7 Klub Hedon di Bursa Transfer Musim Panas 2022: Bukan Cuma Chelsea dan MU, Sekelas Nottingham Forest Saja Gila-gilaan!

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 07 Sep 2022, 12:15 WIB
Premier League - Logo Man City, Liverpool, Chelsea, MU nuansa musim 2022/2023 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2022 melahirkan fenomena baru. Tim-tim di Eropa banyak mendatangkan pemain baru untuk meningkatkan kekuatan skuatnya, mulai Manchester United (MU), Barcelona, sampai Chelsea.

Satu di antara tim yang cukup aktif di bursa transfer musim panas ini adalah Manchester United. Klub asuhan Erik Ten Hag tersebut berhasil mendapatkan Lisandro Martinez, Casemiro hingga Antony.

Advertisement

Barcelona juga tidak mau kalah. Meski tengah mengalami krisis finansial, Blaugrana membeli beberapa pemain seperti Raphinha, Jules Kounde dan Robert Lewandowski.

Tapi, klub Liga Inggris enggak ada obat. Bukan cuma MU atau Chelsea, sekelas Nottingham Forest saja belanja gila-gilaan.

2 dari 8 halaman

PSG

Renato Sanches tak dipanggil ke Timnas Portugal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lantaran baru sembuh dari cedera meniskus. Fernando Santos tentu tak akan mengambil resiko untuk membawanya. Posisinya akan digantikan oleh pemain senior lain, seperti Joao Mario dan Matheus Nunes. (AFP/Maciej Gillert)

PSG mengeluarkan 147 juta euro pada bursa transfer musim panas 2022. Dana sebesar itu dikeluarkan Les Parisiens untuk mendatangkan enam pemain baru.

Vitinha menjadi rekrutan termahal PSG di musim panas ini. Gelandang asal Portugal tersebut ditebus dari PSG seharga 41,5 juta euro.

Selain Vitinha, PSG juga mendatangkan Nuno Mendes, Fabian Ruiz, Carlos Soler, Renato Sanches hingga Nordi Mukiele. Mukiele menjadi yang termurah dengan harga 12 juta euro.

3 dari 8 halaman

Barcelona

Raphinha. Awalnya Chelsea bearada di urutan pertama dalam perburuan sayap kanan Leeds United asal Brasil berusa 25 tahun ini. Usai menemui kata sepakat dalam hal nilai transfer antara kedua klub, namun ternyata sang pemain justru hanya ingin bermain bersama Barcelona. Barcelona pun bergerak cepat dan berhasil mendapatkannya dengan nilai transfer sebesar 58 juta euro atau setara Rp882 miliar. (AFP/Frederic J. Brown)

Barcelona termasuk klub yang sangat sibuk pada bursa transfer musim panas 2022. Tim asuhan Xavi Hernandez tersebut mendatangkan enam pemain baru ke Camp Nou.

Barcelona menghabiskan dana 153 juta euro di bursa transfer musim panas ini. Raphinha menjadi pembelian termahal mereka setelah ditebus dengan harga 58 juta euro.

Tak hanya membeli pemain, raksasa Spanyol tersebut juga mendapatkan pemain gratisan. Mereka merekrut Franck Kessie, Andreas Christensen dan Hector Bellerin dengan status bebas transfer.

4 dari 8 halaman

Nottingham Forest

Bek Everton, Yerry Mina (kiri) berebut bola dengan gelandang Wolverhampton Wanderers, Morgan Gibbs-White dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 di Molineux Stadium, Selasa (12/1/2021). Everton menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderers. (AFP/Richard Heathcote/Pool)

Sebagai tim promosi, Nottingham Forest perlu menambah kekuatan untuk bisa bersaing di Premier League 2022/2023. Mereka mengeluarkan 161,95 juta euro di bursa transfer musim panas ini.

Pemain termahal yang diboyong Forest adalah Morgan Gibbs-White. Gelandang berusia 22 tahun tersebut dibeli dari Wolverhampton dengan mahar 20,50 juta euro.

Forest juga mendapatkan Jesse Lingard dan Wayne Hennessey secara gratis. Selain itu, mereka juga meminjam Dean Henderson dari Manchester United.

5 dari 8 halaman

Tottenham Hotspur

Richarlison yang tampil sejak menit awal bermain baik. Hingga akhirnya pada menit ke-90 ia berhasil menjebol gawang Fulham dan merubah skor menjadi 3-1. (AFP/Glyn Kirk)

Tottenham Hotspur membeli lima pemain pada bursa transfer musim panas 2022. Pengeluaran mereka untuk merekrut pemain baru mencapai 169,9 juta euro..

Spurs merekrut Richarlison dari Everton sebesar 58 juta euro. Mereka juga menebus Cristian Romero dari Atalanta dan membeli Yves Bissouma dari Brighton.

Klub besutan Antonio Conte itu juga merekrut Ivan Perisic dan Fraser Forster secara gratis. Mereka juga kedatangan Clement Lenglet dari Barcelona dengan status pinjaman.

6 dari 8 halaman

West Ham United

Pemain West Ham Lucas Paqueta, tengah, dikejar oleh pemain Tottenham Yves Bissouma, kiri dan pemain Tottenham Dejan Kulusevski selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara West Ham dan Tottenham, di Stadion London, di London, Rabu, 28 Agustus. 31, 2022. (Foto AP/Frank Augstein)

West Ham tak mau ketinggalan pada bursa transfer musim panas ini. Tim asuhan David Moyes tersebut menghabiskan dana sebesar 182 juta euro untuk membeli delapan pemain.

Pengeluaran terbesar dikeluarkan mereka untuk memboyong Lucas Paqueta dari Lyon. Pemain asal Brasil tersebut ditebus dengan harga 42,95 juta euro.

The Hammers juga mengeluarkan 36 juta euro untuk memboyong Gianluca Scamacca dari Sassuolo. Sisanya mereka gunakan untuk membeli Nayes Aguerd, Maxwel Cornet, Emerson, Thilo Kehrer hingga Alphonse Areola.

7 dari 8 halaman

Manchester United

Antony berhasil mencuri perhatian usai tampil gemilang saat Manchester United mengalahkan Arsenal dengan skor 3-1 pada pekan keenam Liga Inggris 2022/2023, Minggu (04/09/2022). Rekrutan anyar dari Ajax Amsterdam tersebut sukses mencetak gol pembuka pada laga tersebut. Kemenangan itu juga berhasil menghentikan rekor tak terkalahkan The Gunners di lima laga awal pada musim ini. (AFP/Olis Scarff)

Manchester United cukup aktif di bursa transfer kali ini. Mereka merekrut beberapa pemain hebat untuk menunjang kinerja manajer Erik Ten Hag di Old Trafford.

Total 238,02 juta euro sudah mereka keluarkan untuk membeli empat pemain baru. Pembelian termahal mereka adalah Antony dari Ajax Amsterdam dengan mahar 95 juta euro.

Selain itu, Manchester United juga mendapatkan Christian Eriksen secara gratis. Mereka juga meminjam Martin Dubravka dari Newcastle.

8 dari 8 halaman

Chelsea

Chelsea telah merampungkan transfer Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona di bursa musim panas 2022/2023. Aubameyang kembali ke Liga Inggris setelah 6 bulan merumput di Liga Spanyol bersama Barca. (Twitter/@ChelseaFC)

Tim dengan pengeluaran terbesar pada bursa transfer musim panas 2022 adalah Chelsea. Mereka menghabiskan 278,99 juta euro untuk merekrut pemain yang diinginkan Thomas Tuchel.

Chelsea mengeluarkan 80,4 juta euro untuk mendatangkan Wesley Fofana dari Leicester City. Pemain belakang asal Prancis tersebut menjadi pembelian termahal The Blues musim panas ini.

Chelsea juga membeli Marc Cucurella, Kalidou Koulibaly, Carney Chukwuemeka dan Pierre-Emerick Aubameyang. The Blues juga kedatangan Denis Zakaria dari Juventus dengan status pinjaman.

 

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 2/9/2022)

Berita Terkait