Sukses


F1 GP Brasil: Kalahkan Rosberg, Hamilton Jaga Asa Juara

Bola.com, Sao Paolo - Pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, memenangi balapan F1 GP Brasil, Minggu (13/11/2016). Dia mengalahkan rekan setimnya, Nico Rosberg.

Hamilton menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 3 jam 1 menit 1,335 detik. Dia unggul 11,4 detik dari Rosberg yang finis kedua.

Sementara posisi ketiga ditempati pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, yang tampil tak kalah luar biasanya dari Hamilton. Dia terpaut 21,4 detik dari sang pemenang.

Dengan kemenangan ini, Hamilton menjaga asa untuk mempertahankan gelar juara dunia F1. Pebalap asal Inggris itu kini hanya tertinggal 12 poin dari Rosberg yang memimpin klasemen. Balapan terakhir di Abu Dhabi pun menjadi seri penentu. 

Sebelum balapan dimulai, pebalap Haas, Romain Grosjean, sudah mengalami nasib apes. Dia mengalami kecelakaan sehingga mobilnya mengalami kerusakan parah. Kecelakaan ini tak lepas dari cuaca hujan yang mengguyur Sirkuit Interlagos sehingga membuat trek menjadi licin.

Akibat hujan ini juga balapan harus diawali dengan safety car. Jelas ini membuat awal balapan menjadi tidak menarik karena pebalap tak boleh melakukan manuver untuk menyalip rivalnya.

"Saya tak bisa banyak melihat di belakang safety car. Saya bahkan tak bisa melihat lampunya," demikian komentar Hamilton lewat komunikasi radio.

Saat safety car masuk ke pit pada lap kedelapan, persaingan panas langsung tersaji. Verstappen sukses menyalip Raikkonen yang berada di depannya.

Pada lap ke-11, pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengalami insiden. Dia melintir di tengah lintasan. Beruntung pebalap asal Italia itu masih bisa melanjutkan balapan.

Tiga lap berselang, giliran Marcus Ericsson yang mengalami musibah. Dia melintir saat melahap tikungan dekat pintu masuk pit. Alhasil, safety car pun kembali ke lintasan. Tak seperti Vettel, Ericsson harus berhenti balapan akibat insiden ini.

Pada lap ke-20, Raikkonen harus mengakhiri balapan lebih cepat. Dia melintir saat trek lurus karena mengalami masalah pada ban. Satu lap berselang, balapan dihentikan sementara setelah bendera merah dikeluarkan.

Balapan sempat dilanjutkan beberapa lap, namun kembali dihentikan karena cuaca yang tak bersahabat. Pada lap ke-29, bendera merah kembali dikibarkan.

Sering dikibarkannya bendera merah memberi keuntungan kepada pebalap Sauber, Felipe Nasr (start 21), dan wakil Manor Racing, Esteban Ocon (start 22). Saat balapan dilanjutkan pada lap ke-30, Nasr berada di posisi keenam. Sedangkan Ocon naik ke posisi delapan. Rekan setim Ocon, Pascal Wehrlein (start 19), juga naik ke posisi sembilan.

Pada lap ke-32, seusai safety car masuk ke pit, Verstappen kembali melakukan manuver apik. Kali ini korban pebalap asal Belanda itu adalah Rosberg. Verstappen berhasil menyalip Rosberg untuk menempati posisi kedua.

Pada lap ke-39, Verstappen nyaris saja melintir. Namun, beruntung dia masih mampu mengontrol laju jet daratnya.

Felipe Massa harus mengakhiri balapan pada lap ke-48. Pebalap tuan rumah ini menghantam dinding pembatas. Mimpi Massa untuk mempersembahkan poin buat Williams di depan dukungan fansnya gagal terwujud.

Massa pun tak kuasa menahan tangis. Saat masuk ke dalam paddock, pebalap berusia 35 tahun ini mendapat sambutan hangat dari kru Mercedes, Ferrari, dan tentunya Williams.

Pertarungan sengit melibatkan beberapa pebalap jelang akhir balapan. Namun, itu hanya terjadi pada posisi papan tengah.

Sementara Hamilton tetap nyaman di posisi terdepan. Dia tak mendapat gangguan berarti dari Rosberg yang terus menguntitnya di posisi kedua.

Acungan jempol layak diberikan kepada Verstappen. Sempat terpuruk di posisi ke-15, pebalap Red Bull itu mampu merangsek hingga posisi keempat. Saat balapan tersisa dua lap, Verstappen sukses menyalip Sergio Perez untuk menempati posisi ketiga.

Lewis Hamilton yang memimpin balapan sejak awal, menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Diikuti Rosberg dan Verstappen yang menyelesaikan balapan pada posisi kedua dan ketiga.

Berikut Hasil Lengkap F1 GP Brasil, Minggu(13/11/2016):

1. Lewis Hamilton Mercedes 3 jam 1 menit 1,335 detik
2. Nico Rosberg Mercedes +11,4 detik
3. Max Verstappen Red Bull +21,4 detik
4. Sergio Perez Force India +25,3 detik
5. Sebastian Vettel Ferrari +26,3 detik
6. Carlos Sainz Jr Toro Rosso +29,1 detik
7. Nico Hulkenberg Force India +29,8 detik
8. Daniel Ricciardo Red Bull +30,4 detik
9. Felipe Nasr Sauber +42,6 detik
10. Fernando Alonso McLaren +44,4 detik
11. Valtteri Bottas Williams +45,2 detik
12. Esteban Ocon MRT +45,8 detik
13. Daniil Kvyat Toro Rosso +51,1 detik
14. Kevin Magnussen Renault +51,5 detik
15. Pascal Wehrlein MRT +60,4 detik
16. Jenson Button McLaren +81,9 detik

Gagal finis
Esteban Gutierrez Haas
Felipe Massa William
Jolyon Palmer Renault
Kimi Raikkonen Ferrari
Marcus Ericsson Sauber
Romain Grosjean Haas

Video Populer

Foto Populer