Sukses


Pasca Operasi, Zulham Zamrun Terapi Selama 6 Bulan di Jakarta

Bola.com, Jakarta - Pemain Persib Bandung di Piala Presiden 2015, Zulham Zamrun, sedang menjalani terapi pemulihan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) di salah satu universitas swasta di Jakarta. Terapi yang dijalani mantan pemain Mitra Kukar tersebut memakan waktu hingga enam bulan lamanya.

"Saya sedang terapi di Jakarta pasca operasi. Terapi bisa berlangsung hingga enam bulan. Saya lakukan terapi biasanya di pagi atau sore hari di bagian fisioterapis milik Universitas Esa Unggul. Saya memakai biaya sendiri untuk terapi ini. Tapi, tidak usah disebutkan berapa jumlahnya," kata Zulham kepada bola.com.

Selama di Jakarta, penyerang sayap pengidola Cristiano Ronaldo ini tinggal di sebuah apartemen di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Lokasi apartemen itu tak jauh dari lokasi di mana ia biasa menjalani terapi.  

Selama beberapa waktu ia kerap ditemani saudara kembarnya, Zulvin Zamrun. "Tapi, sekarang dia sudah kembali ke Samarinda," ujarnya.

Di sela rutinitas terapi, Zulham tetap mencoba melakukan aktivitas normal. Apalagi cedera yang dialaminya hanya terasa bila digunakan untuk aktivitas berat, seperti berolahraga, sehingga waktu yang ada kerap digunakannya untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan di ibu kota negara dan berbagai kegiatan lain.

 

Zulham juga terlihat di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) kala bekas klub yang dibelanya, Mitra Kukar, tampil menghadapi Semen Padang di final Piala Jenderal Sudirman (24/1/2016). Setelah Mitra Kukar keluar sebagai juara, pemain yang pernah populer dengan julukan ZZ54 itu mengunjungi Hotel Sultan, hotel di mana tim Naga Mekes menginap.

"Sebatas mengucapkan selamat pada teman-teman di Mitra Kukar," kata Zulham.

Zulham mengalami cedera ACL ketika membela Persipare di semifinal Habibie Cup 2015, Parepare, Sulawesi Selatan, 7 November 2015. Akibatnya, pemain Timnas Indonesia tersebut gagal membela Persib di Piala Jenderal Sudirman. 

Pemain berumur 27 tahun itu sudah menjalani operasi penyembuhan ACL di sebuah rumah sakit di bilangan Tangerang Selatan, 4 Desember 2015. Untuk biaya operasi itu, Zulham merogoh kocek sebesar Rp 80 juta.

"Sekarang saya fokus ke penyembuhan dulu, jadi pastinya tidak terpikir soal memperkuat klub manapun dalam waktu dekat. Kalaupun cederanya makin baik, belum ada kejelasan juga soal kompetisi," pungkasnya.

 

Video Populer

Foto Populer