Pelatih Persib Beri Masukan Agar Pemain Terhindar dari Cedera saat Tampil di Piala Menpora 2021

oleh Erwin Snaz diperbarui 04 Mar 2021, 08:00 WIB
1. Robert Alberts (Persib Bandung) - Pelatih asal Belanda ini tetap setia menunggu kepastian berlanjutnya kompetisi Shopee Liga 1. Robert Alberts memilih tetap di Bandung dibandingkan pergi menunggilkan Persib Bandung. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menilai turnamen pramusim Piala Menpora 2021 membuat pemain rawan dihantam cedera. Robert pun memiliki masukan kepada pihak penyelenggara demi meminimalisir cedera.

"Cedera itu resiko besar dari turnamen. Maka itu kami sudah menawarkan untuk menggelar pertandingan dengan format 3 x 30 menit, karena ini hanya turnamen untuk melakukan persiapan menuju Liga 1," ujar Robert pada Rabu (3/3/2021) di Bandung.

Advertisement

Jika bermain 3 x 30 menit setiap tim bisa melakukan rotasi dan bisa memantau pemain, kemudian bisa meminimalisir risiko cedera. "Itu yang kami tawarkan tapi sepertinya tidak diterima," ungkap pelatih asal Belanda tersebut.

Oleh karena itu, Robert menyebut Persib tidak melakukan persiapan khusus untuk tampil di Piala Menpora. Tim Maung Bandung hanya ingin menikmati bermain sepak bola, setelah satu tahun tak merasakan atmosfer pertandingan.

"Dan sekali lagi, sebelumnya pernah saya katakan Piala Menpora 2021 sebenarnya bagus, tapi waktu pelaksanaannya (tidak ideal)," imbuh pelatih berusia 66 tahun tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Fokus Hadapi Liga 1

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts pimpin latihan tim hari Rabu (26/8/2020). (Erwin Snaz/Bola.com)

Robert Alberts menilai tim-tim yang tampil di Piala Menpora 2021 seharusnya bisa mempersiapkan diri dengan maksimal. Namun, akibat jadwal yang terlalu mepet, membuat turnamen pramusim tersebut terasa kurang memiliki nilai. 

"Dengan tim yang sudah siap maka turnamen ini akan menjadi memiliki nilai. Kami sendiri lebih menatap untuk jangka panjang, bagaimana tim ini siap untuk Liga 1 dan tim ini siap setelah tidak bermain selama satu tahun," kata Robert.

Direktut PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono sempat melontarkan harapannya terhadap regulasi yang akan diterapkan pada turnamen Piala Menpora nanti.

Pasalnya, setiap tim diyakini Teddy tidak ada yang siap 100 persen setelah hampir satu tahun tidak latihan bersama.

"Kami berharap ada regulasi tambahan seperti water break dan pergantian pemain bisa lima sampai delapan pemain. Itu harapan saya," ungkap Teddy