Sukses


Jangan Menyerah, Pesan Maulwi Saelan untuk PSSI

Bola.com, Jakarta -b Kiper legendaris Timnas Indonesia, Maulwi Saelan, tutup usia pada Senin (10/10/2016). Maulwi, yang begitu perhatian kepada sepak bola di negeri ini, sempat menitipkan pesan semangat kepada pengurus PSSI saat ini.

Maulwi Saelan pergi untuk selamanya dalam usia 90 tahun. Kiper Timnas Indonesia di Olimpiade 1956 Melbourne itu merupakan salah satu tokoh besar Indonesia, mengingat almarhum merupakan pengawal setia Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Maulwi Saelan juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI kelima dan hingga akhir hayatnya terus memantau perkembangan sepak bola Indonesia. Sekjen PSSI, Azwan Karim, mendapatkan pesan dari Maulwi saat masih dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah pada September 2016.

Menurut putra almarhum, Asha Saelan, ayahnya masih menyaksikan Timnas Indonesia saat menang 3-0 atas Malaysia di Stadion Manahan, Solo, 6 September 2016.

 

Saat pengurus PSSI menjenguk, Maulwi memberikan pesan semangat untuk sepak bola Indonesia yang diakui oleh Azwan Karim sebagai energi positif bagi persepakbolaan nasional.

"Saya selalu ingat dua kata dari beliau, dan itu yang saya coba terus jalankan. Beliau katakan 'jangan menyerah'. Beliau katakan itu berulang kali kepada saya agar sepak bola Indonesia tidak boleh menyerah," ujar Azwan mengenang pertemuannya dengan Maulwi Saelan saat datang ke rumah duka di Jakarta, Senin (10/10/2016) malam.

"Beliau memberikan energi positif kepada kita yang masih muda di PSSI untuk bisa terus berjuang. Saya akan terus ingat itu," lanjutnya.

Azwan berharap para pelaku sepak bola di Indonesia bisa senantiasa mengingat semangat Maulwi Saelan yang terus memberikan perhatian kepada sepak bola Indonesia hingga akhir hayatnya.

"Ia adalah pahlawan negara. Ia pahlawan sepak bola, tidak hanya sebagai pengurus PSSI, tapi juga sebagai pejuang negara ini tak terkecuali melalui sepak bola. Hingga akhir hayatnya ia terus memberikan semangat kepada kita agar sepak bola Indonesia bisa menjadi lebih baik. Kita harus ingat terus jasa-jasa beliau yang telah mengharumkan nama Indonesia di masa lalu," ujar Azwan.

Maulwi Saelan, yang merupakan Kolonel CPM (Purn), dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2016).

Sebelum berangkat ke lokasi pemakaman, jenazah Maulwi Saelan dibawa ke Yayasan Al Azhar Syifa Budi, Kemang, yayasan yang didirikanalmarhum, untuk mendapatkan penghormatan terakhir dari anak-anak didiknya.

 

Video Populer

Foto Populer