Sukses


Macam-Macam Organel Sel pada Hewan dan Tumbuhan

Bola.com, Jakarta - Organel sel merupakan benda-benda kecil dari struktur sel. Sementara, sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, sel adalah bagian atau bentuk terkecil dari organisme, terdiri atas satu atau lebih inti, protoplasma, dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel.

Sel pada tubuh makhluk hidup akan selalu mengalami regenerasi. Jadi, jika terdapat sel yang mati akan tergantikan oleh sel baru.

Namun, jika dalam satu organ ada banyak sel yang rusak atau mati, fungsi organ bisa terganggu. Fungsi organel sel yang utama adalah bekerja demi membuat sel yang ada dalam makhluk agar tetap hidup.

Organel sel tidak hanya ada pada manusia saja, tetapi juga terdapat pada hewan dan tumbuhan. Ada beberapa kesamaan organel sel yang dimiliki oleh sel tumbuhan dan sel hewan.

Organel sel pada makhluk hidup terdiri dari beberapa macam. Apa saja macam-macam organel sel?

Berikut ini macam-macam organel sel pada hewan dan tumbuhan, dilansir dari Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VIII terbitan Kemdikbud, Senin (30/1/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Organel Sel

Sel Membran

Sel membran dimiliki oleh sel hewan maupun sel tumbuhan. Sel membran berfungsi untuk mengontrol keluar masuknya bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel.

Bahan-bahan yang dibutuhkan berupa partikel makanan, air, oksigen, dan sisa-sisa proses metabolisme tubuh.

Sel membran juga bertindak sebagai pembatas antara sel dengan lingkungan luar. 

Dinding Sel

Dinding sel adalah bagian terluar dari sel tumbuhan yang berfungsi melindungi sel tumbuhan. Dinding sel hanya dimiliki oleh tumbuhan dan beberapa organisme bersel satu.

Dinding sel ini bersifat kaku sehingga membuat tumbuhan tidak bisa bergerak bebas seperti hewan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Organel Sel

Nukleus

Sel tidak memiliki otak, tetapi mempunyai sesuatu yang bekerja dan berfungsi seperti otak, dialah inti sel atau biasa disebut nukleus.

Nukleus terdapat pada sel tumbuhan maupun pada sel hewan, dan berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel.

Mitokondria

Kalian bisa berlari, bermain, belajar, dan melakukan serangkaian aktivitas lainnya karena memiliki energi.

Mitokondria yang terdapat dalam sel hewan dan tumbuhan adalah bagian dari sel yang memproduksi energi tersebut melalui proses respirasi sel, seperti layaknya perusahaan listrik yang menyalurkan energi listrik ke rumah-rumah, begitupun mitokondria.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Organel Sel

Vakuola

Sel menyimpan air, makanan, dan sisa-sisa hasil metabolisme di dalam vakuola. Vakuola di dalam sel tumbuhan jauh lebih besar dibandingkan sel hewan karena berfungsi untuk menyimpan hasil fotosintesis. 

Vakuola itu dibungkus sama tonoplas. Tonoplas ini merupakan lapisan terluar atau membran luarnya vakuola. 

Kloroplas

Organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan ini mengandung zat warna hijau daun yang biasa disebut klorofil.

Dengan adanya klorofil maka kloroplas berperan dalam proses fotosintesis yang menghasilkan makanan berupa glukosa.

Sitoplasma

Cairan seperti agar-agar yang menyebar di seluruh bagian sel dan tempat terjadinya reaksi kimia di dalam sel, disebut sitoplasma.

Ibarat semangkuk sup; sitoplasma adalah kuah dari sayur sup tersebut. Sitoplasma mengisi ruang-ruang kosong di antara bagian-bagian sel.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer