Sukses


Museum Cristiano Ronaldo: Pesona Jersey Sheffield Wednesday

 

Laporan eksklusif kontributor Bola.com, Reza Khomaini, dari Madeira, Portugal Bola.com, Funchal – CR7 Museu atau Museum Cristiano Ronaldo di kota Funchal, Madeira, Portugal, tidak semua berisi trofi, medali, penghargaan, jersey, dan sejarah serta dokumentasi dari seorang Cristiano Ronaldo.

Museum yang terletak di jalan Av. Sa Carneiro, 9000-017 Funchal ini juga menawarkan hal yang unik dan menarik, seperti pernak-pernik dan jajanan bermerk CR7, serta suvenir.

Selain itu, ada juga memorabilia non-Cristiano Ronaldo yang dipajang di ruang museum dengan luas sekitar 1400 meter tersebut. Berikut ini beberapa hal unik dan menarik yang dirangkum Bola.com saat berkunjung ke rumah sejarah megabintang Real Madrid itu pada awal Desember 2017.

CR7 virtual

Virtual game di Museum Cristiano Ronaldo, di Funchal, Madeira, Portugal. (Bola.com/Reza Khomaini).

Pengunjung museum tidak hanya disuguhi informasi seputar sejarah sepak bola Cristiano Ronaldo saja. Di ruangan yang luasnya mencapai 1400 meter itu, mereka juga bisa"bersua" dengan megabintang Real Madrid itu di museum.

Manajemen Museum CR7 menciptakan arena virtual bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermain bola dan foto bersama pemilik rumah sejarah tersebut. Dengan latar belakang tribun stadion dan  layar televisi berukuran sekitar 42 inci, pengunjung akan dibawa seakan berada di lapangan hijau bersama Cristiano Ronaldo.

Bola.com pun tidak ketinggalan mencoba permainan virtual tersebut. Sambil menyaksikan layar monitor di dinding, kita bakal menyaksikan diri kita tengah berada di sebelah Cristiano Ronaldo.

Bahkan, ada momen dimana Ronaldo mengajak kita untuk berfoto bersama. Tangannya, seolah-olah merangkul pundak kita.

"Anda harus berdiri tepat di tanda ini agar posisi Anda di layar monitor sesuai dengan rangkulan tangan Ronaldo," terang Linton Fereira, pemandu Museum Cristiano Ronaldo kepada Bola.com.

Untuk mencoba permainan ini, pihak pengelola tidak memungut biaya tambahan. Namun, jika Anda ingin mengabadikan foto selfie dengan mantan pemain Manchester United itu, bakal ada biaya tambahan.

"Hasil kualitas fotonya seperti asli. Seperti Anda sedang bersama Ronaldo. Biayanya 10 euro (Rp 150.000) jika Anda mau," ujar Linton.

2 dari 3 halaman

Jersey Sheffield Wednesday

Di antara jersey klub sepak bola yang dipajang di Museum Cristiano Ronaldo, ada satu jersey klub sepak bola yang membuat Bola.com terkejut. Langkah kaki pun terhenti saat kedua mata ini melihat sebuah tim sepak bola dengan warna dan logo yang benar-benar asing dan tidak ada hubungannya dengan karier Cristiano Ronaldo.

Posisi jersey-nya pun dibuat eksklusif, yakni tersendiri. Tidak seperti jersey Sporting, CD Nacional, dan CF Andorinha, yang ditempatkan berjejer, atau jersey Real Madrid yang dipajang dalam jumlah yang jamak dan nomor punggunya dijadikan infomasi perihal raihan rekor CR7.

Jersey klub liga Inggris, Sheffield Wednesday, ini dipajang tepat di sebelah rak penghargaan dan trofi Ronaldo. Bola.com sempat menggali informasi di media digital yang terdapat di museum tentang karier Cristiano Ronaldo. Namun, pemain kelahiran 5 Februari 1985 ini tidak pernah membela klub liga Inggris lain, selain Manchester United.

Lantas apa maksud dipajangnya kostum Sheffield Wednesday yang kini berlaga di divisi Championship? Menurut Linton Fereira, jersey Sheffield Wednesday yang ada di Museum Cristiano Ronaldo merupakan jersey spesial.

Jersey ini pernah dipakai sahabat karib CR7, Jose Semedo. "Ia (Jose Semedo) adalah sahabat karib Ronaldo. Ia pernah bermain di Sheffield Wednesday. Ronaldo dan Semedo punya hubungan khusus saat masih sama-sama membela Sporting," ungkap Linton Fereira kepada Bola.com.

Sebagai tanda persahabatan, Ronaldo memang meminta agar jersey pemberian Jose Semedo ini dipajang di museum. Kendati tidak pernah bermain di dalam satu klub setelah hengkang ke Manchester United pada 2003, namun persahabatan keduanya tetap terjaga.

"Mereka juga pernah berlibur bersama. Bahkan kabarnya Ronaldo ingin menyaksikan pertandingan Jose Semedo ketika bermain di Sheffield Wednesday," ujar Linton.

3 dari 3 halaman

Mesin Koin CR7

Sebelum meninggalkan CR7 Museu, pengunjung akan disuguhi suvenir-suvenir cantic seperti kaos, bola dengan logo museum, coklat dan botol anggur juga dengan logo museum, dan terakhir koin CR7. Nah, koin ini cukup membuat Bola.com tertarik untuk mengoleksinya.

Tidak jauh dari meja respsionis museum terpampang sebuah box mesin koin. Pengunjung akan mendapat koin logam dengan cetakan CR7 Museu di satu sisi, dan sisi lainnya ukiran Ronaldo saat bermain bola.

Di sisi yang terdapat ukiran Ronaldo itu tertulis CR7 – O Melhor do Mundo – The best in the World.Untuk bisa mendapatkan koin khusus ini, pengunjung harus rela merogoh kocek sebesar 2 Euro atau Rp 30 ribu.

Koin 2 Euro tersebut dimasukan ke dalam box, lalu saat lampu kecil berkelip di bawah gambar koin, kita tinggal menekannya. Koin logam khusus dari museum pun tinggal diambil.

Tak ingin menyia-nyiakan kunjungan ini, Bola.com rela mengeluarkan 2 Euro demi sebuah cenderamata koin logam khusus Museum Cristiano Ronaldo.

Video Populer

Foto Populer