Sukses


Prediksi PSS Vs PSIS: Duel Sengit Tim Tetangga

Bola.com, Sleman - Dua tim tetangga, PSS Sleman dan PSIS Semarang bakal berduel di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (17/7/2019), pada pekan ke-9 Shopee Liga 1.

Pertandingan akan semakin menarik karena suporter kedua tim dipastikan memenuhi markas PSS. Baik tuan rumah maupun sang tamu adalah tim dengan basis suporter yang besar. Ditambah dengan jarak dari Semarang ke Sleman relatif dekat.

PSIS yang sementara berkandang di Magelang juga hanya perlu melakukan perjalanan waktu satu jam saja ke kandang PSS. Sementara tuan rumah dalam euforia kemenangan atas tim raksasa Persebaya Surabaya pada laga terakhir.

PSS percaya diri meraih tiga poin. Kemenangan atas Persebaya di kandang pada Sabtu (13/7/2019), mengantarkan tim Elang Jawa ke peringkat lima klasemen sementara.

"Jujur saja kemenangan atas Persebaya kemarin, memaksimalkan motivasi tersendiri. Semoga pemain percaya diri tapi tidak berlebihan. Apalagi lawan yang akan kami hadapi adalah PSIS yang merupakan tim kuat," ujar pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro.

Bagus Nirwanto dan kawan-kawan bertekad kembali melanjutkan rangkaian kemenangan, apalagi mereka mendapat dukungan penuh dari suporternya. Selain itu, PSS punya modal apik, yakni menang atas PSIS 1-0 pada uji coba pramusim (30/7/2019) di Sleman.

Saat itu, kemenangan PSS Sleman ditentukan oleh gelandang serang asal Irak, Brian Ferreira. Pemain yang juga memiliki kewarganegaraan Argentina ini bakal kembali diandalkan oleh pelatih Seto sebagai nyawa permainan PSS.

2 dari 5 halaman

Situasi Berbeda

Tapi, situasinya saat ini sedikit berbeda. Tiga pemain PSS Sleman dipastikan absen. Sementara sejumlah pemain lainnya masih diragukan karena faktor kebugaran.

Bek asal Spanyol Alfonso De La Cruz, gelandang Dave Mustaine, dan striker gaek Rudi Widodo, dipastikan absen karena belum sembuh dari cedera.

Haris Tuharea, Brian Ferreira, Kushedya Hari Yudo, dan Asyraq Gufron, juga diragukan tampil. 

"Melihat banyak pemain yang kurang bugar, mungkin akan ada rotasi yang lebih besar. Tapi saya perlu melihat persiapan terakhir menjelang pertandingan," ungkap Seto.

Seto masih memiliki stok pemain yang melimpah. Purwaka Yudi atau Ikhwan Ciptady bisa menjadi pengganti Alfonso De La Cruz.

Ricky Kambuaya, Nerius Alom, dan Wahyu Sukarta, bisa menjadi alternatif di sektor tengah. Sementara, Arsyad Yusgiantoro bisa disiapkan Seto untuk pelapis di lini depan, jika Kushedya Hari Yudo benar-benar absen.

"Saya perlu melihat persiapan terakhir sebelum pertandingan untuk menentukan komposisi skuat. Saya meminta pemain untuk tetap tampil fokus namun bisa nyaman," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Pantang Meremehkan Tim Tamu

PSS Sleman tak mau meremehkan PSIS. Tim tamu memang mendapatkan hasil negatif pada pertandingan terakhir, yakni kalah dari tuan rumah Borneo FC 2-0 (10/7/2019).

Pelatih Jafri Sastra mengaku sudah cukup paham dengan kekuatan PSS, karena pernah bertemu dalam uji coba.

"Kami banyak mempelajari kekuatan PSS seperti ketika uji coba lalu. Semoga pemain yang saya bawa dalam kondisi lebih baik. Saya yakin tidak mudah menghadapi PSS. Kami akan mencobanya," kata Jafri Sastra.

Kondisi PSIS lebih baik dibandingkan saat kalah dari Borneo FC. Enam pemain pilar PSIS yang absen di Samarinda, kini sudah kembali. Fredyan Wahyu, Arthur Bonai, dan Safrudin Tahar menyelesaikan sanksi akumulasi kartu. Sementara Hari Nur Yulianto sudah sembuh dari cedera.

Kuartet pemain asing PSIS juga bakal turun sejak menit pertama, yakni bek Wallace Costa, duo gelandang Shohei Matsunaga dan Patrick Mota, serta ujung tombak Silvio Escobar.

Jandia Eka Putra, Safrudin Tahar, dan Septian David Maulana juga sudah kembali ke tim. Selain itu, PSIS punya waktu recovery lebih ketimbang PSS Sleman, yang menjadi nilai plus bagi anak asuh Jafri Sastra.

"Kami punya waktu yang cukup untuk membenahi kelemahan kami. Pasti akan berjalan sengit dan menarik, karena sama-sama ingin menang," ujar Jafri.

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

PSS Sleman (4-4-2): Try Hamdani (kiper); Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz, Asyraq Gufron, Derry Rachman (belakang); Irkham Zahrul Milla, Brian Ferreira, Dave Mustaine, Haris Tuharea (tengah); Ricky Kambuaya, Yevhen Bokhasvili (depan).

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

PSIS Semarang (4-4-2): Joko Ribowo (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (belakang); Patrick Mota, Shohei Matsunaga, Septian David Maulana, Bayu Nugroho (tengah); Silvio Escobar, Hari Nur Yulianto (depan).

Pelatih: Jafri Sastra

5 dari 5 halaman

Highlights PSS Sleman Vs Persebaya Surabaya

Video Populer

Foto Populer