Akibat Virus Corona, Timnas Indonesia U-16 Tak Bisa Gelar Uji Coba Internasional

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 09 Mar 2020, 17:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 saat melawan Filipina pada laga babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019). Indonesia menang 4-0 atas Filipina. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Keinginan Timnas Indonesia U-16 untuk menggelar uji coba internasional tidak dapat terwujud dalam waktu dekat. Sebabnya tidak lain lantaran merebaknya virus Corona sehingga timnas negara lain enggan berpergian ke luar negeri.

Alhasil, Timnas Indonesia U-16 hanya mampu mengundang tim lokal untuk beruji tanding. Satu di antaranya menghadapi tim Piala Soeratin U-15 Bekasi dan Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan.

Advertisement

"Uji coba tentu ada. Mungkin dengan tim lokal. Kami masih memastikan lawannya. Rencananya pada akhir pekan ini akan ada trofeo. Kemungkinan menghadapi Piala Soeratin U-15 Bekasi dan SKO Ragunan," ujar Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia U-16 dinukil dari laman PSSI.

Sebelumnya, rencana uji coba Timnas Indonesia U-16 melawan Thailand di Stadion Manahan, Solo, pada 27 Februari lalu juga dibatalkan karena ancaman virus Corona.

"Harapannya tentu ingin ada uji coba internasional. Namun, situasi saat ini tidak memungkinkan dengan penyebaran virus Corona. PSSI dan federasi lain tentu mengimbau untuk tidak berpergian ke luar negeri," kata Bima Sakti.

Saat ini, Timnas Indonesia U-16 tengah menggelar pemusatan latihan (training centre) di Bekasi pada 9-20 Maret 2020. Dijadwalkan, tim berjulukan Garuda Muda ini akan menjalani uji coba di setiap akhir pekan.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Hari Pertama TC

Pemain Timnas Indonesia U-16 menggotong gawang ke tengah lapangan dalam sesi latihan, Rabu (26/2/2020). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Pada hari pertama TC, Bima Sakti menggenjot fisik para pemain Timnas Indonesia U-16. Sebanyak 25 pemain telah berkumpul di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (9/3/2020).

"Kami memulai pemusatan latihan di Bekasi dengan terlebih dahulu memeriksa kembali kondisi para pemain setelah libur kurang lebih satu minggu setelah pemusatan latihan sebelumnya di Yogyakarta," tutur Bima Sakti.

"Untuk pemusatan latihan di Bekasi ini, kami fokus memulihkan stamina pemain dan fisik. Selain itu, juga tentunya materi serta pemahaman pemain akan taktik dan strategi tim. Latihan akan terus rutin kami lakukan hanya satu kali di setiap pagi hari," jelasnya.

TC kali ini masih sebagai persiapan menuju Piala AFC U-16 2020 di Bahrain pada September mendatang. Kegiatan Timnas Indonesia U-16 akan rutin berjalan setiap bulannya hingga pagelaran dimulai.

Berita Terkait