Sukses


Sirkuit MotoGP: Red Bull Ring, Trek yang Bikin Penasaran Pebalap

Bola.com, Spielberg - Beberapa pebalap yang tampil di MotoGP 2016 masih awam dengan Sirkuit Red Bull Ring. Maklum, mereka belum pernah menjajal trek sirkuit yang dibangun pada 1969 tersebut.

Sirkuit yang awalnya bernama Osterreichring ini sebenarnya pernah menggelar MotoGP, yaitu pada musim 1996 dan 1997. Ketika itu, sirkuit ini masih bernama A1 Ring. Mereka menggantikan peran Sirkuit Salzburgring yang sudah 22 tahun menggelar balapan MotoGP di Austria.

Namun, Red Bull Ring hanya sempat dua kali menggelar MotoGP karena Austria tak lagi masuk dalam kalender FIM. Setelah 19 tahun absen, Sirkuit Red Bull Ring akhirnya kembali mendapat kesempatan untuk menggelar MotoGP 2016.

Sirkuit ini kembali menggelar MotoGP setelah Dorna memasukkan lagi Grand Prix Austria dalam kalender. MotoGP Austria menggantikan Amerika Serikat yang tak lagi mendapat hak menjadi tuan rumah.

Sirkuit Red Bull Ring. (ESPN)

Beberapa pebalap jelas penasaran dengan sirkuit ini karena belum pernah menjajal sirkuit yang hanya memiliki sembilan tikungan tersebut. Tercatat, hanya pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang pernah membalap di sirkuit ini. Rossi dua kali membalap di sirkuit Red Bull Ring saat tampil di kelas 125 cc, yaitu pada musim 1996 dan 1997.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, juga pernah merasakan menggeber motor di sirkuit ini. Namun, pria asal Spanyol itu tak menjajal Sirkuit Red Bull Ring di ajang MotoGP. Dia turun di sirkuit yang punya panjang 4,326 kilometer itu hanya untuk urusan komersial.

Data Sirkuit Sachsenring Jerman:

Nama: Sirkuit Red Bull Ring
Lokasi: Spielberg, Styria, Austria
Panjang: 4,326 kilometer
Lebar trek: 13 meter
Jumlah tikungan: 9
Pebalap paling sering menang: Mick Doohan, Alex Criville (1 kali)

 

Video Populer

Foto Populer