Timnas Indonesia Cuma Uji Coba Lawan Bangladesh dan Brunei, Thailand Ladeni Lawan Bukan Kaleng-Kaleng

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 05 Jan 2022, 19:00 WIB
Timnas Thailand merayakan gol Chanathip Songkrasin ke gawang Timnas Vietnam di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).

Bola.com, Bangkok - Timnas Thailand terus berupaya menaikkan kualitas permainan pasca-menjadi juara Piala AFF 2020. Tujuan itu yang mendasari Thailand dalam memilih lawan pada laga uji coba.

Timnas Thailand akan menghadapi Kuwait dalam laga FIFA Matchday yang akan digelar pada akhir Januari 2022. Thailand menghadapi Kuwait dalam dua pertandingan di BG Stadium pada 27 dan 30 Januari 2022.

Advertisement

Pertandingan bertajuk FIFA Matchday Grade A itu akan dimanfaatkan Thailand untuk memperbaiki ranking. Apalagi, Kuwait adalah tim yang saat ini memiliki ranking FIFA tak jauh di bawah Thailand yakni urutan 142.

"Saya pikir FIFA Matchday adalah momen penting karena akan membuat para pemain timnas memiliki waktu bersama untuk berlatih. Paling penting juga pertandingan akan memberikan kami poin lebih dan membuat ranking FIFA lebih baik," kata pelatih Thailand, Alexandre Polking.

"Saya juga berharap banyak pada Timnas Thailand. Akan ada program berkelanjutkan selama FIFA Matchday," tegas pelatih asal Brasil itu.

Timnas Thailand saat ini berada di posisi ke-115 ranking FIFA. Kemenangan atas Kuwait berpeluang mendongkrak posisi Chanathip Songkrasin dkk.

2 dari 3 halaman

Cuma Bangladesh dan Brunei

Timnas Indonesia memang takluk 0-4 di leg pertama Final Piala AFF 2020 dari Thailand. Namun, berhentilah meratapi kekalahan tersebut karena masih ada leg kedua. Kita patut bangga, 3 pemain Garuda dinominasikan sebagai pemain muda terbaik. Berikut daftar lengkapnya. (AP/Suhaimi Abdullah)

Serupa dengan Timnas Thailand, Timnas Indonesia juga akan melakoni dua laga uji coba pada FIFA Matchday nanti. Pasukan Shin Tae-yong itu dijadwalkan bakal menghadapi Bangladesh dan Brunei Darussalam.

Pertandingan akan digelar di Bali. Namun, PSSI belum bisa mengonfirmasi tanggal pasti dari kedua laga FIFA Matchday tersebut.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat 164 pada ranking FIFA. Adapun kedua calon lawan yang akan dihadapi yakni Bangladesh berada di posisi 186 dan Brunei Darussalam di urutan ke-188.

3 dari 3 halaman

Jadwal FIFA Matchday

Pratama Arhan berhasil mencuri perhatian usai tampil memukau di laga terakhir fase grup Piala AFF 2020 dengan mencetak satu gol dan satu assist untuk Irfan Jaya. Bermain sebagai bek kiri, ia berhasil menjadi pemain aktif dan agresif di lapangan. (Dok. PSSI)
  • 24 Januari-2 Februari 2022: Kalender FIFA (Timnas Indonesia)
  • 21-29 Maret 2022: Kalender FIFA (Timnas Indonesia)
  • 30 Mei-14 Juni 2022: Kalender FIFA (Timnas Indonesia)
  • 19-27 September 2022: Kalender FIFA (Timnas Indonesia)

Berita Terkait