Sukses


    Kiprah Paulo Camargo dalam Angka Selama Menukangi Persija

    Bola.com, Jakarta - Paulo Camargo mengundurkan diri dari Persija Jakarta menyusul hasil buruk yang diderita Ismed Sofyan dan kawan-kawan di ajang Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, 

    Pengunduran diri Camargo diikuti oleh dua asistennya, Denimar Carlos dan Nimrod Manalu. Sementara mencari pengganti, Persija ditangani oleh Jan Saragih selaku caretaker.

    Bagaimana kiprah Camargo bersama Persija selama kurang lebih 6 bulan? Berikut rangkaian angka-angka yang menggambarkan pencapaian pelatih asal Brasil ini:

    169 – Jumlah hari kerja Camargo di Persija. Ia memulai jabatannya pada 15 Februari 2016 hingga memutuskan untuk mundur pada 8 Agustus 2016.

    30 – Jumlah total pemain yang diturunkan Camargo selama menangani Persija dengan komposisi 21 pemain lokal dan 9 pemain asing. Dari 30 nama tersebut, hanya dua penjaga gawang yang pernah diturunkan Camargo, yakni Andritany Ardhiyasa dan Reky Rahayu.

    19 – Camargo memimpin Persija dalam 19 pertandingan di tiga kompetisi berbeda, yakni Piala Bhayangkara, Trofeo Persija, dan TSC. Dari 19 laga tersebut, hasil yang diraih adalah 5 kemenangan, 5 imbang, dan 9 kekalahan.

    9 – Total gol yang dicetak Persija selama ditangani Camargo. Rinciannya, 6 gol via open play, 2 gol set piece, dan 1 gol penalti. Jika dirata-rata, Bambang Pamungkas cs. hanya mampu mencetak 1 gol setiap 169 menit bermain. 

     

    2 dari 2 halaman

    2

    19 – Total kebobolan yang diderita Persija selama ditangani Camargo. Rinciannya, 11 dari open play, 5 dari set piece, dan 3 dari titik putih . Angka tersebut termasuk satu gol Hilton Moreira di laga yang akhirnya terhenti dan Persija diputuskan kalah 0-3. Jika dirata-rata, Persija kebobolan 1 gol setiap 72 menit.

    46 – Persentase rata-rata penguasaan bola Persija di tiap pertandingan di bawah komando Camargo. Dari 19 laga, Persija hanya unggul penguasaan bola di 6 pertandingan.

    7 – Jumlah clean sheet yang dicatat Persija selama diasuh Camargo. Angka tersebut termasuk dua clean sheet dari ajang Trofeo Persija, di mana satu pertandingan hanya dimainkan 45 menit.

    32 – Total hukuman kartu yang diperoleh pemain-pemain Persija selama ditangani Camargo dengan rincian 31 kartu kuning dan 1 kartu merah. Satu pemain Persija yang menerima kartu merah adalah William Pacheco pada laga melawan Arema (19/06/2016).

    248 – Jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain-pemain Persija selama ditangani Camargo. Novri Setiawan menjadi pemain yang paling sering melakukan pelanggaran dengan 33 kali.

    313 – Angka total pelanggaran pemain-pemain Persija di bawah komando Camargo. Nama Novri Setiawan kembali muncul sebagai pemain yang paling sering dilanggar dengan 60 kali. Pelanggaran-pelanggaran terhadap pemain Persija ini menghasilkan 28 kartu kuning dan 5 kartu merah.

    Video Populer

    Foto Populer