Sukses

Prediksi Manchester United Vs Liverpool: Gaya Herrera - Lallana

Bola.com, Manchester - Dua sosok gelandang, Ander Herrera dan Adam Lallana bakal menjadi sorotan saat Manchester United menjamu Liverpool, pada laga lanjutan Premier League 2016-2017, di Stadion Old Trafford, Minggu (15/1/2017) malam WIB.

Herrera dan Lallana punya banyak alasan agar menjadi perhatian publik. Tampil tak terlalu dominan, terutama dalam menjebol jala lawan, tak membuat dua pemain tersebut terbuang dari skuat inti.

Sebaliknya, Manajer Manchester United, Jose Mourinho menganggap sosok Ander Herrera menjadi bagian terpenting dalam formasi lini tengah Setan Merah. Hal serupa terucap dari komentar Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, terkait peran Lallana di dapur serangan The Reds.

Pada musim ini, terutama setelah pergantian tahun, Ander Herrera dan Adam Lallana mencuat. Nama terakhir bakal menjadi andalan Liverpool setelah mereka kehilangan Sadio Mane, yang pergi untuk menunaikan kewajiban membela timnas pada ajang Piala Afrika 2017.

"Lallana sangat fleksibel, dan kekuatan daya jelajahnya menjadi faktor penting. Saya pikir dia akan menjalani musim spesial jika kami juara," kata Klopp, beberapa waktu lalu, seperti dirilis Liverpool Echo. Ucapan Klopp mendapat respons dari kubu Manchester United.

1 dari 4 halaman

Siapa Jagoan Mourinho?

Manajer Manchester United, Jose Mourinho berkomentar tak beda jauh dengan pujian Klopp terhadap Lallana. Bedanya, Mourinho tak serta merta menyebut nama.

Sang manajer menyebut satu di antara kunci sukses catatan tak terkalahkan Manchester United dalam sembilan partai terakhir adalah penampilan lini tengah. Secara spesifik, Mourinho mengaku performa gelandang bertahan menjadi penjaga ritme aliran bola.

Berkaca dari komentar tersebut, Manchester United memiliki dua pemain kunci pada sembilan pertandingan terakhir. Duo Michael Carrick dan Ander Herrera menjadi objek komentar Mourinho.

Secara khusus, Michael Carrick memuji performa Herrera yang bisa kembali tampil normal meski lama tak menjadi starter pada musim lalu. "Dia bisa bermain seimbang, dan tentu saja tugas utamanya adalah memastikan aliran bola lawan tak 'melukai' lini pertahan kami. Dia juga bisa menempatkan diri pada area belakang lawan," ungkap Carrick.

Pada musim ini, Herrera belum mencetak gol di arena Premier League. Namun, kontribusi Herrera bagi tim tergolong besar. Berstatus penyela serangan lawan ke arah lini pertahanan Manchester United, Herrera mengoleksi 42 tekel bersih, sembilan aksi mem-blok tendangan lawan, 53 kali intersep dan 32 posisi membuang bola dari zona bahaya Manchester United.

Tak hanya itu, Ander Herrera memiliki semangat juang tinggi. Catatan statistik mengungkapkan, Herrera sudah 119 kali merebut kembali bola dari lawan pada 17 penampilan di Liga Inggris 2016-2017.

Angka itu selaras dengan kemampuan memenangkan duel dengan lawan, yang berada di angka 109 kali kemenangan. Posisi sebagai pengadang bola musuh tak membuat Herrera pasif. Ia mampu terlibat dalam aliran bola tim, dan tercatat melakukan 1205 umpan alias 70,88 umpan per pertandingan.

Performa tersebut bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Liverpool. Duet Herrera - Michael Carrick, bisa menjadi batu karang. Keduanya bisa memberi bahaya jika mampu mengumpan ke area gelandang dan penyerang.

Gelandang Liverpool, Jordan Henderson mengakui, area tengah Manchester United menjadi kunci keberhasilan Setan Merah bangkit. "Kami akan pergi ke Old Trafford, lalu pulang membawa kemenangan. Namun, terlebih dulu kami harus mengunci lini tengah mereka," kata Sang Kapten Liverpool.

2 dari 4 halaman

Senjata Liverpool

Kubu Liverpool tak mau kalah. Liverpool bakal kedatangan Coutinho, yang sudah sembuh. Namun, berharap terlalu tinggi pada gelandang asal Brasil tersebut, bisa memberi bumerang bagi Liverpool.

Tak salah jika Liverpudlian berharap penampilan Adam Lallana bisa maksimal. Secara statistik, Lallana sudah terlibat dalam proses terjadinay 14 gol Liverpool musim ini.

Lallana mampu mencetak tujuh gol dan tujuh assist. Angka tersebut menjadi yang terbaik di antara pencapaian seluruh pemain asal Inggris di pentas Premiership.

Lallana memiliki daya jelajah tinggi dan kemampuan menembak. Total, ia sudah melakukan 30 tembakan, meski akurasinya tergolong minim, yakni 33 persen. Namun, warna Lallana, Emre Can dan Jordan Henderson, akan membantu pergerakan Coutinho, Divock Origi dan Roberto Firmino.

Komposisi itu bakal menjadi ancaman besar bagi lini pertahanan Manchester United. Maklum, Manajer Manchester United, Jose Mourinho masih berharap Marcos Rojo bisa bermain. Andai tidak, ia akan mengandalkan Phil Jones dan Chris Smalling, di jantung pertahanan.

3 dari 4 halaman

Head to Head

Head to Head
17/10/2016 Liverpool 0-0 Manchester United (Premier League)
17/3/2016 Manchester United 1-1 Liverpool (Liga Europa)
10/3/2016 Liverpool 2-0 Manchester United (Liga Europa)
17/1/2016 Liverpool 0-1 Manchester United (Premier League)
12/9/2015 Manchester United 3-1 Liverpool (Premier League)
22/3/2015 Liverpool 1-2 Manchester United (Premier League)

5 Partai Terakhir Manchester United
26/12/2016 Manchester United 3-1 Sunderland (Premier League)
31/12/2016 Manchester United 2-1 Middlesbrough (Premier League)
3/1/2017 West Ham United 0-2 Manchester United (Premier League)
7/1/2017 Manchester United 4-0 Reading (Piala FA)
11/1/2017 Manchester United 2-0 Hull City (Piala Liga Inggris)

5 Partai Terakhir Liverpool
28/12/2016 Liverpool 4-1 Stoke City (Premier League)
1/1/2017 Liverpool 1-0 Manchester City (Premier League)
2/1/2017 Sunderland 2-2 Liverpool (Premier League)
8/1/2017 Liverpool 0-0 Plymouth Argyle (Piala FA)
12/1/2017 Southampton 1-0 Liverpool (Piala Liga Inggris)

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

3 Komentar

Video Populer

Foto Populer