Sukses


Fakta di Balik Kemenangan Valentino Rossi di Silverstone

Bola.com, Silverstone - Valentino Rossi sukses meraih podium pertama dalam lanjutan MotoGP di sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (30/8). Pebalap tim Yamaha itu menang dalam balapan yang berlangsung dalam kondisi basah karena hujan.

Meski menang, Rossi mengaku sempat tak yakin sebelum tampil di Silverstone. Ia hanya menduduki posisi start ke empat di belakang Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa.

Namun hujan rupanya membawa keberuntungan buat Rossi. Sepanjang jalannya lomba, juara dunia tujuh kali ini tampil meyakinkan dan nyaris tak berbuat kesalahan.

"Saya bangun di pagi hari sebelum lomba. Saat melihat hujan turun, saya tak tahu apakah hal itu merupakan hal yang bagus atau tidak, karena selama musim ini berjalan kami tak punya banyak data soal lomba dalam kondisi basah," ucap pria Italia berusia 36 tahun ini.

Saat turun berlomba di trek yang basah, nyatanya Rossi tampil dominan. Ia bisa menyusul semua rivalnya di depan dan memimpin lomba sejak lap kedua.

"Awalnya saya merasa sedikit takut saat start. Dingin, sedikit hujan, kondisi trek basah dan saya memakai ban slick. Tapi saat hujan turun semakin deras dan start harus diulang, saya tahu punya peluang buat menang," lanjut Rossi, seperti dikutip crash.

Rossi sempat bertarung ketat dengan Marquez. Namun tekanan dari juara dunia bertahan itu tak berlangsung lama karena ia terjatuh di lap ke-12.

Setelah Marquez terjatuh, Rossi unggul jauh dari Danilo Petrucci. Namun pebalap berjuluk The Doctor itu mengaku terlena. Sehingga saat melintasi garis finis, Petrucci bisa mendekat hingga berselisih 1,5 detik saja.

"Dalam MotoGP tak ada yang bisa santai. Semuanya ingin saling mengalahkan. Saya salah karena sempat menurunkan kecepatan selama satu lap, karena sadar punya banyak keunggulan waktu. Namun setelah itu saya kembali berkonsentrasi dan bisa finis paling depan," ucap Rossi.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Rossi di Silverstone. Ia kini unggul 12 poin dari rival terdekat yang juga rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

"Saya menang karena didukung tim yang hebat dalam balapan yang luar biasa. Saya lupa kapan terakhir menang di lomba basah. Kemenangan ini sungguh berarti karena saya tak yakin bisa menang jika lomba berlangsung dalam kondisi kering," tegas Rossi.

Baca Juga:

Jelang MotoGP Inggris: Rossi Berburu Kecepatan di Silverstone

Rebut Pole Position MotoGP Inggris, Marquez Cetak Rekor Baru

Start di Posisi ke-2, Lorenzo Kian Pede di MotoGP Inggris

Video Populer

Foto Populer