Liga Inggris: Lionel Messi Ternyata Pernah Ingin Dilatih Jose Mourinho di Chelsea

oleh Rizki Hidayat diperbarui 08 Okt 2020, 15:45 WIB
8. Lionel Messi (Barcelona) - Batalnya Messi meninggalkan Barcelona membuat pemain asal Argentina ini tercatat hanya membela satu klub hingga saat ini. Dengan bertahannya di Camp Nou, Messi tercatat telah menghabiskan 16 tahun bersama Barcelona. (AFP/Miguel Riopa)

Bola.com, Barcelona - Lionel Messi sempat dikabarkan ingin angkat kaki dari Barcelona pada bursa transfer musim panas tahun ini. Namun akhirnya, Messi mengurungkan niat tersebut dan memilih bertahan di Barca hingga akhir musim ini.

Ternyata itu bukan pertama kalinya La Pulga berpikir meninggalkan Blaugrana. Pada 2004 lalu, Lionel Messi dikabarkan Marca nyaris hengkang dari Barcelona dan bergabung dengan Chelsea asuhan Jose Mourinho.

Advertisement

Kapten Timnas Argentina itu pun sempat berbicara lama dengan Mourinho melalui panggilan telepon. Meski pembicaraan berjalan dengan baik, akhirnya tidak ada kesepakatan yang tercapai.

Itulah kali pertama Lionel Messi mempertimbangkan untuk meninggalkan Barca, yang sekarang bisa jadi segera terwujud. Setelah 16 tahun berlalu, Messi kembali ingin angkat kaki dari Barcelona, kali ini diutarakan secara terbuka. 

Awalnya kabar permintaan transfer Messi hanya dianggap gosip tak jelas. Mustahil membayangkan Lionel Messi mengenakan kostum tim lain, karena dia adalah Barcelona itu sendiri.

Namun, gosip itu semakin kuat dan akhirnya terbukti sebagai kebenaran ketika Messi muncul di depan media. Dia mengaku benar ingin pergi, tetapi tidak diizinkan klub dan sang presiden, Josep Maria Bartomeu.

Pada diri Bartomeu-lah kekecewaan Lionel Messi berpusat. Dia merasa kepemimpinan Bartomeu tak jelas dan tanpa proyek, dan membuat Barcelona gagal terus dari musim ke musim.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Banderol 700 Juta Euro

Lionel Messi tampak lemas saat Sevilla sukses cetak gol ke gawang Barcelona pada laga lanjutan Liga Spanyol 2020/2021, Senin (5/10/2020) dini hari WIB. (LLUIS GENE / AFP)

Ketika itu, Bartomeu menegaskan satu-satunya jalan keluar Messi adalah jika ada klub yang mampu membayar klausul rilisnya sebesar 700 juta euro, dengan kata lain mustahil.

Lionel Messi bisa saja membawa kasusnya ke pengadilan, sebab seharusnya ada klausul istimewa dalam kontraknya. Namun, cintanya kepada Barcelona lebih besar, dia tidak mau membuat perkara dengan klub.

La Pulga akhirnya bertahan, tetapi tidak ada jaminan apa pun. Saat ini, Messi menjalani satu tahun terakhir pada masa kontraknya, yang bakal kedaluwarsa pada Juni 2021 mendatang.

Artinya, Messi bebas bernegosiasi dengan klub lain per Januari 2021 mendatang, itu jika dia belum berubah pikiran.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Richard Andreas/Published: 08/10/2020)

Berita Terkait