Sukses


5 Faktor Penentu Tottenham Hotspur Agar Bisa Mencuri Poin di Markas Liverpool: Ketajaman Lini Serang dan Parkir Bus Mourinho

Bola.com, Jakarta - Tottenham Hotspur bakal menjalani laga penting pada pekan 13 Premier League, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB. Tottenham bertandang ke Anfield untuk menghadapi Liverpool yang kini menjadi ancaman terdekat mereka.

Tottenham Hotspur saat ini memang berada di puncak klasemen sementara Premier League. Namun, posisi Spurs tidak aman. Liverpool yang berada di peringkat kedua memiliki jumlah poin yang sama. Selisih gol menjadi pembeda yang membuat Spurs lebih unggul daripada The Reds.

Apalagi Liverpool tidak pernah kalah dalam lima laga terakhir mereka di semua kompetisi. Namun, Tottenham punya catatan yang tidak kalah bagus. Tim asuhan Jose Mourinho itu tidak pernah kalah dalam 10 laga beruntun di semua kompetisi.

Sebagai tuan rumah, dengan rekor bagus dalam laga kandang, Liverpool memiliki peluang untuk menang. Namun, tim tamu yang dibawa oleh Jose Mourinho juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Apa yang menjadi peluang Tottenham Hotspur untuk meraih kemenangan dalam laga kontra Liverpool?

Video

2 dari 6 halaman

Peran Baru Harry Kane

Harry Kane kini tengah menikmati peran barunya bersama Tottenham Hotspur. Jose Mourinho mengubah peran Harry Kane dari No.9 murni menjadi deep-lying forward. Kane kini bergerak lebih dalam.

Harry Kane akan menjadi sasaran umpan saat Tottenham melakukan serangan balik. Bukan sebagai eksekutor peluang, tapi dari Kane menjadi penentu arah serangan. Dia yang kemudian melakukan distribusi bola.

Pemain 27 tahun memang bermain lebih ke tengah, tapi naluri golnya tidak luntur. Sejauh ini, Harry Kane telah mencetak sembilan gol dan 10 assist di Premier League. Kane akan menjadi ancaman serius bagi Liverpool.

3 dari 6 halaman

Duo Winger

Gareth Bale memang belum tampil sesuai harapan bersama Tottenham. Namun, Jose Mourinho tetap memiliki barisan winger dengan kemampuan yang istimewa. Dua nama yang tampil bagus, yakni Son Heung-min dan Steven Bergwijn.

Keduanya punya peran berbeda di lapangan. Son lebih fokus untuk membantu serangan, bersama Harry Kane. Sedangkan, Bergwijn acap kali diminta turun ketika Tottenham dalam tekanan lawan.

Selain dua nama tersebut, masih ada Lucas Moura yang juga bermain apik. Pemain berusia 28 tahun itu punya pergerakan yang cair dan bisa membantu timnya mencetak gol.

4 dari 6 halaman

Lini Tengah Solid

Jose Mourinho memang tidak membeli banyak pemain top pada awal musim 2020/2021. Namun, manajer asal Portugal itu mendapatkan pemain sesuai dengan kebutuhan dan mengembangkan pemain yang ada.

Masuknya Pierre-Emile Hojbjerg membawa dampak besar. Pemain asal Denmark tidak tergantikan dalam 12 laga yang sudah dimainkan Tottenham di Premier League musim ini.

Tanguy Ndombele dan Moussa Sissoko juga bermain bagus di bawah arahan Jose Mourinho.

Satu nama yang tidak boleh dilupakan adalah Giovani Lo Celso. Pemain asal Argentina itu bisa mengubah jalannya laga saat dimainkan pada babak kedua. Saat Tottenham menang atas Manchester City, dia mencetak satu gol yang sangat penting.

5 dari 6 halaman

Parkir Bus

Ciri khas tim yang ditangani oleh Jose Mourinho adalah memiliki pertahanan yang solid. Tottenham Hotspur memilikinya pada musim 2020/2021.

Tottenham kini menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di Premier League. Mourinho memiliki duet yang solid dalam diri Toby Alderweireld dan Eric Dier.

Sergio Reguilon juga tampil bagus di posisi bek kiri. Kemudian ada Serge Auirer yang performanya meningkat pesat.

Taktik 'parkir bus' dilakukan dengan sukses ketika Tottenham Hotspur berjumpa Manchester City dan Chelsea. Sangat mungkin 'parkir bus' ala Tottenham juga bakal meredam Liverpool.

6 dari 6 halaman

Performa Bagus Menghadapi Tim Besar

Tottenham Hotspur memang memiliki catatan yang buruk saat berjumpa Liverpool dalam lima pertemuan terakhir kedua tim. Tottenham selalu kalah dan hanya mampu mencetak tiga gol ke gawang The Reds.

Namun, Tottenham adalah tim yang berbeda pada musim ini. Tottenham acap kali tampil solid ketika bersua lawan berat. Satu di antaranya ketika menang 6-1 atas Manchester United di Old Trafford.

Tottenham Hotspur juga menang atas Arsenal dan Manchester City. Selain itu mereka mampu menahan imbang Chelsea. Catatan apik itu membuat Tottenham punya peluang untuk menang atas Liverpool.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 16/12/2020)

Video Populer

Foto Populer