Sukses


    Malaysia: Thailand Unggulan Cabang Bulutangkis SEA Games 2017

    Bola.com, Petaling Jaya - Direktur Teknik Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Morten Frost, menunjuk Thailand sebagai favorit juara umum cabang bulutangkis pada SEA Games 2017. Frost menyebut Thailand unggulan karena Negeri Gajah Putih mengirim tim terbaik ke ajang multicabang dua tahunan itu.

    Kecuali tunggal putri Ratchanok Intanon, mayoritas pemain terbaik Thailand akan melewati Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia, 21-27 Agustus, untuk berlaga pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus. Sebaliknya, Malaysia dan Indonesia hanya menurunkan tim lapis kedua pada SEA Games 2017 karena mengirim tim terbaik ke Glasgow.

    Selain itu, Thailand meraih hasil impresif pada Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, 21-28 Mei. Mereka melaju hingga babak semifinal sebelum kalah 1-3 dari sang juara, Korea Selatan.

    "Hanya Ratchanok yang tak masuk susunan pemain Thailand pada SEA Games 2017. Thailand juga tampil bagus pada Piala Sudirman 2017 dan mereka akan menjadi tim yang kuat pada SEA Games," kata Frost seperti dikutip dari The Star Online.

    Thailand punya stok pemain melimpah pada sektor tunggal putri. Tanpa Ratchanok, Thailand masih memiliki juara bertahan Busanan Ongbamrungphan dan pemain nomor 12 dunia Nitchaon Jindapol.

    Sementara itu, pada nomor tunggal putra, Thailand akan mengandalkan pemain ranking 11 BWF, Tanongsak Saensomboonsuk.

    Pada sektor ganda, Thailand memiliki lebih banyak pilihan berkat polesan pelatih kepala asal Indonesia, Rexy Mainaky. Mereka adalah ganda putra ranking 9 dunia Bodin Isara/Nipitphon Phuangphuapet, ganda putri Puttita Supajirakul/Sapsiree Tearattanachai (peringkat 10 BWF) dan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (peringkat 11 BWF), serta ganda campuran ranking 9 dunia yang jadi juara Swiss Terbuka 2017, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

    Malaysia belum mengumumkan skuat untuk SEA Games 2017. Namun, tuan rumah dipastikan tanpa tunggal putra Lee Chong Wei, ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong, dan ganda campuran Tan Kian Meng/Lai Pei Jing yang tampil pada Kejuaraan Dunia. Bintang ganda campuran Malaysia Goh Liu Ying juga absen karena masih menjalani pemulihan setelah operasi bahu.

    Indonesia menjadi juara umum cabang bulutangkis pada SEA Games 2015 di Singapura dengan koleksi tiga medali emas (beregu putra, ganda putra, dan ganda campuran). Malaysia (tunggal putra dan ganda putri) dan Thailand (beregu putri dan tunggal putri) sama-sama mendulang dua emas. Cabang bulutangkis pada SEA Games 2017 menyediakan tujuh emas.

    Video Populer

    Foto Populer