Liga Inggris: Lebih Banyak Menganggur, 5 Pemain Chelsea Ini Terancam Segera Angkat Kaki

oleh Aryo Atmaja diperbarui 18 Okt 2021, 10:45 WIB
UEFA Super Cup - Ilustrasi Chelsea Juara UEFA Super Cup (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Chelsea untuk sementara masih kukuh di puncak klasemen Liga Inggris, berkat kemenangan 1-0 di markas Brentford, Sabtu (16/10/2021). Tambahan tiga poin membuat The Blues di posisi pertama dengan 19 angka.

Dengan start manis, tim asal London tersebut berpeluang besar meraih gelar juara Liga Inggris musim ini. Apalagi, Chelsea merupakan tim yang berisi pemain berkelas bahkan disebut menjadi satu di antara tim terbaik dunia.

Advertisement

Bersama pelatih Thomas Tuchel, Chelsea meraih gelar Liga Champions musim lalu. Dengan skuad berlimpah dan kualitas di atas rata-rata, memudahkan Chelsea mengarungi kompetisi dengan torehan prestasi apik.

Meski demkian, Chelsea berpotensi akan kehilangan beberapa pemain potensialnya pada jendela transfer musim dingin mendatang. Walaupun banyak memiliki pemain berkelas, nyatanya sebagian di antaranya minim mendapatkan menit bermain.

Hal itulah yang bisa menjadi alasan beberapa pemain bisa saja cabut dari Stamford Bridge. Setidaknya ada lima pemain yang punya kans mengakhiri kontrak dengan Chelsea. Berikut daftarnya yag dirangkum Sportskeeda:

2 dari 7 halaman

1. Malang Sarr

Malang Sarr (Chelsea) - Pemain asal Prancis ini direkrut secara gratis oleh Chelsea pada bursa transfer musim ini. Malang Sarr dikontrak selama dua tahun oleh Chelsea dan dipinjamkan ke FC Porto. (AFP/Yann Coatsaliou)

Chelsea melakukan investasi kepada Malang Sarr, pemain masa depan Prancis. Ia didatangkan Chelsea dari Nice secara gratis musim panas lalu dan diharapkan menjadi bek tengah terkuat.

Sayangnya, Sarr dipinjamkan ke Porto musim lalu dan kurang mendapat kesempatan ketika kembali ke Chelsea. Pemain berusia 22 tahun itu tidak ada dalam rencana manajer Chelsea Thomas Tuchel.

Musim ini pun, Malang Sarr hanya membuat satu penampilan untuk Chelsea di ajang Piala Liga Inggris. Melihat situasi yang tak menentu, membuat pemain Timnas Prancis itu perlu  mencari klub pada bulan Januari nanti.

3 dari 7 halaman

2. Ross Barkley

Ross Barkley - Pemain tangguh ini dipinjamkan Chelsea ke Aston Villa pada musim lalu. Barkley harus kembali lagi ke Chelsea pada musim panas nanti. Namun, pemain berusia 27 tahun sepertinya sudah tidak punya masa depan di Stamford Bridge. (AFP/Ben Stansall)

Chelsea mendatangkan Ross Barkley dengan negosiasi yang alot dari Everton pada musim 2018. Hingga tercapai kesepakatan 15 juta poundsterling untuknya agar bersedia hijrah ke Chelsea.

Barkley dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik di Liga Inggris saat bergabung dengan Chelsea. Namun, dia belum berkembang seperti yang diharapkan banyak orang dan sulit menemukan performa terbaik di Chelsea.

Barkley main di Aston Villa dengan status pinjaman musim lalu, dan justru kembali tampil apik. Lagi-lagi Barkley gagal bersinar saat kembali ke Chelsea dan sejauh ini baru tampil sebanyak tiga pertandingan.

4 dari 7 halaman

3. Hakim Ziyech

Hakim Ziyech. Gelandang Maroko ini menghuni Ajax Amsterdam selama 4 musim, mulai 2016/2017 hingga akhir musim 2019/2020. Total tampil dalam 165 laga dengan mencetak 49 gol. Musim ini bermain untuk Chelsea dan telah tampil dalam 31 laga dengan mencetak 5 gol. (AFP/Ben Stansall)

Pemain Timnas Maroko ini sebenarnya adalah pemain kunci Chelsea saat didatangkan dari Ajax. Bahkan Chelsea harus merogoh kocek hingga Rp695 miliar.

Kreativitas serta kualitas teknisnya dipandang sebagai nilai lebih dalam permainan Chelsea. Secara umum penampilan Ziyech cukup baik di Chelsea di The Blues, meski kurang konsisten.

Ziyech ikut mempersembahkan gelar juara Liga Champions musim lalu untuk Chelsea, namun santer dikabarkan akan hengkang. AC Milan belum lama ini getol mengincar pemain kaki kidal tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Ruben Loftus-Cheek

Ruben Loftus-Cheek (Glyn KIRK / AFP)

Ruben Loftus-Cheek pernah mendapat predikat sebagai pemain masa depan Chelsea. Meski ia perlu perjuangan keras untuk membuktikan diri.

Bakatnya tidak diragukan sebagai seorang gelandang dengan fisik kuat dan punya kecepatan. Namun ia sempat dihantam cedera parah dan menghambat perkembangannya.

Perlahan ia juga kesulitan bersaing karena banyaknya gelandang yang tampil konsisten. Jika Loftus-Cheek hengkang, sudah banyak klub yang bersiap menampungnya.

6 dari 7 halaman

5. Callum Hudson-Odoi

2. Callum Hudson-Odoi (Chelsea) – Pemain berusia 19 tahun ini dinyatakan positif Corona setelah mengalami gejala seperti pilek. Meski mengklaim dirinya telah pulih, bintang muda Chelsea ini masih melakukan isolasi secara mandiri di kediamannya. (AFP/Glyn Kirk)

Seperti Ruben Loftus-Cheek, Callum Hudson-Odoi adalah produk akademi Chelsea yang diprediksi memiliki masa depan cerah.

Kecepatan dan kelincahan menjadi kemampuan paling menonjol yang dimiliki Hudson-Odoi. Namun tampaknya Thomas Tuchel tidak menempatkannya dalam skema permainan Chelsea.

Raksasa Bundesliga, Bayern Munich menunjukkan minat serius menampung pemain sayap Timnas Inggris tersebut. Begitu juga Borussia Dortmund menempatkannya sebagai pengganti Jadon Sancho.

7 dari 7 halaman

Di Posisi Berapa Chelsea Saat Ini?

Berita Terkait