Sukses


Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Setiap manusia secara hakiki telah memiliki hak dan kewajiban sejak lahir. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang atau tidak boleh berat dalam kehidupan setiap orang.

Hak adalah sesuatu yang seharusnya diterima oleh seseorang. Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang.

Hak dan kewajiban yang dimiliki setiap orang berbeda-beda sesuai kedudukannya, termasuk juga anak.

Seiring dengan perkembangannya, anak juga memiliki hak dan kewajiban di rumah yang harus dipenuhi sesuai posisinya. Tujuannya supaya keharmonisan lingkungan keluarga tetap terjaga.

Sebagai informasi, hak dan kewajiban warga negara diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, sebagai contoh pada pasal 28 E ayat 1 bahwa, "Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali".

Sedangkan menurut pasal 28 J ayat 1 menyatakan bahwa, "Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain".

Lantas, ada yang tahu apa saja hak dan kewajiban anak di rumah?

Berikut ini contoh hak dan kewajiban anak di rumah yang perlu diketahui orang tua, dikutip dari laman Rifanfajrin dan Nuroehi, Rabu (28/9/2022).

2 dari 6 halaman

Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

1. Membantu Orang Tua

Sebagai seorang anak memiliki kewajiban untuk membantu orang tua saat dalam keadaan sulit serta melaksanakan perintahnya.

Demi menjaga perasaan orang tua, lakukan apa yang diperintahkan oleh mereka dengan cara melakukan hal-hal yang tidak merugikan orang lain.

2. Mendoakan Orang Tua

Orang tua kita merupakan sosok manusia paling berharga dan perlu kita jaga. Umur orang tua yang makin bertambah biasanya membuat daya tahan tubuhnya makin menurun sehingga dapat membuat mereka rentan terkena sakit.

Maka itu, sebagai seorang anak mempunyai kewajiban untuk selalu mendoakannya. Meminta kepada Tuhan agar orang tua kita selalu diberi kesehatan, kebahagiaan, dan umur yang panjang.

Selain itu, bagi yang orang tuanya sudah meninggal dunia, sebagai anak juga wajib untuk berziarah dan mendoakannya.

3 dari 6 halaman

Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

3. Setiap Anak Berhak Mendapatkan Cinta dan Kasih Sayang

Dicintai merupakan hal paling utama yang harus diterima seorang anak dari kedua orang tuanya. Seorang anak akan merasakan cinta dan dikasih sayang dari orang tuanya berupa pelukan maupun ungkapan sayang.

Untuk para orang tua yang memiliki anak lebih dari satu, jangan pernah membeda-bedakan rasa cinta dan kasih sayang terhadap anak.

Dengan begitu sang anak dapat tumbuh dengan penuh kasih sayang dan cinta kepada lingkungan sekitarnya serta orang-orang terdekat.

4. Anak Berhak Mendapatkan Perhatian

Seorang anak tidak hanya membutuhkan kecukupan berupa materia saja. Anak juga memerlukan perhatian dari kedua orang tua. Sesibuk apa pun orang tua, harus memberikan perhatian yang cukup terhadap sang anak.

4 dari 6 halaman

Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

5. Anak Berhak Diterima sebagai Individu yang Berbeda

Setiap anak memiliki perbedaan dengan saudara kandungnya, baik itu sifat maupun karakter. Hal ini jangan sampai membuat para orang tua pilih kasih terhadap anak.

Peran orang tua hanya perlu meluruskan jika ada perilaku yang salah, dan bukan menyalahkan, serta mendidik dengan cara yang sama.

6. Membahagiakan Orang Tua

Orang tua akan merasakan senang apabila anaknya mampu melakukan hal-hal yang dapat membuat perasaan dan hidupnya bahagia.

Ajaklah mereka untuk liburan, jalan-jalan, membelikan hadiah, berkumpul bersama, dan tertawa bersama anak-anaknya.

Orang tua tentu akan berpikir bahwa di hidupnya masih diperhatikan dan berhasil mendidik anaknya dengan menanamkan sikap balas budi.

5 dari 6 halaman

Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

7. Belajar di Rumah

Selain di sekolah seorang anak juga mempunyai kewajiban belajar di rumah. Hal ini dilakukan agar apa yang diajarkan di sekolah jadi lebih paham.

8. Saling Menghormati Sesama Anggota Keluarga

Sebagai satu di antara anggota keluarga wajib menghargai dan menghormati sesama anggota keluarga yang lainnya, baik itu kepada orang tua, kakak, dan adik.

Rasa sayang yang ada pada anggota keluarga dapat menjalin hubungan tali persaudaraan yang baik pula sehingga akan terwujud keluarga yang harmonis.

6 dari 6 halaman

Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

9. Mendapatkan Perlindungan dan Keamanan

Seorang anak berhak mendapatkan perlindungan dan keamanan. Satu di antaranya, saat ayah atau ibu melarang anaknya untuk pergi ke suatu tempat. Hal ini merupakan satu di antara bentuk perlindungan dari kedua orang tua kepada anaknya.

10. Anak Berhak Mendapatkan Pendidikan

Mendapatkan pendidikan sangat dibutuhkan bagi anak, baik di sekolah maupun di rumah. Anak perlu mengetahui hal-hal baik dan buruk untuk dirinya. Menyekolahkannya juga membuat anak bisa mendapatkan pendidikan yang lebih luas, pengalaman, dan sahabat-sahabat yang baru.

 

Sumber: Rifanfajrin, Nuroehi

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer