Sukses


Eks Kapten PSM, Zulkifli Syukur Ambil Kursus Kepelatihan A AFC

Bola.com, Jakarta - Para pemain sepak bola profesional di Liga 1 semakin memahami jika kelanjutan karir mereka bisa terhenti kapanpun dengan berbagai alasan.

Untuk itu, jika mereka masih ingin berkecimpung di dunia sepakbola Indonesia, maka sudah dipastikan mereka harus memiliki lisensi kepelatihan.

Seperti yang dilakukan mantan kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur yang mengambil langkah tepat untuk mengambil lisensi kepelatihan profesional.

Pria yang pernah membela Persib Bandung ini, sebelumnya sudah mengantongi lisensi kepelatihan B AFC. Kini, Zulkifli Syukur sedang mengejar lisensi kepelatihan A AFC.

"Iya, saya baru menyelesaikan modul pertama kursus kepelatihan lisensi A AFC yang dihelat di Bali dari tanggal 13 hingga 25 Juni kemarin di Bali," kata Zulkifli Syukur kepada Bola.com, Jumat (01/07/2022).

.

2 dari 5 halaman

Sampai September

Selama menjalani proses belajar modul satu, Zulkifli Syukur mengatakan tidak ada hal yang asing bagi dirinya. Pasalnya, semua materi yang diajarkan sudah menjadi santapannya saat menjalani karier sebagai pemain sepakbola.

Menurut Zulkifli pada modul pertama ini, ia diberikan materi teknik dalam kepelatihan. Bisa dikatakan, materi di modul pertama ini menjadi dasar bagi seseorang yang mempunyai cita-cita untuk melatih klub di masa mendatang.

"Proses kursusnya lama hingga bulan September mendatang. Nah, untuk modul pertama ini, tentunya saya banyak diberikan materi soal teknik kepelatihan," ungkapnya.

.

3 dari 5 halaman

Secepatnya Kantongi Lisensi A AFC

Pemain senior yang mengaku sudah mengundurkan diri dari skuad Juku Eja itu menegaskan tidak ada rencananya muluk-muluk yang dicita-citakan saat ini.

Pria yang pernah menjadi bagian dari Mitra Kukar beberapa tahun lalu ini, hanya mengatakan ingin secepatnya mengantongi lisensi A AFC.

Jika, sudah mengantongi lisensi A AFC tentu saja Zulkifli sudah bisa melatih klub Liga 2.

 

 

4 dari 5 halaman

Tujuan Semua Pemain

Namun, saat disinggung soal kans dirinya jadi pelatih kelak, Zulkifli hanya menjawab ringan dengan mengatakan bahwa menjadi bagian dari perkembangan sepakbola Indonesia adalah tujuan semua pemain yang mengambil karier pelatih di pengujung masa produktifnya.

"Untuk rencana saat ini, saya fokus dulu sama yang terdekat yaitu bagaimana secepatnya bisa mengantongi lisensi A AFC," kata Zulkifli.

"Tentu tujuan utama saya ingin menjadi bagian dari perkembangan sepakbola Indonesia dan bisa menciptakan generasi-generasi hebat secara teknik dan taktik serta cerdas dengan mental yang baik," lanjutnya mengakhiri pembicaraan.

5 dari 5 halaman

Di Mana Posisi PSM Saat Akhiri Liga 1 2021/2022?

Video Populer

Foto Populer