menjamu Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tim Pesut Etam berstatus jawara Reguler Series BRI Liga 1. Borneo FC mengumpulkan 70 poin di tabel klasemen akhir. Hasil dari 21 kemenangan, tujuh imbang, dan enam kalah dari 34 pertandingan.

Anak asuh Pieter Huistra itu menjalani kompetisi musim ini dengan luar biasa. Borneo FC sempat tak terkalahkan dalam 19 pertandingan. Dari jumlah tersebut, mereka membukukan 16 kemenangan serta tiga hasil seri.

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Menelan 4 Kekalahan Beruntun

Sayangnya, catatan ciamik Borneo FC harus terputus jelang berakhirnya seri reguler. Performa Pesut Etam perlahan menurun seusai jeda kompetisi bulan lalu. Alhasil, mereka gagal sekalipun memetik kemenangan.

Kekalahan itu masing-masing didapat ketika bersua Madura United (0-4), Arema FC (1-2), Persib Bandung (1-2), dan Dewa United (1-2). Yang mengejutkan tentu saja saat Pesut Etam dipaksa menyerah melawan tim papan bawah macam Arema FC.

Gelandang Borneo FC, Hendro Siswanto mengingatkan, pentingnya menjaga konsistensi permainan di setiap laga. Terlebih, tim akan dihadapkan tantangan yang jauh lebih berat pada Championship Series nanti.

"Tantangan didepan itu tidak mudah, meskipun kami sudah juara di Reguler Series Liga 1. Menurut saya menjaga konsistensi itu menjadi fokus kita," ujar Hendro Siswanto.

"Jadi kami enggak boleh cepat puas, karena tujuan kita masih ada didepan mata yakni juara Liga 1," sambung pemain kelahiran Tuban, Jawa Timur itu.

 

 

3 dari 5 halaman

Jaga Performa

Hal senada disampaikan gelandang Borneo FC, Terens Puhiri. Pemain asal Jayapura itu ingin skuad Pesut Etam tetap menjaga kekompakan. Apalagi, tim membawa catatan negatif jelang menghadapi babak empat besar Liga 1.

Tim Pesut Etam masih memiliki waktu sepakan untuk persiapan. Jajaran tim pelatih hingga pemain tentu akan memanfaatkan waktu tersebut untuk berbenah dan mengevaluasi penampilan.

"Ya sejauh ini kami semua dalam tim menjaga ritme apa yang sudah ada sebelumnya. Semoga semua berjalan dengan baik dan pemain di tim ini sudah siap di Championship Series nanti," kata Terens Puhiri.

 

 

4 dari 5 halaman

Head to Head

Menilik laman PT LIB, Borneo FC dan Madura United sudah berjumpa sebanyak 16 kali sejak 2016. Dari jumlah itu, delapan di antaranya dimenangkan Pesut Etam.

Sementara Madura United tercatat baru empat kali menang atas Borneo FC. Adapun sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Statistik tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi Borneo FC untuk memperpanjang kemenangan. Pun demikian buat tuan rumah. Laskar Sape Kerrab tentu bertekad untuk memutus tren negatif atas tim tamu.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer