Sukses


    8 Fakta Timnas Kroasia Sebelum Hadapi Prancis

    Bola.com, Jakarta - Timnas Kroasia akan berupaya mengukir sejarah saat bersua Prancis pada laga final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). Ini merupakan final pertama timnas Kroasia sepanjang partisipasi mereka di Piala Dunia.

    Keberhasilan lolos ke final membuat tim asuhan Zlatko Dalic menjadi negara ke-13 yang melangkah ke partai puncak pesta sepak bola dunia tersebut. Luka Modric dan kawan-kawan lolos ke final setelah menyingkirkan Inggris 2-1 melalui perpanjangan waktu.

    Timnas Kroasia melangkah ke final setelah melalui perjuangan berat melawan The Three Lions di semifinal. Dua gol dari Ivan Perisic dan Mario Mandzukic membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu gara-gara gol yang dicetak Kieran Trippier.

    Keberhasilan Vatreni, julukan Kroasia, melangkah ke final sekaligus melewati pencapaian di Piala Dunia 1998. Ketika itu, Davor Suker dan kawan-kawan finis di posisi ketiga.

    Kini, timnas Kroasia hanya tinggal selangkah lagi meraih gelar pertama mereka di Piala Dunia. Namun, sebelum itu, ada delapan fakta menarik timnas Kroasia jelang laga kontra Prancis yang menarik untuk disimak oleh sahabat Bola.com:

    2 dari 2 halaman

    Fakta Menarik Timnas Kroasia

    1.Dua tim debutan terakhir yang lolos ke final Piala Dunia berhasil meraih gelar juara (Prancis di Piala Dunia 1998 dan Spanyol di Piala Dunia 2010).

    2. Kroasia merupakan tim pertama yang berhasil melangkah ke final Piala Dunia meski kebobolan lebih dulu dari tiga laga mereka di fase gugur.

    3. Kroasia bermain hingga babak perpanjangan waktu dalam tiga laga terakhir dan berpeluang menjadi tim pertama sepanjang sejarah Piala Dunia yang bermain dalam empat perpanjangan waktu dalam satu turnamen.

    4. Kroasia telah mencetak 12 gol dan gol-gol tersebut diciptakan oleh delapan pemain berbeda. Hanya Belgia yang memiliki pencapaian lebih baik (14 gol dan empat pencetak gol berbeda).

    5. Kroasia selalu mencetak gol dalam 10 laga terakhir di Piala Dunia, sejak bermain imbang 0-0 melawan Jepang di Piala Dunia 2006.

    6. Empat dari lima gol yang bersarang ke gawang Kroasia di Rusia lahir melalui bola mati. Kroasia kebobolan dari tendangan penalti, lemparan ke dalam, tendangan bebas tidak langsung, dan tendangan bebas langsung.

    7. Ivan Perisic terlibat dalam 10 gol di turnamen besar (enam gol dan empat assist) bersama Kroasia. Ia sejajar dengan legenda Kroasia, Davor Suker. (mencetak sembilan gol dan satu assist).

    8. Luka Modric telah menciptakan  16 peluang di Piala Dunia 2018. Jumlah itu dua kali lipat lebih banyak dibandingkan rekan-rekan setimnya di turnamen ini.

    Video Populer

    Foto Populer