Sukses


Gulung Myanmar, Thailand Bertemu Indonesia di Final Piala AFF

Bola.com, Bangkok - Timnas Thailand memastikan diri tampil di final Piala AFF 2016 setelah mengantongi agregat gol 6-0 atas Myanmar. Pada laga leg kedua semifinal di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Kamis (8/12/2016), Thailand unggul 4-0.

Gol perdana The War Elephants dicetak Sarawut Masuk pada menit ke-33 memanfaatkan umpan dari Theerathon Bunmathan yang menusuk sisi kanan pertahanan Myanmar.

Gol itu jadi pemecah kebuntuan setelah lebih dari 20 menit lamanya permainan berjalan dalam tempo sedang. 

Pada menit ke-65, giliran Theerathon Bunmathan menceploskan gol ke gawang Myanmar yang dijaga Kyaw Zin Phyo lewat penalti. Thailand mendapat penalti setelah pemain Myanmar melakukan pelanggaran terhadap Sarawut Masuk.

Gol kedua itu seakan menyengat skuat Myanmar sehingga permainan jadi lebih hidup. Myanmar tak ingin kebobolan lagi sehingga sesekali melakukan serangan balik sementara Thailand justru meningkatkan tekanan meski sudah unggul.

Hasilnya, menit ke-75, timnas Thailand kembali menjebol gawang tim tamu. Kali ini giliran Siroch Chatthong yang membuat Kyaw Zin Phyo memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kalinya, selepas menyelesaikan umpan terukur Charyl Chappuis dengan skill individu tinggi.

Ketinggalan 0-3 terlihat membuat mental para pemain Myanmar drop. Hal itu makin memudahkan Thailand mengusai permainan. 

Menit ke-84, gawang Myanmar kembali kebobolan. Meski dikelilingi para pemain lawan, Chanathip Songkrasin dengan tenang melepas tembakan terarah ke gawang, dan masuk. Skor 4-0 untuk Thailand.

Dalam pertandingan ini pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, tetap menurunkan skuat terbaik. Hanya, setelah pertengahan babak kedua, ia mulai mengganti para pemain pilar dengan para pemain yang biasa masuk sebagai pengganti.

Keberhasilan Thailand ke final Piala AFF 2016 tidaklah mengejutkan karena sejak awal, The War Elephants memang sudah jadi calon terkuat juara.

Keberadaan timnas Thailand di final pada Piala AFF edisi ke-11 tahun ini jadi yang kedelapan kalinya sejak keikutsertaan di Piala AFF pada 1996. Dari tujuh kali bermain di final, Thailand mampu menorehkan empat gelar juara, termasuk pada Piala AFF 2014.

Dengan begitu, Timnas Indonesia akan melawan Thailand di final Piala AFF 2016. Laga final dimainkan pada 14 dan 17 Desember 2016. Indonesia akan jadi tuan rumah terlebih dulu pada 14 Desember 2016.

Video Populer

Foto Populer