Sukses


12 Negara Bakal Meriahkan Tour de Central Celebes 2017

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang didukung Kementerian Pariwisata, bakal menggelar ajang balap sepeda bertaraf internasional bertajuk Tour de Central Celebes 2017, 6-8 November 2017. Ajang ini akan diikuti 150 peserta dari 12 negara selain Indonesia.

Tour de Central Celebes merupakan ajang balap sepeda yang pertama digelar di Pulau Sulawesi, khususnya Sulteng. Adapun untuk penyelenggaraannya di Indonesia, ini menjadi ajang keenam setelah Tour de Singkarak, Tour de Ijen, Tour de Flores, Tour de Linggarjati, dan Tour de Siak.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyambut baik lahirnya Tour de Central Celebes 2017. Arief berharap ajang balap sepeda ini bisa menyedot perhatian dari wisawatan nasional maupun mancanegara.

"Melalui event balap sepeda berskala internasional ini diharapkan bisa mengajak pebalap dan masyarakat untuk bisa menikmati tempat wisata unggulan di Sulawesi Tengah. Tidak hanya menyedot kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara, event ini juga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi daerah dan perbaikan infrastruktur," kata Arief Yahya dalam sambutan pada launching Tour de Central Celebes 2017 di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, juga berharap Tour de Central Celebes 2017 bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerahnya. Adapun untuk infrastruktur, Longki menegaskan daerahnya siap dan aman untuk menggelar balapan.

"Tour de Central Celebes 2017 nantinya akan mendorong masyarakat lokal untuk menampilkan persembahan seperti musik, tari, dan budaya. Event ini juga sekaligus ingin membuktikan Sulawesi Tengah itu aman untuk dikunjungi. Saya juga memastikan trek yang dilalui sudah siap dan akan menyajikan pemandangan yang indah," ujar Longki.

Tour de Central Celebes 2017 akan dibagi menjadi tiga etape. Balapan ini akan menempuh jarak sepanjang 491,4 km yang bakal melintasi lima kabupaten dan satu kota.

Pada etape pertama, para pebalap akan melintasi rute Kabupaten Tojo Una Una - Kabupaten Posi dengan jarak 192 km. Sementara itu, pada etape kedua akan menempuh jarak 143,6 km dengan rute Kabupaten Poso - Kabupaten Parigi Moutong. Adapun untuk etape ketiga akan melintasi Kabupaten Parigi Mouting - Kabupaten Sigi - Kota Palu dengan jarak 143,3 km.

Tour de Central Celebes 2017 akan diikuti 15 tim pebalap sepeda yang terdiri dari 10 tim internasional dan 5 tim nasional yang merebutkan hadiah total Rp 650 juta. Tim internasional terdiri dari 12 negara yakni Kanada, Singapura, Malaysia, Korea, Belanda, Kuwait, Sri Lanka, Vietnam, Filipina, Thailand, Brunei, dan Prancis.

 

Video Populer

Foto Populer