Seto Nurdiyantoro Ungkap 2 Kunci Sederhana PSS Jungkalkan Arema di BRI Liga 1

oleh Ana Dewi diperbarui 26 Jan 2023, 20:45 WIB
Liga 1 - Head to Head - PSS Sleman Vs Arema FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Sleman - PSS Sleman terus melanjutkan tren positif di putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu kembali memetik kemenangan kandang setelah mengandaskan Arema FC dua gol tanpa balas di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (26/1/2023) petang.

Gol-gol PSS Sleman dalam pertandingan tersebut diceploskan Irkham Zahrul Mila pada menit ke-36 dan Yevhen Bokhashvili (65').

Advertisement

Tambahan tiga angka membuat Laskar Sembada merangsek naik ke posisi 13 klasemen sementara dengan torehan 22 poin dari 20 laga. Rinciannya enam kemenangan, empat hasil imbang, dan 10 kekalahan.

Sementara kekalahan tersebut tidak membuat Singo Edan beranjak dari papan tengah BRI Liga 1. Mereka berada di peringkat kesembilan dangn raihan 26 poin dari 19 pertandingan. Hasil itu didapat dari delapan kemenangan, dua hasil imbang, dan sembilan kekalahan.

2 dari 5 halaman

Bersyukur

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, memberikan tanggapan saat konferensi pers setelah laga perempat final Piala Presiden 2022 menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (01/07/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kemenangan atas Arema FC sangat disyukuri pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Seto cukup puas dengan permainan yang ditunjukkan timnya di laga tersebut.

"Kemenangan yang patut kami syukuri, ini berarti dan berharga buat kami untuk perjalanan selanjutnya. Mudah-mudahan teman-teman pemain bisa konsisten," ujar Seto Nurdiyantoro seusai laga.

"Selamat untuk PSS memenangkan pertandingan dan selamat buat pemain. Selamat juga untuk suporter, terimakasih untuk supportnya selalu doakan dan dukung kami," lanjut dia.

Tak lupa, Seto turut memberikan semangat kepada elemen tim Singo Edan, julukan Arema FC.

"Untuk pemain Arema FC tetap semangat dan terus berjuang. Untuk Coach Roca semangat dan sukses selalu," ucap pelatih asal Kalasan, Sleman tersebut.

3 dari 5 halaman

Motivasi

Liga 1 - PSS Sleman Vs Arema FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Seto Nurdiyantoro berujar, kemenangan yang didapat tak lepas dari semangat dan kemauan seluruh pemain untuk memenangkan pertandingan. Dia melihat timnya tampil spartan di duel melawan Singo Edan.

"Keinginan dari pemain dan motivasi, saya sudah bilang bahwa yang bisa memenangkan pertandingan hari ini adalah motivasi yang lebih. Para pemain menunjukkan motivasi kemauan yang luar biasa," katanya.

"Tapi kami masih banyak kekurangan karena di laga tadi Arema FC juga banyak peluang. Ini menjadikan catatan buat kami dan mungkin tadi terlalu asik bermain bola pendek, itu yang harus kami ingatkan juga," sambung Seto Nurdiyantoro.

4 dari 5 halaman

Apresiasi Pemain

Yang pasti, Seto mengapresiasi kinerja Kim Jeffrey Kurniawan cs. di laga tersebut. Kredit khusus juga diberikan pelatih berlisensi AFC Pro itu kepada dua pemain muda PSS, Ifan Nanda dan Nurdiansyah.

Seto memuji duo center back tersebut yang tampil cukup baik mengawal lini belakang PSS. Ini sekaligus jadi laga keduanya sebagai starter setelah di laga melawan RANS Nusantara FC lalu.

"Clean sheets kedua di kandang, saya apresiasi penampilan Ifan dan Nurdiansyah mudah-mudahan jadi motivasi yang lain, mungkin ini sudah kompak tapi masih ada celah," beber Seto.

"Seperti Ifan masih harus diperbaiki lagi cara kerjanya tapi secara defense oke, satu lawan satu oke tapi cara melepas bola masih harus diperbaiki. Begitu juga dengan Nur emosionalnya harus dijaga, semoga makin dewasa cara bermainnya," tambah dia.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu