Sukses


5 Transfer Terbaik Liverpool di Era Premier League: Dari Coutinho hingga Virgil van Dijk

Bola.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun, Liverpool bisa dikatakan telah membuat sejumlah kesepakatan terbaik yang pernah ada dalam sejarah Premier League.

Bahkan dalam waktu kurang dari lima tahun, Jurgen Klopp berhasil membangun Liverpool menjadi tim yang mampu menjadi penantang dan sukses menjuarai Premier League dan Liga Champions.

Ada tekanan besar kepada klub untuk terus mengeluarkan dana demi bisa memastikan Liverpool mengimbangi Manchester City yang mengeluarkan banyak uang dan beberapa kali mengalahkan The Reds dalam perburuan gelar liga dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, secara umum, petinggi klub tetap bersikap tenang dan hanya memenuhi kesepakatan yang diperlukan dengan harga yang tepat.

Namun, bursa transfer manakah di era Klopp yang terbaik dan bagaimana perbandingannya dengan ketika Liverpool ditangani Rafael Benitez dan Brendan Rodgers?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Luis Diaz

 

Ketika Liverpool mencium kemungkinan perginya Sadio Mane dari Anfield karena tidak ingin memperpanjang kontrak yang sudah memasuki tahun terakhir, dan menyadari bahwa sudah waktunya menjual pemain berusia 30 tahun itu, target baru pun ditetapkan.

Pemain sayap yang eksplosif dari Porto pun dibidik dan didatangkan. Luis Diaz, pemain asal Kolombia yang direkrut Liverpool dari Porto pada Januari 2022 mampu mencetak empat gol dan tiga assist dalam separuh terakhir musim debutnya.

Kehadiran Luis Diaz memang benar-benar menjadi solusi bagi Liverpool yang akhirnya menlepas Sadio Mane ke Bayern Munchen dengan harga 27,5 juta pound pada musim panas 2022.

3 dari 8 halaman

Dominik Szoboszlai

 

Musim panas 2023 menjadi periode yang sibuk bagi Liverpool. Mereka melakukan perombakan cukup besar-besaran dengan sejumlah pemain, seperti Fabinho dan Jordan Henderson pergi ke Arab Saudi.

Sementara James Milner, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain dan Roberto Firmino pergi dengan status bebas transfer.

Namun, hadir sejumlah nama besar baru. Dominik Szoboszlai menjadi nama terbesar yang datang di Anfield pada saat itu, bersama Alexis Mac Allister, Ryan Gravenberch, dan pemain asal Jepang, Wataru Endo.

Kehadiran mereka memberikan warna baru bagi lini tengah Liverpool. Selain itu hal positif bagi Liverpool adalah penolakan terhadap klub Arab Saudi yang menginginkan Mohamed Salah.

4 dari 8 halaman

Philippe Coutinho

Tidak hanya di era Jurgen Klopp menjadi manajer Liverpool, tetapi ada pula masa-masa di mana Brendan Rodgers menjadi kepala di kepelatihan The Reds.

Saat itu pada bursa transfer musim dingin 2013, ada Daniel Sturridge yang direkrut dengan harga 12 juta dan Philippe Coutinho yang datang hanya dengan harga 8,5 juta pound.

Philippe Coutinho mampu memperlihatkan performa yang bagus bersama Liverpool. Bahkan ia menjadi penjualan termahal Liverpool pada lima tahun kemudian, di mana pemain asal Brasil itu dilepas ke Barcelona.

5 dari 8 halaman

Mohamed Salah

 

Pada musim panas 2017, Liverpool bisa dibilang melakukan rekrutan terbaik sepanjang era Premier League. Mohamed Salah yang sedang dalam performa terbaik di AS Roma kembali ke Inggris untuk bergabung bersama Liverpool.

Pemain asal Mesir yang sempat gagal bersama Chelsea itu direkrut The Reds dengan harga 43,9 juta pound dan sukses menjadi rekrutan yang sangat bagus. Ia menjadi pencetak gol terbanyak Liverpool dalam sejarah Premier League setelah enam tahun berada di Anfield.

Pada musim panas ketika Mohamed Salah datang, Jurgen Klopp juga hanya membayar 10 juta pound untuk mendatangkan Andy Robertson yang bermain bagus di sisi sayap pertahanan Liverpool.

6 dari 8 halaman

Virgil van Dijk

 

Beberapa bulan setelah Liverpool mendatangkan Mohamed Salah, Liverpool kembali melakukan rekrutan yang bagus.

Jurgen Klopp memperbaiki lini pertahanna The Reds dengan mendatangkan Virgil van Dijk yang menjadi pemain termahal Liverpool dari Southampton pada bursa transfer musim dingin Januari 2018.

Virgil van Dijk direkrut dengan harga mencapai 75 juta pound. Pemain asal Belanda itu pun kemudian dengan cepat menjadi bek tengah terbaik di dunia, membantu Liverpool menjuarai Liga Champions dan Premier League serta menjadi kapten tim pada 2023.

Sumber: Give Me Sport

7 dari 8 halaman

Cara Legal Menyaksikan Premier League

Selama dua tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

8 dari 8 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer