Sukses


PSM Kapok, Tolak Melepas 2 Pemain ke Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Makassar - PSM Makassar resmi mengirimkan surat kepada PSSI, menolak untuk melepas Muhammad Dzaky Asraf dan Ricky Pratama. Dua wonderkid Pasukan Ramang itu dipanggil pelatih Timnas Indonesia U-20,Shin Tae-yong, untuk mengikuti TC Timnas U-20 di Turki dan Spanyol.  

Pelatih PSM, Bernardo Tavares, beralasan ada beberapa pemain muda di timnya yang bolak-balik TC Timnas. Namun ketika kembali ke klub, performa si pemain justru drop. Pengalaman itu yang membuat Bernardo kapok melepas pemain muda ke timnas, termasuk Timnas Indonesia U-20 proyeksi Piala Dunia U-20 dan Piala Asia.

"Ada pengalaman ketika tiga pemain PSM, Ricky, Rafli dan Edgard dipanggil pada waktu Piala Presiden. Setelah kembali, mereka tidak bisa berkompetisi dengan baik di dalam tim dan tidak bisa di awal-awal liga,” ungkap Bernardo, Rabu (12/10/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sebaiknya di Klub Saja

Pelatih asal Portugal itu menambahkan, Dzaky dan Ricky tetap berlatih di klub. Jika Dzaky dan Ricky atau pemain lainnya dilepas ke timnas, itu hanya untuk pertandingan yang kompetitif.

"Tentu saja kita mau pemain-pemain kita dipanggil ke Timnas hanya untuk kompetisi serius," lanjut Bernardo. 

Seperti diketahui, sebanyak 34 pemain Timnas Indonesia U-20 Indonesia disiapkan pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Eropa yakni Turki dan Spanyol. Dari 34 pemain itu, dua di antaranya adalah pemain PSM Makassar, Muhammad Dzaky Asraf dan Ricky Pratama.  

Bagi Dzaky, ini adalah kali kedua dipanggil Shin Tae-yong. Kesempatan pertama, saat Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Saat itu, Dzaky urung bergabung karena tak dilepas PSM Makassar. 

Meski tak ikut berperan meloloskan Timnas U-20 ke putaran final Piala AFC U-20, Shin Tae-yong tak mengabaikan Dzaky. Begitu juga dengan Ricky. Ia malah bolak-balik TC timnas Garuda Muda. Namun akhirnya dicoret jelang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. 

"Jadi saya juga berpikir mereka kadang dipanggil untuk pertandingan friendly match. Padahal setelah ada pertandingan kompetitif, mereka tidak dipanggil. Mereka sudah tidak berkembang di sana, setelah kembali kita tidak bisa pakai mereka," demikian pungkas Bernardo.   

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-20

1. Achmad Maulana

2. Aditya Arya

3. Ahmad Rusadi

4. Alfriyanto Nico

5. Arkhan Fikri

6. Arsa Ramadan

7. Aulia Ramadhan

8. Barnabas Sobor

9. Cahya Supriadi

10. Daffa Fasya

11. Dimas Juliono

12. Dony Tri

13. Erlangga Setyo

14. Ferdiansyah

15. Frengky Missa

16. Frezy Al

17. Ginanjar Wahyu

18. Hokky Caraka

19. Muhamad Rayhan

20. Kadek Arel

21. Kakang Rudianto

22. Mohammad Akrom

23. Mochamad Widi

24. Marcell Januar

25. Marselino Ferdinan

26. Muhammad Dzaky

27. Muhammad Ferarri

28. Rabbani Tasnim

29. Rahmat Beri

30. Ricky Pratama

31. Robi Darwis

32. Ronaldo Kwateh

33. Fachrezi Aziz

34. Zanadin Fariz

4 dari 4 halaman

Rencana TC di Eropa

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memanggil 34 pemain untuk pemusatan latihan di Turki dan Spanyol dalam waktu dekat.

Timnas Indonesia U-20 akan menggelar training center di Antalya, Turki pada 10 Oktober-5 November 2022.

Sesudah itu, Timnas Indonesia U-20 bakal melanjutkan pemusatan latihan di Malaga, Spanyol pada 5 November-4 Desember 2022.

Namun, jadwal training center Timnas Indonesia U-20 di Turki mengalami sedikit perubahan.

Video Populer

Foto Populer