Sukses


Curhat Rowen Koot, Kiper Klub Liga 2 Belanda yang Berminat Memperkuat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sosok Rowen Koot, kiper klub Eerste Divisie (Liga 2) Belanda, Helmond Sport, belakangan jadi sorotan pencinta sepak bola di Tanah Air menyusul keinginannya memperkuat Timnas Indonesia.

Pria kelahiran 20 Juli 1999 memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah. Pada Sabtu (19/12/2020) lalu, ia melakukan debutnya di tim utama Helmond menghadapi tuan rumah Jong AZ di Stadion Kalverhoek pada pekan ke-17.

Bagi Rowen, kesempatan yang ia dapatkan itu merupakan buah penantian panjangnya. Sebelumnya, ia hanya berstatus sebagai pemain pelapis di Fortuna Sittard, klub Eredivisie (Liga 1) Belanda.

"Saya dua tahun di kontrak tim utama Fortuna setelah dinilai tampil baik di tim akademi," ujar Rowen dalam channel youtube Yussa Nugraha.

Pada berbagai kesempatan, nama Rowen masuk line-up. Termasuk saat Fortuna menghadapi klub elite Belanda, Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven. Tapi, ia tak pernah mendapatkan kesempatan untuk tampil di lapangan.

Itulah mengapa ia tak menolak tawaran dari manajemen Helmond yang mengajaknya bermain di Eerste Divisie (Liga 2) pada bursa transfer musim panas lalu. Di Helmond, ia bersaing dengan Stijn van Gassel yang saat ini didapuk sebagai kiper utama.

"Setelah menjalani laga debut pekan lalu, kepercayaan diri semakin bertambah. Saya berharap bisa mendapatkan menit bermain di Helmond dan menjadi kiper utama musim depan," tutur Rowen yang berencana mengembangkan kariernya di Liga Inggris.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Ingin Perkuat Timnas Indonesia

Layaknya pemain profesional, Rowen juga menyimpan keinginan memperkuat tim nasional. Ia mengaku sangat sulit buat dirinya menembus Timnas Belanda. Itulah mengapa ia mengaku sangat senang bila suatu saat mendapat undangan dari PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Tapi, sampai saat ini saya belum ada kontak apa pun dari federasi (PSSI). Yang terpenting buat saya saat ini adalah fokus mengembangkan kemampuan di Helmond," kata Rowen.

Rowen berterus terang tak begitu mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Ia hanya tahu ada sejumlah pemain asal Belanda membela klub Liga 1.

"Saya sudah mendapat banyak pesan dari suporter Indonesia di akun Instagram pribadi saya," terang Rowen.

Pada kesempatan itu, Rowen sudah mengungkap kiat dirinya menjaga fisik dan performanya. Selain mengikuti latihan reguler tim, ia juga sangat ketat menjaga pola makan.

"Menu makanan sudah diatur oleh ahli gizi klub. Termasuk saat ini, saya sedang berlibur di rumah karena kompetisi memasuki masa jeda Hari Natal dan Tahun Baru," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer