Sukses


4 Pemain Muda Liverpool Saat Kalahkan Tottenham, Siapa Mereka?

Bola.com, Jakarta - Liverpool melaju ke babak perempat final Piala Liga Inggris 2016-2017 setelah menang atas Tottenham Hotspur, dengan skor 2-1. Dua gol di Stadion Anfield, Selasa (25/10/2016) atau Rabu (26/10/2016) dini hari WIB, berasal dari aksi bomber Daniel Sturridge pada menit ke-9 dan 64.

Penalti Vincent Janssen pada menit ke-76 menjadi satu-satunya gol balasan The Spurs. Kemenangan tersebut memberi kesan tersendiri pada Manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Ia memuji penampilan seluruh pemain Liverpool, terutama deretan pemain muda yang turun sejak awal pertandingan. Terkait bintang muda, Klopp memberikan kepercayaan pada lima nama.

"Saya tahu para pemain muda itu memiliki kemampuan bagus, dan saya lebih tahu dibanding Anda semua. Saya memilih mereka, dan jika tak bermain bagus, saya yang paling bertanggung jawab. Mungkin mereka tak sempurna, tapi secara keseluruhan sebagai tim, mereka bekerja keras," kata Klopp.

Berikut ini 5 pemain muda Liverpool yang mendapat kesempatan untuk tampil bersama tim utama sejak menit awal kontra Tottenham Hotspur.

2 dari 5 halaman

Marko Grujic

1. Marko Grujic
Statistik situs resmi EFL menunjukkan penampilan Grujic terbaik di antara empat teman-temannya. Ia mendapat tugas berat dari Klopp, yakni memainkan peran si nomor 10.

"Saya tahu, Grujic bukan tipikal pemain bernomor 10, karena memang tak sempurna pada posisi itu. Saya selalu mengatakan, pemain nomor 10 tak hanya ofensif, tapi juga berlari untuk memberi jalan tim, dan Grujic melakukan itu," puji Klopp.

Statistik menunjukkan, Grujic melakukan dua tembakan dan 3 tekel. Akurasi umpan pemain berusia 20 tahun ini mencapai 79,2 persen, ditambah 40 sentuhan bola selama 83 menit berada di lapangan.

Sosok Grujic menuai perhatian publik saat Jurgen Klopp ngotot agar manajemen mendatangkannya ke Anfield. Maklum, tak hanya Liverpool, beberapa tim raksasa Eropa juga mengincar, seperti Inter Milan, Juventus, Chelsea dan AC Milan.

Liverpool sampai harus mengirim asisten Klopp, Zeljko Buvac, yang menggunakan kedekatan asal negara, untuk merayu ayah Grujic agar mengijinkan anaknya pergi dari Red Star Belgrade. Akhirnya, pada 6 Januari lalu, Grujic menandatangani masa kontrak 5 tahun, dengan banderol transger 5,1 juta pounds atau sekitar Rp 76,5 miliar.

3 dari 5 halaman

Trent Alexander-Arnold

2. Trent Alexander-Arnold
"Trent bermain sangat bagus dan bekerja sangat keras di lapangan,". Itulah kalimat bernada pujian yang keluar dari mulut Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Sayang, permainan menawan pada debut bersama tim senior Liverpool tersebut tak sempurna. Ia mendapat kartu kuning.

Klopp justru mengirim pesan khusus setelah Trent mengoleksi kartu kuning pertamanya tersebut. "Anda harus sanggup keluar dari situasi sulit, seperti terkena kartu kuning. Trent sudah melakukan itu dengan bagus, dan memberi tantangan," kata sang bos.

Sepanjang pertandingan, pemain berusia 18 tahun ini mampu bermain apik di posisi bek kanan. Ia menggantikan peran Nathaniel Clyne, yang baru masuk pada babak kedua.

Selama laga, Trent melakukan 3 intersep, 2 tekel, akurasi umpan menembus 78,6 persen, 47sentuhan dengan 28 di antaranya berupa umpan. Pemainn kelahiran 16 September tersebut bergabung dengan Liverpool pada usia enam tahun.

Pada awal musim ini, ia sempat mengikuti rombongan Liverpool yang berlaga di pramusim Amerika Serikat. Trent sempat masuk pada daftar pemain cadangan saat Liverpool bersua Arsenal.

4 dari 5 halaman

Kevin Stewart

3. Kevin Stewart
Stewart memainkan peran sebagai gelandang bertahan saat bersua Tottenham Hotspur. Penampilan tergolong menonjol, karena mampu menjadi penyeimbang lini tengah, sekaligus pemutus serangan lawan.

Hal itu terbukti dari catatan statisik. Ia melakukan 5 tekal bersih, 5 intersep dan 2 clearance. Selain itu, sebagai penyalur bola, ia mencatat akurasi umpan 76,7 persen, ditambah 60 sentuhan selama pertandingan.

Sosoknya kembali dikenal Liverpudlian saat dipanggil pulang pada 8 Januari 2016. Ia melakoni debut pada laga putaran III Piala FA, kontra Exeter City. Tepat di hari Valentine, ia menjalani partai perdana di Premier League saat Liverpool unggul 6-0 atas Aston Villa.

Pada 23 Februari 2016, Ia setuju memperpanjang masa kontrak bersama Liverpool sampai tahun 2020.

5 dari 5 halaman

Ovie Ejaria

4. Ovie Ejaria
Jurgen Klopp memuji penampilan Ovie Ejaria dengan satu kata; brilian. "Dia juga bekerja sangat keras," tegas sang manajer.

Bermain 90 menit, Ejaria tak canggung berkolaborasi dengan Marko Grujic, Ovie Ejaria, Georginio Wijnaldum dan Daniel Sturridge. Hasilnya, ia memang tak melakukan sepakan ke arah gawang lawan, tapi bermain efektif dengan menjaga keseimbangan lini tengah Liverpool.

Ejaria lahir di London dari orangtua berkebangsaan Nigeria. Awalnya, ia menjadi fans Arsenal, sampai pada usia 9 tahun memutuskan bergabung dengan Liverpool pada musim panas tahun 2014.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp memanggil Ejaria untuk kali pertama pada 16 September, saat bersua Chelsea. Saat itu, ia hanya duduk di bangku cadangan. Empat hari kemudian, ia melakoni debut bersama tim utama kontra Derby County pada ajang Piala Liga Inggris.

Ejaria masuk menggantikan Roberto Firmino. Hasil akhir, Liverpool unggul 3-0.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer