Sukses


    Profil Kota Penyelenggara Piala Dunia 2018: Saint Petersburg

    Bola.com, Jakarta Pada 27 Mei 2018 yang akan datang, kota Saint Petersburg bakal merayakan hari ulang tahun ke-315. Artinya, salah satu kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 ini didirikan tahun 1703 silam. Saint Petersburg memiliki khazanah sejarah yang panjang dan beberapa kali berganti nama.

    Sankt Petersburg, nama kota tersebut dalam ejaan lokal, selama ini sangat identik dengan sosok Peter Yang Agung (Peter the Great). Sebab, dialah yang menginisiasi pendirian kota Saint Petersburg. Kota ini pernah jadi pusat pemerintahan Rusia selama beberapa waktu.

    Dalam pentas sepakbola, kota ini identik dengan klub FC Zenit Saint Petersburg. Klub ini dalam beberapa musim terakhir cukup familiar karena kerap bermain di Liga Champions maupun di Liga Europa. Zenit tercatat pernah lima kali menjadi juara Liga Rusia sepanjang sejarah klub.

    Zenit pernah diperkuat oleh beberapa pemain top dunia. Yang paling ikonik tentu saja sosok Hulk. Pemain asal Brasil itu cukup dikenal bersama Zenit lantaran punya tendangan yang sangat keras. Selain itu, ada juga Andrey Arshavin yang pernah bersinar di Arsenal. Zenit merupakan klub papan atas Rusia yang kini dilatih oleh Roberto Mancini.

    Kembali ke kota Saint Petersburg, kota ini pernah dua kali berganti nama menjadi Petrograd (1914-1924) dan Leningrad (1924-1991). Nama yang disebut kedua tentu saja identik dengan salah pemimpin Rusia, atau lebih tepatnya Uni Soviet, Vladimir Lenin. Peduduk kota Saint Petersburg dikenal dengan jiwa yang heroiknya.

    Saint Petersburg dibangun di atas Sungai Neva, jadi terdapat banyak kanal yang indah di kota. Tak heran, kota ini juga kerap mendapatkan julukan sebagai 'The Venice of the North'. Kota terbesar kedua di Rusia ini punya banyak destinasi wisata yang menarik. Baik itu yang modern maupun berbau sejarah dan budaya.

     

    Bagi warga Indonesia, salah satu destinasi yang menarik tentu saja Blue Mosque atau Masjid Biru. Keberadaan masjid ingin sangat lekat dengan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Pada tahun 1956, Bung Karno datang ke Rusia dan melihat sebuah bangunan masjid yang dijadikan gudang. Bung Karno lantas meminta pemerintah Rusia mengembalikan bangunan tersebut menjadi masjid kembali.

    Selain itu, beberapa tempat ikonik lain dari kota Saint Petersburg antara lain, Peter the Great Monument, Saint Isaac's Cathedral, The Rostral Columns, Church of the Saviour dan jangan lupa untuk berkeliling Sungai Neva. Keindahan sungai ini bisa dilihat pada adegan awal film Jupiter Ascending [2015].

    Dan, salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan terkait dengan Piala Dunia 2018 tentu saja Saint Petersburg Stadium atau Stadion Krestovsky. Stadion ini akan menjadi tuan rumah beberapa laga penyisihan grup hingga laga perebutan tempat ketiga. Stadion ini selesai dibangun pada tahun 2017 lalu.

    A. Nama kota: Saint Petersburg

    Nama Stadion: Saint Petersburg Stadium / Stadion Krestovsky

    Jumlah Penduduk: 5,4 juta jiwa

    B. Jadwal pertandingan di Saint Petersburg

    1. Maroko Vs Iran (Grup B / 15 Juni 2018)

    2. Rusia Vs Mesir (Grup A / 19 Juni 2018)

    3. Brasil Vs Kosta Rika (Grup E / 22 Juni 2018)

    4. Nigeria Vs Argentina (Grup D / 26 Juni 2018)

    5. Juara Grup F Vs Runner-up Grup E (Babak 16 Besar / 3 Juli 2018)

    6. Semifinal (10 Juli 2018)

    7. Perebutan Tempat Ketiga (14 Juli 2018)

    Sumber: Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer