Sukses


Pengertian dan Sejarah Olahraga Panahan

Bola.com, Jakarta - Panahan merupakan cabang olahraga yang menggunakan busur sebagai alat menembak anak panah yang diarahkan pada sebuah target dengan jarak tertentu.

Untuk melakukan olahraga panahan, kita membutuhkan ketahanan, kekuatan, dan juga fokus agar dapat mencapai target secara tepat.

Panahan telah menjadi satu di antara cabang olahraga yang diminati masyarakat, dari usia muda hingga dewasa. Pasalnya, panahan menjadi satu di antara olahraga rekreasi yang menyenangkan.

Panahan memiliki manfaat yang sangat beragam, terutama bagi kesehatan. Jadi, olahraga panahan tidak hanya bisa ditemukan di kejuaraan saja.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang olahraga panahan. Setelah mengetahui pengertian dari panahan, kamu perlu mempelajari juga sejarahnya.

Berikut ini rangkuman mengenai pengertian beserta sejarah olahraga panahan, yang menarik diketahui, dilansir dari laman Penjasology dan Gurupenjaskes, Rabu (8/3/2023).

2 dari 3 halaman

Sejarah Panahan secara Umum

Pada 100.000 tahun lalu terdapat suku Neanderathal telah menggunakan busur dan panah untuk melakukan perburuan serta pertahanan hidup dari serangan bahaya yang mengancam.

Para ahli purbakala dalam penggalian di Mesir juga menemukan tubuh seorang prajurit Mesir Kuno yang tewas terkena anak panah. Data menunjukkan bahwa kejadian itu terjadi kira-kira 2100 tahun sebelum masehi.

Literatur lain menuliskan bahwa sampai kira-kira tahun 1600 sesudah Masehi, busur dan panah merupakan senjata utama setiap negara dan bangsa untuk berperang.

Ada dua pendapat mengenai sejarah panahan ini, yang pertama berpendapat bahwa panah dan busur mulai dipakai dalam peradaban manusia sejak "era mesolitik" atau kira-kira antara 5000-7000 tahun yang silam, sedangkan pendapat kedua memercayai bahwa panahan lebih awal dari masa itu, yaitu dalam "era paleolitik" antara 10.000-15.000 tahun yang lalu.

Terlepas dari mana yang benar, yang jelas bahwa sebelum panahan menemui bentuknya sebagai olahraga seperti yang kita kenal saat ini, ternyata panahan telah melalui masa pertumbuhan yang panjang.

Di masa modern, panahan tidak lagi digunakan sebagai alat berburu dan senjata perang. Panahan sudah dialihfungsikan menjadi sebuah olahraga yang pastinya menyehatkan tubuh.

Pada 1600-an, olahraga ini sangat populer di Inggris. Turnamen memanah kali pertama diselenggarakan di Yorkshire, Inggris, pada 1673.

Pada 1760, dibentuk organisasi panahan di Inggris dan sejak itulah diselenggarakan turnamen panahan setiap tahunnya.

Pada 1844, diselenggarakan perlombaan panahan kejuaraan nasional Inggris yang pertama di bawah nama GNAS (Grand National Archery Society).

3 dari 3 halaman

Sejarah Panahan di Indonesia

Sejarah munculnya olahraga panahan di Indonesia belum diketahui secara pasti. Namun, jika melihat berbagai cerita-cerita rakyat terdahulu, berbagai tokoh dalam kisah tersebut digambarkan telah menggunakan busur dan panah.

Sebut saja Arjuna, Sumantri, Ekalaya, Dipati Karno, dan juga Srikandi. Para tokoh-tokoh ini terkenal dengan senjata panah dan busurnya dalam cerita.

Dalam sejarah PON, cabang olahraga panahan sering dimasukkan sebagai jenis olahraga yang diperlombakan. Kemudian, dari catatan sejarah panahan di Indonesia, olahraga panahan ini memiliki sebuah organisasi.

Organisasi panahan di Indonesia baru dibentuk pada 12 Juli 1953. Organisasi itu bernama Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) dan diresmikan di Yogyakarta oleh Sri Paku Alam VIII.

Setelah terbentuk dan berkembangnya organisasi Perpani, berbagai pihak pun mengambil langkah untuk ikut bergabung dengan anggota FITA (Federation Internationale de Tir A L’Arch). Indonesia akhirnya resmi bergabung dengan FITA sekitar tahun 1959 di Oslo, Norwegia.

Kejuaraan panahan nasional pertama kali diselenggarakan pada 1959 di Surabaya. Meski begitu, sebenarnya panahan sudah dilombakan saat Pekan Olahraga Nasional pertama (PON I) pada 1948.

Sejak itulah, panahan menjadi olahraga yang cukup populer di Indonesia, bahkan memiliki atlet-atlet berprestasi.

Prestasi yang luar biasa terjadi pada Olympic Games di tahun 1988 yang bertempat di Seoul. Saat itu, tim putri Indonesia berhasil meraih medali perak untuk kali pertama di ajang internasional.

 

Sumber: Penjasology, Gurupenjaskes

Dapatkan artikel sejarah dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer