Sukses


La Liga Laporkan PSG ke Uni Eropa, Dituduh Mendistorsi Pasar Transfer

Bola.com, Jakarta - La Liga melaporkan PSG ke Komisi Eropa dengan tuduhan telah mendistorsi pasar transfer. La Liga menyatakan dana yang diterima klub dari Qatar, negara pemilik PSG, tidak sah menurut Regulasi Subsidi Asing Uni Eropa.

"Menanggapi arah kebijakan baru yang muncul dari penerapan Peraturan Eropa tentang Subsidi Asing Mendistorsi Pasar Internal ("Peraturan Subsidi Asing"), LALIGA telah mengajukan keluhan kepada Komisi Eropa mengenai mekanisme pendanaan PSG, yang sangat mendistorsi pasar internal Uni Eropa (UE)," demikian pernyataan La Liga.

Peraturan ini, yang berlaku mulai 12 Juli 2023, menyangkut subsidi asing yang diberikan oleh negara non-UE kepada perusahaan yang melakukan kegiatan ekonomi di pasar internal. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sumber Dana

Keputusan itu dengan mempertimbangkan subsidi yang diberikan oleh perusahaan publik yang secara langsung atau tidak langsung dikendalikan oleh negara, termasuk subsidi yang diberikan dalam jangka waktu lima tahun sebelum berlakunya peraturan tersebut.

"Akibatnya, LaLiga telah mengajukan keluhan yang menyatakan bahwa PSG telah menerima subsidi asing dari Negara Qatar, yang memungkinkannya untuk meningkatkan posisi kompetitifnya, sehingga menimbulkan distorsi yang signifikan di beberapa pasar nasional dan UE," lanjut LaLiga.

"Secara khusus, sebagaimana diuraikan dalam pengaduan, PSG memperoleh sumber daya dengan persyaratan non-pasar yang mendistorsi beberapa pasar yang terkait erat, memungkinkan PSG menggunakan subsidi asing tersebut untuk merekrut pemain dan pelatih top jauh di atas potensinya dalam situasi pasar normal. Itu juga mampu mengamankan pendapatan sponsor yang tidak sesuai dengan nilai pasar Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan kinerja olahraga mereka."

3 dari 3 halaman

Langkah

Menurut LaLiga, itu juga mempengaruhi kemampuan klub saingan untuk melakukan rekrutmen pemain.

"Posisi olahraga yang lebih baik ini kemudian memungkinkan PSG untuk meningkatkan posisi kompetitifnya di pasar yang terkait dengan kompetisi olahraga (misalnya pemasaran audiovisual kompetisi atau pasar sponsorship), sehingga secara artifisial meningkatkan nilai klub di pasar tersebut," tegas LaLiga.

"Oleh karena itu, LaLiga percaya bahwa Komisi Eropa, berkat alat regulasi baru ini, akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghilangkan distorsi pasar seperti yang dijelaskan di atas, yang secara serius merusak ekosistem olahraga."

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

Video Populer

Foto Populer