Sukses


Tips Memilih Sepatu Basket ala Kelly Purwanto

Bola.com, Jakarta - Point guard Hangtuah Sumatra Selatan, Kelly Purwanto, membeberkan tipsnya dalam hal memilih sepatu basket. Di usia yang sudah menginjak 33 tahun, Kelly lebih memilih menggunakan sepatu dengan sol lunak untuk menghindari cedera.

"Setelah mengalami cedera Achilles beberapa waktu lalu, sekarang saya lebih berhati-hati ketika memilih sepatu untuk pertandingan. Kalau dulu saya sering menggunakan sol yang agak keras, tapi sekarang pasti pilihnya yang lunak," ujar Kelly kepada Bola.com.

"Sepatu dengan sol lunak lebih nyaman dipakai untuk bertanding karena telapak kaki jadi tidak terlalu terbebani dengan berat tubuh. Beda dengan sol yang keras ketika digunakan untuk melompat akan terasa sedikit sakit untuk saya," sambung mantan pemain Pelita Jaya tersebut.

Selain sol, Kelly juga memberi saran untuk memilih sepatu dengan posisi yang diambil ketika bermain basket. Posisi point guard yang banyak memegang bola dan mengatur tempo serangan membuat Kelly lebih memilih menggunakan sepatu dengan model low top.

"Posisi saya sebagai point guard mengharuskan saya harus bergerak cepat, karena itu saya lebih memilih untuk menggunakan sepatu low top. Mungkin banyak yang beranggapan sepatu dengan model seperti ini akan lebih berbahaya untuk ankle, tapi buat saya sepatu low top sangat membantu pergerakan karena ringan," tutur Kelly.

Untuk sepatu favorit, Kelly memilih Nike Air Jordan karena desainnya yang menarik dan memiliki kualitas bagus. Namun, pebasket yang memulai kariernya bersama Satria Muda Junior tersebut hanya menjadikan sepatu Nike Air Jordan sebagai barang koleksi, bukan untuk dipakai ketika bermain basket.

"Mungkin semua tahu kalau Jordan itu memiliki model yang sangat bagus, tapi saya tidak pernah memakainya untuk pertandingan karena pertimbangan saya dalam faktor keselamatan dan kenyamanan ketika bermain. Saya hanya menjadikan Jordan sebagai barang koleksi dan dipakai untuk aktifitas sehari-hari," tutup Kelly Purwanto.

Video Populer

Foto Populer