Sukses


    Jelang Piala AFF 2020, Ini Deretan Wonderkid Asia Tenggara yang Siap Bersinar

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2020 akan kembali digelar akhir tahun ini, tepatnya 5 Desember 2021. Mata akan tertuju pada penampilan Timnas Indonesia yang dituntut untuk meraih gelar perdananya dalam sejarah.

    Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B Piala AFF 2020 dengan lawan yang tidak mudah untuk dikalahkan. Anak asuh Shin Tae-yong ini bakal berduel dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

    Pada laga perdana Piala AFF 2020 (9/12/2021), Timnas Indonesia akan bersua Kamboja. Setelah itu, giliran Laos menanti (12/12/2021), Vietnam (15/12/2021) dan Malaysia (19/12/2021).

    Piala AFF 2020 juga layak dinanti karena diprediksi akan muncul sederet wonderkid yang siap unjuk gigi. Di kubu Timnas Indonesia saja ada banyak figur.

    Kecenderungan Shin Tae-yong memercayakan pemain muda di skuadnya tentu patut ditunggu. Ia memang belum memastikan daftar susunan pemain untuk Piala AFF 2020, tapi yang jelas, ia punya segudang darah segar.

    Timnas Indonesia tidak sendiri. Negara-negara peserta Piala AFF 2020 lainnya juga memiliki sederet wonderkid yang siap bersinar dan mencuri perhatian. Siapa saja? Berikut ulasannya:

     

    2 dari 4 halaman

    Luqman Hakim Shamsudin

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by LS10 (@luqmansham_10)

    Tanyakan kepada fans Timnas Malaysia siapa anak muda yang paling mereka sukai dan jawabannya adalah Luqman Hakim.

    Ia kini terikat kontrak dengan klub Belgia, Kortrijk. Musim pertamanya di Eropa tidak mudah karena ia harus beradaptasi dengan budaya baru, iklim baru, dan bahasa baru, tetapi debut resminya di tim utama melawan Anderlecht akan menjadi hari yang tidak akan pernah dilupakan oleh anak muda itu.

    Timnas Malaysia belum merilis daftar pemainnya, namun jika ada nama Luqman Hakim, permainan Harimau Malaya bakal lebih atraktif.

     

    3 dari 4 halaman

    Suphanat Mueanta

    Jika Timnas Indonesia punya Kushedya Hari Yudo, Thailand juga punya pemain yang tak kalah apiknya, yakni Suphanat Mueanta, pemuda berusia 18 tahun yang saat ini menjadi pemain paling potensial di negaranya.

    Ia merupakan wonderkid yang bahkan dijuluki si bocah ajaib karena pada usia yang masih tergolong belia, sudah mampu berkembang pesat dan menarik simpati pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino.

    Bagaimana tidak, ia menjadi pemain termuda di Liga tertinggi Thailand saat melakoni debutnya dengan usia 15 tahun pada musim 2018 lalu.

    Suphanat Mueanta langsung tampil gemilang dan menjadi andalan bersama klubnya di Liga Thailand, Buriram United. Ia dikenal memiliki kemampuan kecepatan di atas rata-rata dan penempatan posisi yang cermat sebagai seorang ujung tombak.

    Hal itu yang membuatnya ditarik ke tim senior Thailand, meski sebelumnya merupakan anggota Timnas Thailand U-23. Suphanat Mueanta juga digadang menjadi penerus striker Teerasil Dangda yang sudah masuk dalam kategori pemain kawakan.

    Kiprah Suphanat Mueanta bersama tim nasional senior langsung dibuktikannya dengan performa impresif. Ia memborong dua gol ketika Thailand bermain imbang 2-2 dengan Tajikistan dalam laga uji coba di Uni Emirat Arab pada 29 Mei lalu.

     

    4 dari 4 halaman

    Witan Sulaeman

    Witan Sulaeman merupakan senjata utama pelatih Shin Tae-yong di posisi sayap kanan sejak di Timnas Indonesia U-19. Posisi Witan hampir tidak tergeser selama mengikuti pemusatan latihan dan laga uji coba di Kroasia.

    Witan Sulaeman memiliki kelincahan, kecepatan berlari, dan tembakan akurat sehingga sering dipercaya pelatih Shin Tae-yong. Menarik untuk melihat kiprah Witan bersama Timnas Indonesia U-23 dalam waktu dekat dan senior pada masa-masa mendatang.

    Ia menjadi satu di antara pemain tengah potensial yang dimiliki Indonesia saat ini. Bakat dan kemampuannya sudah terlihat sejak lama, hingga ia menjadi andalan lini tengah Timnas di beberapa ajang kelompok usia.

    Kini usianya telah menginjak 20 tahun, dan bisa jadi, jika terpilih masuk ke Timnas Indonesia senior, Piala AFF 2020 bakal jadi momen terbaik baginya menunjukkan kualitas aslinya.

    Video Populer

    Foto Populer