Sukses


Contoh-Contoh Gagasan Pokok dalam Sebuah Paragraf

Bola.com, Jakarta - Gagasan pokok atau gagasan utama adalah sebuah topik atau pesan yang akan dibahas di dalam sebuah paragraf.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gagasan adalah hasil pemikiran atau ide dalam sebuah pernyataan. Pernyataan ini bisa dalam bentuk teks kalimat berparagraf dan perkataan langsung.

Nama lain gagasan pokok adalah gagasan utama, ide pokok, ide utama, dan pokok pikiran.

Dalam sebuah teks, gagasan pokok merupakan fondasi dari sebuah kalimat serta paragraf. Dalam satu paragraf umumnya terdiri dari satu gagasan pokok dan beberapa gagasan pendukung.

Jadi, gagasan pendukung merupakan tambahan informasi untuk mendukung gagasan pokok.

Untuk menemukan kedua gagasan tersebut dalam paragraf cukup mudah. Namun, memerlukan ketelitian dan ketelatenan, terutama dalam menentukan gagasan pokok.

Berikut ini contoh gagasan pokok dalam sebuah paragraf, dilansir dari Modul Ajar Bahasa Indonesia terbitan Universitas Muhammadiyah Malang, Jumat (5/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Gagasan Pokok - 1

Pohon memberikan berbagai manfaat bagi manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber makanan, obat maupun bahan industri. Satu di antara peranan pohon yang paling penting bagi manusia dan segala makhluk hidup adalah pohon merupakan penghasil udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok dari paragraf di atas: manfaat pohon bagi kesehatan makhluk hidup.

Berdasarkan paragraf yang ada di atas, kita dapat melihat bahwa kalimat pertama merupakan kalimat utama dari paragraf tersebut, dan kalimat yang lain berguna menjadi kalimat penjelas dari kalimat utama yang ada.

Seperti yang dapat kita lihat dari kalimat "Pohon bermanfaat sebagai sumber makanan, obat maupun bahan industri" yang mengindikasikan bahwa pohon memberikan berbagai manfaat.

3 dari 6 halaman

Contoh Gagasan Pokok - 2

Bencana banjir lumpur dikarenakan jebolnya tanggul Situ Gintung yang berlokasi di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit bagi penduduk sekitar. Beberapa penyakit yang timbul akibat bencana banjir lumpur tersebut adalah diare, demam berdarah, tifus, dan leptospirosis.

Gagasan pokok dari paragraf di atas adalah: bencana banjir menimbulkan berbagai macam penyakit.

Berdasarkan paragraf yang ada di atas, kita dapat melihat bahwa kalimat pertama merupakan kalimat utama dari paragraf tersebut, dan kalimat yang lain berguna menjadi kalimat penjelas dari kalimat utama yang ada.

Seperti yang dapat kita lihat dari kalimat "Beberapa penyakit yang timbul akibat bencana banjir lumpur tersebut adalah diare, demam berdarah, tifus, dan leptospirosis" yang menjelaskan beragam contoh penyakit yang dapat ditimbulkan bencana banjir yang terjadi.

 

4 dari 6 halaman

Contoh Ide Pokok - 3

Kini pembuatan makanan berbahan dasar buah mangrove sudah mulai dikembangkan. Satu di antara kelompok masyarakat yang berupaya untuk terus mengembangkannya adalah ibu-ibu nelayan di Balikpapan. Meski tidak langsung berhasil, akhirnya mereka berhasil memanfaatkan beberapa jenis mangrove menjadi aneka makanan, seperti kolak, sayur, dan permen. Hal tersebut dilakukan dalam upaya memanfaatkan buah mangrove menjadi makanan yang lebih berguna dan bernilai ekonomi tinggi.

Gagasan pokok dari paragraf di atas adalah: Pengembangan makanan berbahan dasar buah mangrove, sedangkan kalimat utamanya: Kini pembuatan makanan berbahan dasar buah mangrove sudah mulai dikembangkan.

5 dari 6 halaman

Contoh Ide Pokok - 4

Diketahui bahwa lebih dari 200 rumah dan bangunan mengalami kerusakan, baik sedang maupun berat. Jumlah korban jiwa yang melayang mencapai lima puluh orang. Belum lagi korban yang mengalami luka-luka, jumlahnya lebih dari tiga ratus orang. Orang-orang yang kini selamat dari gempa tersebut kini berusaha untuk bertahan hidup dengan kondisi kekurangan air, pakaian layak, dan makanan. Mereka pun terserang berbagai penyakit kulit karena harus tinggal di pengungsian yang memiliki tingkat sanitasi kurang baik. Gempa yang berpusat di Banten itu memang menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat yang terkena dampaknya.

Gagasan pokoknya: Kerugian akibat gempa di Banten. (Gempa yang berpusat di Banten menimbulkan banyak kerugian)

Kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf yaitu "Gempa yang berpusat di Banten itu memang menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat yang terkena dampaknya".

6 dari 6 halaman

Contoh Gagasan Pokok - 5

Bagi warga Jakarta, membuang sampah seenaknya ke sungai sudah jadi kebiasaan, bahkan tradisi sejak dulu. Padahal, kebiasaan buruk ini sudah dirasakan akibatnya hampir setiap tahun.Sampah-sampah ini bisa menyebabkan aliran sungai terhambat dan akhirnya menimbulkan banjir. Tidak heran banjir yang terjadi di Jakarta sering kali disebabkan oleh tumpukan sampahyang menghambat aliran sungai.

Gagasan pokok dari paragraf di atas adalah: Salah satu penyebab banjir di Jakarta adalah akibat tumpukan sampah menghambat aliran sungai. Kalimat utamanya terletak di akhir paragraf, yaitu "Tidak heran banjir yang terjadi di Jakarta sering kali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai".

 

Sumber: UMM

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer