Superstar: Rekor Spesial Mohamed Salah Setelah Bikin Manchester United Tak Berkutik

oleh Rizki Hidayat diperbarui 25 Okt 2021, 13:30 WIB
Dengan tambahan 3 gol, kini Mohamed Salah menjadi pemain Afrika dengan koleksi gol terbanyak di Liga Inggris dengan 106 gol, mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Didier Drogba dengan 104 gol. (AP/Rui Vieira)

Bola.com, Manchester - Mohamed Salah menorehkan hattrick saat Liverpool bersua Manchester United pada laga pekan kesembilan Premier League, Minggu (24/10/2021) malam WIB. Sejumlah rekor spesial pun berhasil diukir Salah pasca-laga.

Menjalani pertandingan di Old Trafford, Salah menjadi momok untuk gawang MU. Winger Timnas Mesir itu pun berhasil menjaringkan tiga gol ke gawang The Red Devils, yakni pada menit ke-38, 45+5', dan 50'.

Advertisement

Berkat kontribusi Salah, Liverpool menang lima gol tanpa balas atas Manchester United. Dua gol lainnya milik The Reds disarangkan Naby Keita pada menit kelima dan Diogo Jota menit ke-13.

Tambahan tiga poin tersebut membuat Liverpool kembali naik ke urutan dua klasemen sementara Premier League dengan nilai 21. Di sisi lain, Manchester United turun ke peringkat tujuh dengan poin 14.

Sejumlah rekor gemilang berhasil ditorehkan Mohamed Salah selepas duel Manchester United kontra Liverpool. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya.

2 dari 7 halaman

Hattrick Pertama di Old Trafford

Luar biasa Mohamed Salah! Tiga golnya bagi Liverpool ke gawang Manchester United di Old Trafford, Minggu (24/10/2021) menjadi pukulan telak bagi Setan Merah dan tentunya pembuktian untuk sang rival, Cristiano Ronaldo yang telah kenyang dengan berbagai rekor. (AFP/Oli Scarff)

Berkat tiga gol tersebut, Mohamed Salah kini menjadi pemain pertama sepanjang sejarah Premier League yang menciptakan hat-trick melawan Manchester United di Old Trafford di Premier League.

Sebelumya, belum ada pemain yang bisa melakukan hal tersebut di pentas Premier League, dan Salah kini pun mencatatkan namanya di buku sejarah.

 

3 dari 7 halaman

Pertama Sejak Ronaldo

Hattrick Mohamed Salah di Old Trafford merupakan yang pertama sejak 18 tahun lalu. Pemain terakhir yang melakukannya adalah striker Real Madrid asal Brasil, Ronaldo pada laga leg kedua perempatfinal Liga Champions 2002/2003, 23 April 2003. (AFP/Paul Barker)

Selain itu, tiga gol Mohamed Salah tersebut menjadikan namanya sebagai pemain pertama yang mencetak hattrick melawan Manchester United di semua kompetisi dalam 18 tahun terakhir.

Sebelum Salah, nama terakhir yang menorehkan prestasi ini adalah Ronaldo ketika memperkuat Real Madrid di Liga Champions pada April 2003.

4 dari 7 halaman

Lewati Rekor Didier Drogba

Gol ketiga Mohamed Salah dicetak di menit ke-50. Menerima umpan terobosan dari Jordan Henderson, Salah melakukan sprint hingga masuk ke dalam kotak penalti mendekati David De Gea lalu melepaskan sepakan kaki kiri yang yang tak terduga. (PA via AP/Martin Rickett)

Berkat tambahan tiga gol itu, Salah pun kini memimpin sendirian di daftar top skorer Premier League asal Afrika. Salah kini tercatat mencetak 107 gol, sedangkan Didier Drogba 104 gol.

Hebatnya, Salah menorehkan prestasi ini hanya dalam 167 laga, berbanding dengan Drogba yang mencetak 104 gol dalam 254 laga bersama Chelsea.

 

5 dari 7 halaman

Samai Rekor Yakubu

Penyerang Liverpool Mohamed Salah merayakan gol ketiganya ke gawang Manchester United dalam pertandingan Liga di Old Trafford, Minggu, 24 Oktober 2021. (Oli SCARFF / AFP)

Selain itu, Salah juga kini tercatat menyamai rekor Yakubu Ayegbeni sebagai pemain Afrika dengan jumlah hattrick empat kali di pentas Premier League.

 

6 dari 7 halaman

Cetak Gol dalam 10 Laga Beruntun

Pemain Liverpool Mohamed Salah mencoba melakukan tembakan ke gawang saat pemain Manchester United Harry Maguire (kanan) mencoba untuk memblokirnya pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (24/10/2021). Liverpool menang 5-0. (AP Photo/Rui Vieira)

Masuknya Mohamed Salah dalam papan skor di laga melawan Manchester United, membuat pemain asal Mesir itu kini tercatat selalu mencetak gol dalam 10 laga terakhir bersama The Reds.

Salah pun menjadi pemain Liverpool pertama yang berhasil melakukan hal tersebut.

Sumber: Opta, Squawka

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga/Published: 25/10/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Posisi Liverpool di Bawah Ini:

Berita Terkait