Sukses


Daftar Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Buah dewandaru mungkin kurang familer bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi zaman sekarang. Penjualan buah ini memang tak seperti buah "pada umumnya", seperti apel, jeruk, mangga, semangka, dan sebagainya yang mudah didapatkan dan beli di berbagai pusat perbelanjaan.

Buah dewandaru memiliki nama Latin Eugenia uniflora, dan biasa disebut pitanga, Surinam cherry, hingga ceri Brasil.

Buah dewandaru ditemukan di kawasan Amerika Latin, seperti Brasil, Argentina, dan Paraguay.

Bentuk buah ini seperti labu, tetapi berukuran kecil seperti buah ceri. Rasa buah ini asam hingga manis, tergantung jenisnya. Dalam satu pohon yang bisa tumbuh hingga mencapai tujuh meter, buah dewandaru ada yang berwarna ungu tua, kuning, merah, dan hijau.

Di sisi lain, di masyarakat Jawa, pohon dewandaru memiliki mitos sebagai pohon pembawa berkah. Apabila kamu kejatuhan bagian dari pohon tersebut, semisal buah, daun, maupun rantingnya, kamu akan mendapat keberuntungan.

Terlepas dari mitos tersebut, kendati mungil, buah dewandaru memiliki kandungan nutrisi besar dan karenanya, memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Beberapa vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah dewandaru antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, B2, dan B3.

Lantas apa saja manfaat buah dewandaru bagi kesehatan, yang sayang untuk dilewatkan?

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar manfaat buah dewandaru untuk kesehatan, disadur dari Dream, Jumat (17/6/2023).

2 dari 5 halaman

Kandungan dalam Buah Dewandaru

Berikut berbagai kandungan di dalam buah dewandaru yang perlu diketahui agar kamu bisa mengambil manfaat darinya:

  • Karbohidrat 12,96 gram
  • Energi Total 57 Kkal
  • Protein 1,38 gram
  • Air 157 gram
  • Lemak total 0,69 gram
  • Niasin 0,338 mg
  • Magnesium 21 mg
  • Kalsium 16 mg
  • Sodium 5 mg
  • Kalium 1094 IU
  • Besi 0,35 mg
  • Fosfor 19 mg
  • Vitamin C 178 mg
  • Vitamin B1 0,052 mg
  • Vitamin B2 0,069 mg
  • Vitamin B3 0,519 mg
  • Vitamin A 2595 IU
  • Kaempferol 0,7 mg
  • Myricetin 5,8 mg
  • Quersetin 10 mg
3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

Setelah mengetahui nutrisi di dalamnya, berikut beberapa manfaat buah dewandaru untuk kesehatan:

1. Mengurangi Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sangat mengganggu waktu istirahat. Apabila kamu mengalami masalah insomnia, coba untuk mengambil manfaat dari buah dewandaru.

Buah dewandaru bisa memperbaiki pola tidur yang berantakan. Selain itu bisa membantu mengatasi insomnia.

Kandungan melatonin di dalam buah dewandaru berperan mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Alhasil mengonsumsi buah dewandaru secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidurmu.

2. Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Buah dewandaru bagus untuk meningkatkan fungsi paru-paru Sehingga akan mencegah paru-paru tertular penyakit atau infeksi tertentu.

Kandungan zat anti-inflamasi di dalamnya berperan penting dalam mengobati peradangan pada paru-paru.

Buah ini juga membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan dapat membantu mengobati penyakit paru obstruktif kronis. Bagi kamu yang punya masalah pada paru-paru, tidak ada salahnya mengonsumsi buah dewandaru secara rutin.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi buah dewandaru bisa menjadi satu di antara solusi untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Buah dewandaru berperan sebagai zat yang membantu mengeringkan sekresi untuk pengobatan diare dan penyakit pencernaan lain.

Tak hanya itu, buah dewandaru bersifat antiseptik dan astringen yang bisa mengatasi gangguan pencernaan jika rutin dikonsumsi. Bahkan kulit batang dari tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk pengobatan kesehatan saluran cerna.

4. Mencegah Risiko Stroke dan Jantung

Kandungan antioksidan seperti likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-carotene dan rubixanthin di dalam buah dewandaru berfungsi melawan radikal bebas. Selain itu juga mencegah risiko berbagai penyakit berbahaya, di antaranya stroke dan sakit jantung.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Buah dewandaru bisa dijadikan makanan sehat yang mencegah kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu melawan radikal bebas pemicu kanker. Sementara itu vitamin C yang terkandung di dalamnya juga sangat membantu dalam mengurangi kemungkinan kanker.

Studi menunjukkan, asupan vitamin C secara teratur membantu mengurangi kemungkinan paru-paru, tenggorokan, mulut, rektum, kerongkongan, pita suara dan kanker perut.

 

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah dewandaru bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin C dan vitamin A bagus untuk mata.

Vitamin C yang tinggi pada buah ini dapat meningkatkan pasokan darah ke area mata. Mengonsumsi buah dewandaru dapat mencegah risiko gangguan mata seperti katarak.

7. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat buah dewandaru selanjutnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya bermanfaat melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu terhindar dari berbagai risiko penyakit akibat infeksi bakteri maupun virus.

8. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat buah dewandaru juga diyakini bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan di dalamnya berfungsu melambat tanda penuaan.

Vitamin A dalam buah dewandaru dapat mengurangi keriput dan memperlancar aliran darah menuju permukaan kulit, juga mampu mengurangi produksi sebum yang berlebihan dan mengurangi jerawat.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 25/8/2022)

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer