Sukses


    Pertahanan Solid Jadi Modal Brasil ke Piala Dunia 2018

     

    Laporan Jurnalis Bola.com, Reza Khomaini, dari Wina, Austria Timnas Brasil menutup rangkaian uji coba jelang Piala Dunia 2018 dengan hasil memuaskan. Timnas Brasil menggunduli Austria dengan skor 3-0. Pelatih Tim Samba, Tite menyebut, satu di antara kekuatan timnya adalah lini pertahanan yang solid.

    Brasil akan melakoni perjalanan meraih trofi Piala Dunia 2018 saat bersua Swiss, Minggu (17/6/2018). Saat bersua Austria di Stadion Ernst Happel, Wina, akhir pekan lalu, membuat Brasil semakin percaya diri.

    Sebelumnya, tim asuhan Tite ini sukses meraih kemenangan atas Kroasia dengan skor 2-0, pada laga persahabatan , Minggu (3/6/2018). Tiga gol Brasil ke gawang Austria berasal dari aksi Gabriel Jesus (36), Neymar (63), dan Philippe Coutinho pada menit ke-69.

    Pelatih Timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite, dalam konferensi pers yang dihadiri kalangan media, termasuk Bola.com, usai pertandingan, menilai performa para pemainnya memperlihatkan tren yang cukup positif. Hal itu menjadi hasil dari dua pekan menjalani masa persiapan di Eropa.

    Tite mengungkapkan, kerangka pertahanan tim yang kokoh menjadi 'hikmah' dari dua laga terakhir, termasuk kontra Austria. Pada dua laga terakhir, Timnas Brasil berhasil menciptakan clean sheet alias tanpa kemasukan gol.

    Pada pertandingan versus Austria, kuartet lini pertahanan, yakni Marcelo, Thiago Silva, Joao Miranda, dan Danilo, berhasil menjadi tembok yang sulit ditembus. Lini serang Austria yang digalang Marko Arnautovic dkk, tak bisa menaklukkan mereka.

    Austria sendiri bukan sembarang tim. Sebenarnya, tim asuhan Franco Foda ini beradal dalam performa menanjak pasca memetik kemenangan 2-1 atas juara bertahan Piala Dunia 2014, Jerman, akhir pekan sebelumnya. Selama dipegang Franco Foda, David Alaba dkk belum pernah menuai kekalahan selama 4 pertandingan terakhir. Namun, saat bersua Brasil, eposide positif Austria harus terhenti dengan tragis.

    Stok cadangan Brasil sendiri di lini pertahanan tak kala mentereng. Marquinhos dan Filipe Luis yang diturunkan di babak kedua menggantikan Thiago Silva dan Marcelo, mampu menjalankan tugas serupa. Kualitas pemain cadangan dan inti, nyaris tidak ada perbedaan.

    Tite mengakui level performa anak asuhnya sudah meningkat. ’’Kami masih punya satu pekan lagi sebelum Piala Dunia. Permainan kami sudah mulai ke level yang baik,’’ ucap pelatih berusia 57 tahun ini.

    Namun, saat dicecar pertanyaan seputar 11 pemain inti Timnas Brasil untuk laga pembuka kontra Swiss di Rusia, Tite masih belum bisa menentukan pilihan. ’’Para pemain yang akan turun kontra Swiss akan ditentukan hari Kamis. Kami masih punya waktu untuk melihat perkembangan para pemain,’’ tegasnya.

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer