Sukses


Manchester United Vs Manchester City: Laga Rp 11,6 Triliun

Bola.com, Manchester - Pertandingan pekan ke-16 Premier League antara Manchester United melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu (10/12/2017), akan menjadi laga derbi termahal dalam sejarah persepakbolaan Inggris.

Penilaian itu mengacu terhadap banderol para pemain kedua tim yang akan mengisi starting line up. Menurut Marca, 22 pemain yang akan menjadi starter dalam pertandingan tersebut bernilai 740 juta euro (Rp 11,62 triliun).

Total itu belum termasuk banderol Paul Pogba, yang akan absen karena menerima kartu merah pada pertandingan pekan lalu. Pogba merupakan pemain termahal Manchester United setelah hijrah dari Juventus pada musim panas 2016.

11 pemain Manchester United yang akan turun sebagai starter bernilai 331 juta euro (Rp 5,21 triliun). Jumlah ini sebenarnya hanya untuk 10 pemain saja, karena Jesse Lingard berstatus sebagai pemain akademi Setan Merah.

Sementara itu, para pemain Manchester City bernilai 409 juta euro (Rp 6,04 triliun). Gelandang asal Belgia, Kevin De Bruyne, menjadi pemain termahal lantaran memiliki banderol sebesar 62 juta euro (Rp 976 miliar).

Rivalitas Manchester United dan Manchester City memanas setelah Jose Mourinho dan Pep Guardiola melatih. Kedua manajer tersebut pernah saling bersaing di ajang La Liga ketika membesut Barcelona dan Real Madrid.

Pada musim 2017-2018, Manchester City berada di peringkat pertama klasemen sementara Premier League dengan perolehan poin 43, unggul delapan angka dari Manchester United yang menempati peringkat kedua.

2 dari 2 halaman

189 Negara

Tidak hanya menjadi pertandingan besar bagi Inggris, Manchester Derby juga akan disaksikan berbagai negara di belahan penjuru dunia. Menurut Marca, hanya Korea Utara, Kuba, Moldova, dan Saint Kitts - Nevis yang tidak akan menyiarkan pertandingan tersebut secara langsung.

Sejauh ini, penonton terbanyak pertandingan Premier League juga berasal dari Manchester Derby pada April 2012. Ketika itu, menurut Marca, pertandingan tersebut disaksikan lebih dari empat juta orang (4.081.000).

Jumlah tersebut dua kali lipat dibanding pertandingan besar lainnya pada musim yang sama. Chelsea melawan Manchester United, misalnya, hanya mencatat total penonton sebesar 2.260.000. Bahkan, big match Liverpool vs Manchester United hanya mencapai 2.850.000 penonton pada musim lalu.

"Saya berharap sebelum pertandingan kota (Manchester) penuh dengan warna kebesaran. Biru dan Merah berada di mana-mana karena semua mengerti rivalitas kedua klub ini. Saya tidak perlu memberitahu seberapa spesialnya lagi kepada Anda," tutur manajer Manchester United, Jose Mourinho.

Sumber: Marca, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer