Sukses


Ingin Kalahkan Indonesia untuk Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Korsel Bentuk Satgas Khusus

Bola.com, Seoul - Korea Selatan tak main-main dalam rencana pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023. Demi memuluskan keinginan itu, Korsel sampai membentuk Satuan Tugas Khusus.

Menurut laporan Yonhap, tim yang diberi nama Satuan Tugas Khusus Strategi Penawaran Piala Asia 2023 dipimpin oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata.

Tim itu terdiri dari Federasi Sepak Bola Korea (KFA), Lintas kementerian terkait, dan juga pihak swasta.

Pembentukan tim ini dilakukan setelah Presiden Yon Seok-yeol memerintahkan KFA untuk maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023. Satgas ini akan bergerak cepat untuk membahas cara dan langkah strategis demi mendapatkan status tuan rumah.

"Satgas penawaran Piala Asia berencana untuk menetapkan strategi penawaran yang berbeda-beda untuk setiap periode dan wilayah," bunyi keterangan resmi Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Saat ini, tersisa tiga negara yang masih berminat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Selain Korea Selatan, ada Indonesia dan Qatar yang juga siap maju dalam pencalonan.

2 dari 5 halaman

Sudah Dikunjungi AFC

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sudah melakukan inspeksi ke Korea Selatan sebagai syarat pengajuan tuan rumah Piala Asia 2023. Kunjungan itu dilakukan pada 4-7 September lalu.

Perwakilan AFC mengunjungi Stadion Incheon, Stadion Hwaseong, dan Stadion Piala Dunia Suwon. Selain itu, AFC juga melihat fasilitas tempat latihan yang tersedia di area stadion-stadion tersebut.

KFA juga berencana melakukan renovasi dan perbaikan fasilitas dari venue-venue yang diajukan. Langkah itu dilakukan agar tim peserta nantinya bisa nyaman bertanding di Piala Asia 2023.

3 dari 5 halaman

Diputuskan 17 Oktober

AFC akan mengevaluasi penawaran dari empat calon tuan rumah oleh Administrasi AFC, sebelum diambil keputusan pada Oktober 2022 oleh Komite Eksekutif (Exco).

Sampai hari yang telah ditetapkan, kandidat dipersilakan untuk melakukan persiapan, mulai dari penetapan stadion dan kelengkapan-kelengkapan lainnya.

"Evaluasi keseluruhan dari penawaran akan dilakukan oleh Administrasi AFC sebelum pemilihan dan pengumuman tuan rumah oleh Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022," bunyi pernyataan AFC. 

4 dari 5 halaman

Australia Mundur

Australia sebelumnya  menarik diri dari pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023. Keputusan itu membuat peluang Indonesia untuk menggelar event akbar Asia itu kian terbuka lebar.

Keputusan itu secara resmi diumumkan melalui situs resmi Federasi Sepak Bola Australia pada Jumat (2/9/2022). Dalam keterangan resminya, Australia lebih tertarik untuk menjadi tuan rumah Piala Asia Wanita 2026.

"FA Australia mempertahankan minat yang kuat dalam pencalonan tuan rumah Piala Asia Wanita 2026 dan akan mengajukan penawaran resmi dan komprehensif ke AFC dalam batas waktu yang diperlukan akhir tahun ini," bunyi keterangan resmi FA Australia.

"FA Australia juga hari ini mengonfirmasi tidak akan melanjutkan penawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," tegas pernyataan tersebut.

5 dari 5 halaman

Modal Penting

Indonesia percaya diri maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023 karena digelar berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023. PSSI optimistis peluang Indonesia besar mengingat event tersebut sangat penting buat Indonesia.

PSSI juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Piala Asia 2023 rencananya bakal digelar pada 16 Juni sampai 16 Juli tahun depan.

Awalnya, turnamen tersebut digelar di China. Namun, China mundur karena ingin fokus pada penanganan pandemi COVID-19.

Video Populer

Foto Populer